Improvisasi students' reading comprehension skills through text structure tasks / Abdul Rohman - Repositori Universitas Negeri Malang

Improvisasi students' reading comprehension skills through text structure tasks / Abdul Rohman

Abdul Rohman (2010) Improvisasi students' reading comprehension skills through text structure tasks / Abdul Rohman. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Rohman Abdul. 2007. Meningkatkan Ketrampilan Pemahaman Membaca Mahasiswa Melalui Tugas Struktur Teks. Tesis Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris Program Pasca Sarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Ali Saukah M.A. Ph.D. (2) Dr. Monica D.D. Oka M.A. Kata Kunci penelitian tindakan pemahaman membaca tugas struktur teks. Ketrampilan membaca adalah salah satu empat ketrampilan utama bahasa yang diajarkan di kelas-kelas jurusan Bahasa Inggris Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Islam Malang (FKIP Unisma). Sebab hasil pengajaran memambaca yang belum mencapai hasil yang memuaskan peneliti melakukan penelitian yang berjudul Meningkatkan Ketrampilan Pemahaman Membaca Melalui Tugas Struktur Teks. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendapatkan jawaban bagaimana tugas stuktur teks bisa meningkatkan pemahaman membaca mahasiswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari empat tahapan perencanaan pelaksanaan obserfasi dan refleksi. Langkah-langkah tersebut diadopsi dari model penelitian tindakan oleh Kemmis dan Taggart (1988). Subyek penelitian ini adalah mahasiswa semester empat jurusan Bahasa Inggris FKIP Unisma tahun ajaran 2006. Dalam prosudur dan pelaksanaan prosesnya dilakukan satu siklus yang terdiri dari empat pertemuan. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi dan tes. Lembar observasi dibuat dua jenis. Jenis lembar observasi pertama digunakan untuk mengobservasi dosen dalam melaksanakan tindakan dan jenis lembar observasi lainnya digunakan untuk mengobservasi aktivitas mahasiswa atau reaksi mahasiswa terhadap aktivitas dosen selama proses belajar mengajar. Instument ke dua adalah tes. Tes ini digunakan untuk mengetahui efektifitas dari strategi yang digunakan. Setelah empat kali tindakan dilakukan peneliti penemukan bahwa tugas struktur teks bisa meningkatkan ketrampilan pemahaman membaca mahasiswa dengan dengan melalui teknik tiga-tahap. Teknik tiga-tahap itu adalah (1) tahap pra-membaca yang terdiri dari proses membuka pelajaran mengaktifkan skemata mahasiswa (2) tahap dalam membaca yang terdiri dari pembahasan struktur teks bacaan. Kegiatan dalam tahap ini mencakup distribusi lembar butir-bitir pertanyaan tentang struktur teks meminta mahasiswa mengidentifikasi kata-kata sebagai penanda meminta mahasiswa menjawab pertanyaan secara lisan. Pertanyaan pertanyaan dalam struktur teks menanyakan tentang jenis bacaan cara penulis menyusun bacaan cara penulis mengembangkan bacaan mengelompokkan ide-ide sejenis ide utama dalam paragraf dan hubungan antar paragraf (3) tahap setelah membaca dalam tahap ini beberapa pertanyaan pemahaman diberikan untuk mengetahui tingkat ketrampilan pemahaman bacaan mahasiswa. Setiap tes terdiri dari sepuluh hingga dua buluh butir soal. Setelah empat tindakan dilakukan mahasiswa ditest. Hasil test menunjukkan bahwa nilai rata-rata mahasiswa adalah 75.88 dan nilai terendahnya adalah 65. Peneliti memutuskan bahwa tidak perlu ada siklus tambahan karena kriteria keberhasilan sudah dicapai. Tindakan tersebut dianggap berhasil bila nilai rata-rata telah mencapai kriteria B atau minimal 75 dan tidak ada siswa yang memperoleh nilai di bawah 65. Akhirnya bisa disimpulkan bahwa tugas teks struktur bisa meningkatkan ketrampilan pemahaman membaca sebab secara teori tugas struktur teks membimbing mahasiswa memahami bagaimana penulis menyusun informasi dalam bacaan dan bagaimana ide-ide dalam bacaan dihubungkan satu dengan yang lain. Ada dua saran yang diberikan di sini. Untuk dosen bahasa Inggris yang mengajar mata kuliah reading di FKIP Unisma mereka disarankan menerapkan tugas struktur teks dalam kelas yang mereka ajar dan untuk peneliti yang lain mereka disarankan melakukan penelitian struktur teks dengan criteria keberhasilan yang lebih baik seperti nilai rata-rata yang lebih tinggi dari 75.00 nilai terendah yang lebih tinggi dari 65 dan menggunakan media yang lebih baik.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Inggris (ING) > S2 Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 23 Feb 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/58351

Actions (login required)

View Item View Item