Pengembangan buku ajar tentang ragam hias keris untuk siswa SMP / Dwi Koranto - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan buku ajar tentang ragam hias keris untuk siswa SMP / Dwi Koranto

Koranto, Dwi (2018) Pengembangan buku ajar tentang ragam hias keris untuk siswa SMP / Dwi Koranto. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Dwi Koranto 2017. Pengembangan Buku Ajar Tentang Ragam Keris Bagi Siswa SMP. Tesis Progran Studi Keguruan Seni Rupa Pascasarjana Universitas Malang Pembimbing (1) Dr. Moeljadi Pranata M.Pd. (2) Prof. Dr. Djoko Sarjono M.Pd. Kata kunci pengembangan buku ajar keris ragam hias keris. Banyak warisan leluhur yang adiluhung diberikan merupakan budaya asli ( kearifan lokal) perlu dilestarikan supaya generasi ke generasi salah satu diantaranya adalah Keris. Dalam upaya pelestarian budaya lokal terutama keris dipandang sangat sulit menjaga kelestariannya dibanding dengan kearifan budaya lokal lainnya antara lain batik wayang angklung dan tari Saman Gayo. Berbagai upaya pelestariannya dilakukan oleh pencinta keris yang ada di Nusantara ini namun masih sebatas pada paguyuban senimar pameran keris dan kalangan tertentu merupakan pencinta keris saja (kolektor keris) saja. Untuk melestarikan keris sebagai hasil kearifan budaya yang mempunyai nilai seni yang tinggi ini perlu adanya buku ajar tentang ragam hias keris yang disampaikan pada siswa SMP sebagai generasi muda untuk memperkenalkan keris dan ragam hiasnya. Penelitian pengembangan ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengembangkan buku ajar pada mata pelajaran seni rupa yang dapat meningkatkan pelestarian budaya lokal tentang keris pada peserta didik. Produk yang dihasilkan pada penelitian ini berupa Buku Ajar Tentang Ragam Hias Keris bagi Siswa SMP yang telah divalidasi. Buku ajar tersebut telah diujicobakan pada 20 peserta didik SMP Negeri 1 Sutojayan Blitar. Sebelum mengikuti pembelajaran seni rupa dengan menggunakan media buku ajar peserta didik diberikan tes awal (pre test) untuk mengetahui kemampuan awal kemudian dilaksanakan pembelajaran seni rupa yang menggunakan media buku ajar tentang ragam hias keris. Setelah pembelajaran selesai peserta didik diberikan tes akhir (post test) untuk mengetahui tingkat daya serap dalam penguasaan materi yang disampaikan. Hasil validasi Ahli materi menunjukkan prosentase kelayakan 95 8 %. sedangkan validasi Ahli media memperoleh prosentase kelayakan 92 8 %. Penilaian guru mata pelajaran seni rupa memperoleh prosentase kelayakan 92 5 % dan penilaian peserta didik memperoleh prosentase kelayakan 87 5 %. Sehingga hasil penelitian menunjukkan bahwa Buku ajar ini efektif untuk meningkatkan pelestarian budaya lokal. Dengan menggunakan buku ajar ini terbukti mampu meningkatkan peserta didik untuk melestarikan budaya lokal dan mencintai budaya bangsa sendiri. Berdasarkan hal tersebut berarti produk penelitian ini layak untuk diimplementasikan. Berdasarkan hasil uji keefektifan menunjukkan bahwa nilai t hitung sebesar -9 759 dengan sig. .000 yang berarti ada pengaruh atara Buku ajar mata pelajaran seni rupa tentang ragam hias keris untuk pelestarian budaya lokal bagi siswa SMP. Selisih rerata skor pra tes dengan pasca tes sebesar 5 7. Nilai rerata post tes sebesar 87 5 lebih baik 8 3 daripada skor rerata pra tes [Type a quote from the docu ment or the summ ary of an intere sting point. You can positi on the text box anyw here in the docu ment. Use the Text Box Tools tab to chang e the forma tting of the pull quote text box.]ii yaitu 78 9. Maka dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan pola pikir yang signifikan antara rerata skor post tes (yang menggunakan buku ajar ) dengan rerata skor pre test (tidak menggunakan Buku ajar). Hal ini menunjukkan bahwa produk pengembangan buku ajar mata pelajaran seni rupa merupakan produk yang valid dan efektif karena terbukti dapat meningkatkan semangat untuk melestarikan budaya lokal peserta didik. Capaian luaran kegiatan ini terdiri atas (1) buku kerja siswa yang di sebarluaskan melalui penerbit buku (2) publikasi berupa artikel yang dimuat di jurnal ilmiah (3) artikel pada prosiding seminar nasional

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S2 Keguruan Bahasa
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 05 Jan 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/58311

Actions (login required)

View Item View Item