Pengembangan media berbasis stopmotion untuk peningkatan kreativitas figural pada pembelajaran seni rupa / Wahyu Hadiyanto

Hadiyanto, Wahyu (2018) Pengembangan media berbasis stopmotion untuk peningkatan kreativitas figural pada pembelajaran seni rupa / Wahyu Hadiyanto. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Hadiyanto,Wahyu 2018. Pengembangan Media Berbasis Stopmotion untuk Peningkatan Kreativitas Figural pada Pembelajaran Seni Rupa. Tesis. Program Studi Keguruan Seni Rupa, Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Hariyanto M.Hum, (II) Prof. Dr. Joko Saryono M.Pd. Keyword: Pengembangan, Stopmotion, Kreativitas Figural Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa media pembelajaran berupa video animasi stopmotion untuk GuruSD yang dikemas dalam bentuk DVD kaset pembelajaran. Model pengembangan menggunakan model pengembangan yang dikembangkan oleh Yohanes Moeljadi Pranata yaitu 5D. Pengembangan tersebut diantaranya yaitu; define, data, design, develop, dan disseminate. Proses validasi produk dilakukan dengan instrumen berupa angket validasi pengguna, validasi ahli media, validasi ahli materi serta uji coba kelompok kecilyang dilakukan oleh peneliti. Hasil penelitian pengembangan ini menghasilkan adalah video animasi stopmotionpembelajaran bagi siswa Sekolah Dasar untuk menunjang pembelajaran Seni Budaya dan Keterampilan, khususnya pada materi menggambar. Hasil penelitian pengembangan ini divalidasi oleh validator ahli media, ahli materi, pengguna media yaitu siswa dalam ujicoba kelompok kecil serta guru sebagai tenaga pengajar disekolah. Berdasarkan hasil uji validitas dan reliabilitas dari ahli materi, dan diperoleh skor validitas sebesar 96, 25 % dan reliabilitas sebesar 0.526. sedangkan hasil uji validitas dan reliabilitas dari ahli media diperoleh skor validitas sebesar 93,75 % dan reliabilitas sebesar 0.526 dan Berdasarkan hasil uji validitas dan reliabilitas terhadap kelompok kecil yaitu guru SDN Bunulrejo 4 Malang diperoleh validitas sebesar 92.5 %, dan nilai reliabitilitas sebesar 0.702, sedangkan uji coba pada siswa kelas VSDN Bunulrejo 4 Malang, yang disimpulkan berdasarkan hasil analisis data bahwa dari segi kemudahan memahami materi, kemenarikan media ajar relative sesuai dengan 93,5 % dan reliabilitas sebesar 0.517. Dari analisis validasi ahli media dan ahli materi serta uji coba kelompok kecil, dapat disimpulkan bahwa produk ini relatif sesuai dengan kebutuhan penggunanya dan sehingga produk ini sangat layak untuk digunakan.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Jurusan Sastra Indonesia (IND) > S2 Keguruan Bahasa
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 03 Jul 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/58322

Actions (login required)

View Item View Item