Profil pendidikan karakter SDIT Baitul Izzah Kelurahan Kauman Kecamatan Nganjuk Kabupaten Nganjuk / Dian Cahya Puspita - Repositori Universitas Negeri Malang

Profil pendidikan karakter SDIT Baitul Izzah Kelurahan Kauman Kecamatan Nganjuk Kabupaten Nganjuk / Dian Cahya Puspita

Puspita, Dian Cahya (2012) Profil pendidikan karakter SDIT Baitul Izzah Kelurahan Kauman Kecamatan Nganjuk Kabupaten Nganjuk / Dian Cahya Puspita. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Pendidikan Karakter profil SDIT Baitul Izzah Berdasarkan observasi di beberapa sekolah dasar ketika peneliti melaksanakan KKN (Kuliah Kerja Nyata) PPL I maupun PPL II serta tugas-tugas kuliah lainnya didapatkan kenyataan bahwa ditemui masalah-masalah moral yang terdapat dalam diri peserta didik sekolah dasar. Hal ini ditandai dengan perilaku peserta didik yang suka terlambat masuk sekolah maupun masuk ke kelas setelah jam istirahat menyontek bersikap seperti preman berkelahi mengolok-olok teman menginginkan teman berkelahi corat-coret bangku dan tembok sekolah tidak menjaga kebersihan KM/WC sekolah merusak fasilitas sekolah seperti taman dan perpustakaan kurang membaur dengan teman membeda-bedakan teman tidak mengenakan seragam sekolah sesuai dengan ketentuan membuang sampah di sembarang tempat tidak sopan kepada guru. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan persiapan pelaksanaan pendidikan karakter di SDIT Baitul Izzah (2) mendeskripsikan pelaksanaan pendidikan karakter di SDIT Baitul Izzah (3) mendeskripsikan evaluasi pendidikan karakter di SDIT Baitul Izzah dan (4) mendiskripsikan karakter peserta didik di SDIT Baitul Izzah. Penelitian ini dilakukan di SDIT Baitul Izzah Kelurahan Kauman Kecamatan Nganjuk Kabupaten Nganjuk. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Jenis penelitian ini adalah studi kasus. Sedangkan prosedur pengumpulan data menggunakan wawancara observasi analisis dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa SDIT Baitul Izzah pada dasarnya telah melaksanakan pendidikan karakter dengan baik dan sistematis. Penjabaran hal di atas adalah sebagai berikut (1) jika ditinjau dari rumusan masalah pertama tentang persiapan pelaksanaan pendidikan karakter maka didapatkan design pendidikan telah tersusun dengan baik pada kurikulum KTSP SDIT Baitul Izzah yakni sesuai dengan nilai-nilai yang ingin dikembangkan pada diri peserta didik. Perencanaan tersebut meliputi visi misi tujuan nilai dan karakter yang dikembangkan program kerja sekolah dan perangkat pembelajaran. (2) Tentang pelaksanaan pendidikan karakter didapatkan hasil bahwa SDIT Baitul Izzah melaksanakan pendidikan karakter melalui pelaksanaan pembelajaran kegiatan rutin kegiatan spontan keteladanan pengkondisian sarana prasarana kegiatan ko-kurikuler dan ekstra kurikuler pemantauan kegiatan di rumah (3) evaluasi pendidikan karakter di SDIT Baitul Izzah dilaksanakan dengan cara evaluasi sekolah dan kelas dan evaluasi mata pelajaran. Namun evaluasi yang dilaksanakan di SDIT Baitul Izzah kurang tampak dalam KTSP pelaksanaan evaluasi belum di rencanakan dengan penetapan jangka waktu tertentu. Perlu diadakan rencana penilaian keberhasilan misalnya tahun ajaran 2011/2012 semester gasal SDIT Baitul Izzah harus dapat membiasakan peserta didik memisahkan sampah kering dan sampah basah tidak mengambil barang yang bukan miliknya menyediakan fasilitas tempat temuan barang hilang dan lain sebagainya. Selain itu perlu ditambahkan indikator-indikator nilai sikap pada KTSP sehingga didapatkan alat ukur yang jelas yang digunakan untuk menetapkan nilai bagi peserta didik. (4) Tentang karakter peserta didik di SDIT Baitul Izzah dapat ditarik kesimpulan bahwa karakter peserta didik di SDIT Baitul Izzah sudah mencakup nilai-nilai inti yang direncanakan dengan peningkatan yang dialami dari kelas I hingga kelas VI. Sehingga pengembangan karakter di SDIT Baitul Izzah dapat dikatakan berhasil dan perlu ditingkatkan demi mewujudkan pendidikan karakter yang lebih baik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 10 May 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/5834

Actions (login required)

View Item View Item