Pengembangan buku ajar siswa tentang menggambar dengan lima macam media / Teguh Pranata - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan buku ajar siswa tentang menggambar dengan lima macam media / Teguh Pranata

Pranata, Teguh (2018) Pengembangan buku ajar siswa tentang menggambar dengan lima macam media / Teguh Pranata. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Pranata Teguh 2017. Pengembangan Buku Ajar Siswa tentang Menggambar dengan Lima Macam Media. Tesis. Program Studi Keguruan Seni Rupa Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Hariyanto M. Hum (II) Prof. Dr. Joko Saryono M.Pd. Keyword Pengembangan Buku Ajar Siswa Lima Media Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa buku ajar siswa SMA yang berbentuk buku ajar bagi guru yang menggunakan lima macam media dalam menggambar diantaranya crayon pensil warna spidol aquarel dan cat minyak. Isi buku ini memuat tentang bagaimana menggambar dengan lima media serta tekniknya dan tahapan menggambar pada masing masing media. Model pengembangan menggunakan model pengembangan yang dikembangkan oleh Yohanes Moeljadi Pranata yaitu 5D. Pengembangan tersebut diantaranya yaitu define data design develop dan disseminate. Proses validasi produk dilakukan dengan instrumen kuisioner berupa angket validasi pengguna siswa dan guru validasi ahli media validasi ahli materi serta lembar observasi lapangan yang dilakukan oleh peneliti serta uji coba kelompok kecil. Hasil penelitian pengembangan ini adalah buku ajar bagi siswa SMA untuk menunjang pembelajaran melukis dan menggambar pada khususnya. Hasil penelitian pengembangan ini divalidasi oleh validasi ahli media ahli materi pengguna buku yaitu siswa dalam ujicoba kelompok kecil serta guru sebagai tenaga pengajar disekolah. Berdasarkan hasil uji validitas dan reliabilitas dari ahli materi dan diperoleh skor validitas sebesar 80% dan reliabilitas sebesar 0.962. sedangkan hasil uji validitas dan reliabilitas dari ahli media diperoleh skor validitas sebesar 91% dan reliabilitas sebesar 0.741 dan Berdasarkan hasil uji validitas dan reliabilitas terhadap kelompok kecil yaitu siswa kelas X SMAN 3 Batu yang disimpulkan berdasarkan hasil analisis data bahwa dari segi kemudahan memahami materi kemenarikan media ajar relative sesuai dengan 95 9 % dan reliabilitas sebesar 0.704. Dari analisis validasi ahli media dan ahli materi serta uji coba kelompok kecil dapat disimpulkan bahwa produk ini relatif sesuai dengan kebutuhan penggunanya dan dapat dikatakan produk ini sangat layak untuk digunakan.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S2 Keguruan Bahasa
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 26 Jan 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/58316

Actions (login required)

View Item View Item