Penerapan pendekatan keterampilan proses untuk meningkatkan pemahaman konsep luas segitiga pada matapelajaran matematika siswa kelas IV SDN Rampal Celaket I Kota Malang / Purnamasari Pertiwi - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan pendekatan keterampilan proses untuk meningkatkan pemahaman konsep luas segitiga pada matapelajaran matematika siswa kelas IV SDN Rampal Celaket I Kota Malang / Purnamasari Pertiwi

Pertiwi, Purnamasari (2009) Penerapan pendekatan keterampilan proses untuk meningkatkan pemahaman konsep luas segitiga pada matapelajaran matematika siswa kelas IV SDN Rampal Celaket I Kota Malang / Purnamasari Pertiwi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pendekatan keterampilan proses dapat diartikan sebagai wahana atau aturan pengembangan keterampilan-keterampilan intelektual sosial dan fisik yang bersumber dari kemamapuan-kemampuan mendasar yang pada prinsipnya telah ada pada diri siswa SD. Pendekatan keterampilan proses juga mengembangkan keterampilan siswa SD melalui aspek kognitif aspek afektif dan aspek psikomotor. Pembelajaran konsep luas segitiga dengan pendekatan keterampilan proses memberikan keempatan pada siswa SD untuk mengembangkan keterampilan sesuai dengan kemampuannya. Pemahaman siswa SD tentang konsep luas segitiga dapat meningkat melalui pendekatan keterampilan proses. Melalui pendekatan keterampilan proses keaktifan dan kreativitas siswa juga akan meningkat. Masalah yang diteliti adalah 1) Apakah penerapan pendekatan keterampilan proses dapat meningkatkan pemahaman siswa tentang konsep pengukuran luas segitiga pada mata pelajaran matematika siswa kelas IV di SDN Rampal Celaket I Malang 2) Apakah dengan penerapan keterampilan proses dapat meningkatkan aktivitas dan kreativitas siswa kelas IV dalam pembelajaran konsep luas segitiga pada matapelajaran matematika di SDN Rampal Celaket I Malang 3) Bagaimanakah Penerapan pendekatan keterampilan proses dalam meningkatkan interaksi guru dan siswa kelas IV di SDN Rampal Celaket I Malang Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas / classroom based action research (CAR). Penelitian ini dilakukan di SDN Rampal Celaket I Malang pada siswa kelas IV dengan jumlah siswa 33 anak. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes observasi dan pemotretan. Berdasarkan hasil analisis ditemukan bahwa pembelajaran konsep pengukuran luas segitiga melalui pendekatan keterampilan proses dari tes awal sampai akhir siklus II adalah nilai rata-rata 34 2% nilai maksimum 25% dan nilai minimum 66 7%. Dari hasil analisis disimpulkan 1) Langkah-langkah pembelajaran dengan penerapan pendekatan keterampilan proses. 2) Penerapan pendekatan keterampilan proses mampu untuk meningkatkan kualitas pembelajaran. 3) Penerapan pendekatan keterampilan proses mampu meningkatkan pemahaman konsep pengukuran luas segitiga. Disarankan Penerapan Pendekatan Keterampilan Proses merupakan salah satu alternatif pembelajaran yang dapat diterapkan dalam proses belajar mengajar untuk meningkatkan pemahaman siswa Pembelajaran hendaknya selalu memberi kesempatan pada siswa untuk mengungkapkan pendapat baik secara tertulis maupun lisan karena hal itu akan meningkatkan aktifitas dan kreatifitas pada diri siswa. Perlunya penelitian lebih lanjut untuk meningkatkan pemahaman siswa SDN Rampal Celaket I Malang

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 30 Jun 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/5832

Actions (login required)

View Item View Item