Penerapan grafik klip dalam pendidikan karakter untuk pembelajaran sikap di sekolah menenah atas / Rahmanu Adi Widodo - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan grafik klip dalam pendidikan karakter untuk pembelajaran sikap di sekolah menenah atas / Rahmanu Adi Widodo

Widodo, Rahmanu Adi (2018) Penerapan grafik klip dalam pendidikan karakter untuk pembelajaran sikap di sekolah menenah atas / Rahmanu Adi Widodo. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Widodo Rahmanu Adi. 2017. Penerapan Grafik Klip dalam Pendidikan Karakter untuk Pembelajaran Sikap di Sekolah Menengah Atas. Tesis Jurusan Keguruan Seni Rupa Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Moeljadi Pranata M.Pd. (2) Dr. Johannes Ananto Prayogo M.Pd. M.Ed. Kata Kunci grafik klip pendidikan karakter pembelajaran sikap Dikalangan anak-anak muda saat ini telah terjadi dekadensi moral yang sangat serius. Karakter bangsa semakin bertambahnya hari tampak semakin terkikis. Sejalan dengan itu Pranata telah menghasilkan grafik klip untuk memecahkan masalah pendidikan karakter di kelas (Pranata 2011). Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (a) proses belajar pendidikan karakter menggunakan grafik klip di Sekolah Menengah Atas (b) hasil belajar siswa dalam pendidikan karakter menggunakan grafik klip di Sekolah Menengah Atas. Manfaat penelitian yang diperoleh berupa sumbangan pemahaman baru tentang pendidikan karakter menggunakan grafik klip mampu mentransfer nilai-nilai kebaikan memberi inspirasi guru dan kepala sekolah untuk mengembangkan grafik klip dalam pendidikan karakter di instansi tempat bekerja sebagai bahan pembanding peneliti lain untuk melakukan penelitian yang sejenis. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Subyek penelitian di SMAN X Blitar dengan menggunakan teknik purposive sampling. Instrumen dalam penelitian ini antara lain hasil observasi pedoman wawancara mendalam kuisioner terbuka dan rekaman video tersembunyi. Teknik analisis data menggunakan model interaktif. Hasil penemuan menunjukkan bahwa a) subyek yang diteliti dalam melaksanakan proses pembelajaran pendidikan karakter menerapkan grafik klip didukung persiapan yang baik. Respon siswa terlihat baik. Motivasi siswa cukup tinggi. b) hasil belajar siswa tentang pendidikan karakter menggunakan grafik klip secara umum mampu menangkap isi pesan dan berkomitmen untuk menghormati orang tua. Dapat disimpulkan penerapan grafik klip dalam pendidikan karakter untuk pembelajaran sikap di SMAN X Blitar dapat memberikan transfer karakter khususnya pada pencapaian sikap menghormati orang tua. Disarankan bagi guru dan kepala sekolah secara inovatif dapat mengembangkan grafik klip pendidikan karakter untuk pembelajaran sikap di kelas serta bagi peneliti lain dapat menjadikan penelitian ini sebagai pembanding dalam melakukan penelitian yang sejenis.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S2 Keguruan Bahasa
Depositing User: library UM
Date Deposited: 11 Jan 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/58312

Actions (login required)

View Item View Item