The effectiveness of using portofolio EFL writing class / Salmon Hukom - Repositori Universitas Negeri Malang

The effectiveness of using portofolio EFL writing class / Salmon Hukom

Salmon Hukom (2010) The effectiveness of using portofolio EFL writing class / Salmon Hukom. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Hukom Salmon J. 2007. Efektifitas Penggunaan Portofolio Dalam Pelajaran Menulis Mahasiswa Asing. Tesis yang tidak dipublikasikan. Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing Prof. M. Adnan Latief M.A Ph. D dan Dr. Nur Mukminatien M.Pd. Kata Kunci kemampuan menulis portofolio dan penilaian portofolio. Menulis menjadi satu beban bagi semua mahasiswa jurusan bahasa Inggris karena mereka dihadapkan dengan beberapa masalah seperti kurangnya kosa kata lemahnya tata bahasa Inggris mereka serta dosen tidak pernah melibatkan para mahasiswa untuk menilai penulisan mereka sendiri dan mereka selalu menggantungkan diri pada dosen untuk mengoreksi dan menilainya. Itulah sebabnya dalam meningkatkan kemampuan menulis mahasiswa penggunaan penilaian yang tepat sangatlah diperlukan. Penilain memegang peranan penting dalam pengajaran bahasa sebab penilaian portofolio menekankan pada proses yang berkesinambungan. Penelitian ini dilakukan untuk menemukan efektifitas penggunaan portofolio dalam meningkatkan kemampuan menulis mahasiswa. Pertanyaan umum yang harus dijawab adalah Apakah kelompok yang diajarkan dengan menggunakan portofolio memiliki kemampuan menulis yang lebih baik dari kelompok yang menggunakan penilaian non portofolio Jawaban sementara untuk pertanyaan ini diformulasikan dalam hipotesis kerja yaitu siswa yang diajarkan dengan menggunakan portofolio memiliki kemampuan menulis yang lebih baik dari siswa yang diajarkan dengan menggunakan penilaian non portofolio. Disain penelitian ini adalah quasi eksperimental dengan kelas kontrol dan kelas eksperimen. Sampel untuk penelitian ini diambil dari mahasiswa semester empat Jurusan Sastra Universitas Kristen Cipta Wacana sebagai kelas kontrol serta mahasiswa semester empat pendidikan bahasa Inggris IKIP Budi Utomo sebagai kelas eksperimen. Dalam pengumpulan data empat produk menulis digunakan satu produk menulis digunakan dalam pre test dan tiga produk menulis lainnya digunakan dalam post test. Untuk post test mahasiswa di kedua kelas penelitian harus menulis dalam bentuk penulisan yang berbeda seperti menulis narasi menulis deskripsi dan menulis ekspositori. Dalam menilai hasil penulisan mahasiswa dua orang penilai bekerja secara independen yaitu peneliti dan kedua orang dosen pengasuh mata kuliah menulis dari masing-masing kelompok dengan menggunakan Analytic Scoring Rubric. Ada dua langkah dalam analisis data yaitu (1) uji normalitas dan homogenitas data (2) dan uji hipotesis. Uji normalitas dan homogenitas data dilakukan untuk menguji normalitas dan homogenitas distribusi data sementara tujuan uji hipotesis adalah untuk menjawab masalah penelitian. iii Hasil uji normalitas menunjukan bahwa nilai assymp.sig (1 tailed) dari ketiga jenis penulisan pada tingkat signifikan .05 adalah 0.00. Hal ini berarti bahwa distribusi data adalah normal. Sementara untuk uji homogenitas menggunakan F-Levene dengan tingkat signifikan 05. Hasil menunjukan bahwa varian antara kelas control dan kelas eksperimen untuk menulis narasi menulis deskripsi dan menulis ekspositori tidaklah berbeda dengan kata lain homogen. Berdasarkan hasil uji normalitas dan homogenitas data dianggap reliable untuk digunakan dalam uji hipotesis. T-test digunakan dalam penelitian ini untuk mengetahui perbedaan pencapain menulis dari kelas kontrol dan kelas eksperimen menggunakan level signifikan 05. Hasil analisis menunjukan bahwa uji T untuk menulis narasi adalah 6.82 (p .000) uji T untuk menulis deskripsi 6.59 (p .000) dan uji T untuk menulis ekspository adalah 6.05 (p .000). Sementara total adalah 7.02 (p .000). Karena nilai mean dari kelas eksperimen lebih tinggi dari nilai mean dari kelas control maka dapat disimpulkan bahwa terdapat bukti kuat untuk menolak hipotesis null. Sehingga dapat dikatakan bahwa mahasiswa yang belajar writing dengan menggunakan penilaian portofolio memiliki kemampuan menulis lebih baik dari mahasiswa yang menggunakan penilaian non portofolio. Berdasarkan hasil penelitian di atas beberapa saran ditujukan kepada para dosen/guru bahasa Inggris masiswa/siswa serta peneliti lainnya. Untuk dosen/guru bahasa Inggris dapat mempertimbangkan keuntungan penggunaan penilaian portofolio dalam meningkatkan kemampuan menulis mahasiswa/siswa. Mahasiswa juga dapat menggunakan penilaian portofolio sebagai cara untuk meningkatkan kemampuan menulis mereka. Untuk para peneliti lainnya disarankan untuk mengambil hasil penelitian serta batasan penelitian ini untuk diteliti bagi level mahasiswa yang berbeda (misalnya mahasiswa semester tiga atau semester lima). Penelitian yang sama juga dapat dilakukan dalam bentuk penelitian tindakan kelas dengan tujuan penelitian meningkatkan kemampuan menulis mahasiswa. iv

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Inggris (ING) > S2 Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: library UM
Date Deposited: 23 Feb 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/58343

Actions (login required)

View Item View Item