Ribahan (2009) Developing reading comprehension materials for students of economics departement, state institute of Islamic studies, Mataram / Ribahan. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Tujuan utama pengajaran bahasa Inggris di IAIN Mataram adalah mengembangkan kerampilan bahasa Inggris mahasiswa agar mereka bisa mengerti dan memahami referensi berbahasa Inggris seperti buku teks jurnal surat kabar majalah dan sumber-suber lainnya serta agar mereka dapat bekomunikasi secara aktif dengan pembicara bahasa Inggris. Pembelajarn bahasa Inggris di IAIN Mataram terutama di Jurusan Ekonomi di anggap tidak mampu mencapai tujuan pembelajarannya. Masalah utamanya adalah tidak adanya materi bacaan yang tepat bagi mahasiswa. Materi yang ada tidak sejalan dengan kebutuhan dan karakteristik mahasiswa. Berkaitan dengan masalah di atas perlu di kembangkan materi bacaan yang cocok bagi mahasiswa Jurusan Ekonomi. Prosedur yang di gunakan dalam penelitian ini adalah melakukan anlisis kebutuhan mengemgbangkan materi bacaan melakukan validasi ahli merevisi materi mengujicobakan materi dan merevisi materi. Untuk melakukan analisis kebutuhan mahasiswa di bagikan kuesioner dan mewawancarai dosen. Untuk melakukan validasi ahli kuesioner diberikan kepada ahli reading dan ahli isi. Kuesioner juga diberikan kepada mahasiswa dan dosen diwawancarai untuk mengujicobakan materi. Data hasil analisis kebutuhan menunjukkan bahwa sebagian besar mahasiswa setuju untuk mengembangkan materi bacaan yang sesuai dengan isi bidang studi ilmu mereka yakni ekonomi setuju untuk memasukkan daftar kosakata di dalam materi bacaan yang mereka pelajari setuju untuk memasukkan tinjauan tata bahasa di dalam materi bacaan yang akan di buat setuju untuk menjelaskan isi materi bacaan dan setuju untuk menyusun materi bacaan sesuai dengan tingkat kesulitannya. Data hasil validasi ahli menunjukkan bahwa ada beberapa kelebihan dan kekurangaan materi yang dikembangkan sehingga kekurangannya perlu di perbaiki. Data hasil uji coba mengindikasikan keterterapan materi yang dikembangkan dalam memotivasi mahasiswa belajar bahasa Inggris. Hal ini ditunjukkan oleh data yang terkumpul dari kuesioner dan hasil test awal dan test akhir. Data hasil observasi menunjukkan bahwa mahasiswa terlibat secara aktif dalam proses belajar mengajar selama uji coba. Salah satu alasannya adalah topik-topik yang dibicarakan menarik dan berkaitan dengan isi ilmu bidang studi mereka. Selain itu tugas-tugas yang harus dilakukan bisa mengaktifkan pengetahuan mereka akan topik-topik yang ada dan keterampilan bahasa mereka. Berdasarkan hasil uji coba sejumlah revisi dibuat agar materi yang dikembangkan menjadi lebih baik dan pada akhirnya bisa memenuhi kebutuhan dan karakteristik mahasiswa.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Inggris (ING) > S2 Pendidikan Bahasa Inggris |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 30 Jun 2009 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2009 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/58358 |
Actions (login required)
View Item |