Figarintis, Engky (2012) Peningkatan hasil belajar IPS pada kelas II dengan menggunakan media visual (gambar, foto dan bagan) di SDN Karangtengah 3 Kota Blitar / Engky Figarintis. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata kunci peningkatan hasil belajar ips media visual Berdasarkan observasi pembelajaran IPS Kelas II SDN Karangtengah 3 Kota Blitar diperoleh nilai yang sangat rendah dari 25 siswa hanya ada 8 siswa yang mendapatkan nilai diatas KKM sedangkan 17 siswa dinyatakan belum tuntas belajar. Hal ini dikarenakan guru hanya menggunakan metode ceramah dan tidak menggunakan media saat kegiatan pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan media visual dan untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar IPS pada siswa Kelas II SDN Karangtengah 3 Kota Blitar. Pendekatan yang digunakan pada penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas yang setiap siklusnya terdiri dari perencanaan pelaksanaan pengamatan dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi tes dan dokumentasi. Hasil penelitian dengan menerapkan media visual menunjukkan adanya peningkatan dalam aktivitas siswa. Pada siklus I nilai akhir siswa kelas II dalam pembelajaran IPS dengan menggunakan media visual menunjukkan rata-rata hasil belajar siswa secara klasikal adalah 64. Persentase ketuntasan belajar siswa adalah sebesar 56% atau sebanyak 14 siswa telah tuntas belajar. Sedangkan siswa yang mendapatkan nilai di bawah KKM sebesar 44% atau sebanyak 11 siswa yang belum tuntas belajar. Hal tersebut menunjukkan bahwa persentase siswa yang telah mencapai ketuntasan belajar hanya 56% dan persentase tersebut masih belum mencapai dari persentase ketuntasan yang ingin dicapai yaitu minimal 65%. Dalam siklus II nilai rata-rata hasil belajar siswa secara klasikal adalah 72. Persentase ketuntasan klasikal satu kelas adalah sebesar 84% atau sebanyak 21 siswa telah tuntas belajar. Sedangkan siswa yang mendapatkan nilai di bawah KKM sebesar 16% atau sebanyak 4 siswa yang belum tuntas belajar. Permasa-lahan siswa yang tidak tuntas dikarenakan siswa tersebut lambat belajar. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan media visual dalam pembelajaran IPS dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Dengan demikian hendaknya guru menggunakan media visual dalam pembelajaran IPS kelas II ini untuk mempermudah siswa memahami materi dan untuk memperbaiki hasil belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 10 May 2012 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2012 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/5833 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |