Improving students' writing ability throught process writing approach / Nursamsu - Repositori Universitas Negeri Malang

Improving students' writing ability throught process writing approach / Nursamsu

Nursamsu (2009) Improving students' writing ability throught process writing approach / Nursamsu. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini dilakukan dalam rangka meningkatkan kemampuan menulis mahasiswa di kelas menulis dengan menggunakan Pendekatan Proses Menulis. Strategi ini dipilih karena dapat meningkatkan keaktifan mahasiswa dalam proses menulis. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah Bagaimana kemampuan menulis esei argumentasi mahasiswa dapat ditingkatkan dengan Pendekatan Proses Menulis Desain penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas Kolabaoratif. Peneliti dan collaborator bekerja sama untuk membuat satuan pelajaran menerapkan mengamati dan merefleksikannya. Subjek penelitian ini melibatkan 8 mahasiswa semester 6 Tadris Bahasa Inggris Jurusan Tarbiyah STAIN Tulungagung Tahun Pelajaran 2006/2007. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus dengan mengikuti prosedur perencanaan pelaksanaan observasi dan refleksi. Setiap siklus dalam penelitian ini terdiri dari 3 pertemuan. Pertemuan pertama difokuskan pada kegiatan pramenulis dan penulisan draft pertemuan kedua pada tahap merevisi draft dan pertemuan ketiga pada tahap mengedit draft dan dilanjutkan dengan proses publikasi. Data penelitian ini diambil dari lembar pengamatan catatan lapangan kuestioner dan hasil tulisan mahasiswa. Pendekatan Prosess Writing dilakukan melalui 5 tahap dalam menulis (1) tahap pramenulis (menggali memilih dan menyusun ide-ide) (2) tahap menulis draft dengan menggunakan ide-ide pada tahap pramenulis mahasisiswa menulis paragraf pembuka paragraf isi dan paragraf penutup (3) tahap merevisi draft (merevisi draft yang difokuskan pada pembetulan isi sebuah esei) (4) tahap mengedit draft (membaca kembali draft untuk memperbaiki kebenaran penulisan kata penggunaan huruf besar dan penempatan tanda baca) dan (5) publikasi. Kesimpulan dari penelitian ini bahwa dengan menerapkan Pendekatan Prosess Menulis mahasiswa aktif dalam mengikuti kelas writing dan kemampuan menulis mahasiswa meningkat dari siklus 1 sampai pada siklus ke 2. Hal ini dapat dibuktikan dengan peningkatan kemampuan mereka dalam menggali memilih dan menyusun ide-ide menuliskan draft awal yang berisi paragraf pembuka paragraf isi dan paragraf penutup merevisi draft yang difokuskan pada pembetulan isi sebuah esei memperbaiki kebenaran penulisan kata penggunaan huruf kapital dan penulisan tanda baca dan menulis esei argumentasi yang dapat dikategorikan cukup pada 4 kreteria (isi organisasi struktur kalimat dan tata bahasa dan mekanik) dalam menulis esei argumentasi. Berdasarkan hasil temuan peneliti menyarankan kepada beberapa fihak. Pertama mahasiswa dianjurkan untuk menggunakan Pendekatan Proses Menulis dalam menyelesaikan masalah menulis esei argumentasi di dalam kelas. Kedua Pembina Mata Kuliah Writing dianjurkan menggunakan Pendekatan Proses Menulis yang telah dikembangkan dalam penelitian ini sebagai salah satu alternatif yang dapat digunakan untuk mengajar menulis esei argumentasi. Ketiga Ketua Program Study Tadris Bahasa Inggris dianjurkan untuk memfasilitasi mahasiswa memajang hasil tulisanya di majalah dinding. Keempat peneliti berikutnya sebaiknya menindaklanjuti penelitian ini pada tipe tulisan esai ynag berbeda misalnya esei diskripsi eksposisi atau narasi karena masih banyak masalah dalam pengajaran menulis.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Inggris (ING) > S2 Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 10 Mar 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/58344

Actions (login required)

View Item View Item