Pengembangan permainan edukatif puzzle berbasis android untuk pengenalan karakter punakawan bagi siswa SMP / Mazherudin Susanto - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan permainan edukatif puzzle berbasis android untuk pengenalan karakter punakawan bagi siswa SMP / Mazherudin Susanto

Susanto, Mazherudin (2017) Pengembangan permainan edukatif puzzle berbasis android untuk pengenalan karakter punakawan bagi siswa SMP / Mazherudin Susanto. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Susanto Mazherudin. 2016. Pengembangan Permainan Edukatif Berbasis Android Untuk Pengenalan Karakter Punakawan Bagi Siswa SMP. Tesis Program Studi Keguruan Seni Rupa Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Hariyanto M.Hum (II) Dr. Johannes A. P. M.Ed M.Pd. Keywords media pembelajaran game puzzle punakawan Salah satu kompetensi atau kemampuan seorang guru adalah ia mampu memgembangkan media ajar. Selain itu mampu membuat suasana belajar yang menyenangkan unik kreatif inspiratif demontratif dan ideal. Perkembangan tehnologi haruslah diikuti dan media pembelajaran haruslah sesuai dengan perkembangan jaman. Salah satu kompetensi yang harus dimiliki siswa dalam mata pelajaran seni budaya adalah mengenal kekayaan budaya lokal. Salah satu budaya lokal adalah wayang purwa dan tokoh wayang purwa beberapa diantaranya adalah tokoh punakawan. Tokoh punakawan ini terdiri dari semar gareng petruk dan bagong. Pada kenyataanya para siswa jarang mengenal tokoh-tokoh punakawan ini. Nama mungkin mereka kenal tapi figur apalagi karakter apalagi nilai filosofis dibalik nama tokoh punakawan amat jarang yang mengenal. Untuk menciptakan kondisi ideal bahwa para siswa harus mengenal tokoh punakawan perlu diciptakan media pembelajaran yang menyenangkan. Permainan edukatif berupa game puzzle berisikan pengenalan karakter dan menyusun gambar tokoh punakawan adalah sarana dari tujuan penelitian ini yakni mengembangkan media pembelajaran. Pengembangan media pembelajaran ini berdasar metode penelitian pengembangan 5D yang mematuhi urutan prosedur define data design develope dan deseminate. Dari data yang dikumpulkan penulis mengisyaratkan bahwa sangat diperlukan media permainan yang dapat diterapkan untuk pembelajaran. Hasil penelitian pengembangan ini berupa media permainan edukatif berisi pengenalan tokoh karakter punakawan menunjukan hasil yang baik. Hasil penilaian ahli media dan ahli materi menunjukan bahwa permainan edukatif ini cocok dan baik diterapkan dalam pembelajaran untuk pengenalan tokoh punakawan. Demikian juga tanggapan para siswa yang menunjukan hal yang sama baiknya. Disarankan para pengajar seni budaya menggunakan media ini dalam pembelajaranya. Dan sangat disarankan para pengajar mempunyai semangat untuk meneliti memperbaiki serta mengembangkan media yang salah satunya media yang telah penulis kembangkan ini. ABSTRACT Susanto Mazherudin. 2016. The Development of Android-Based Educational Game For Character Punakawan Introduction For Junior High School Students. Thesis Postgraduate Study Program of Graduate Art University of Malang. Counselor (I) Dr. Hariyanto M. Hum (II) Dr. Johannes A. P. M.Ed M.Pd Keywords media learning puzzle games punakawan One of the competence or ability of a teacher is that he is able to develop teaching media. Besides being able to create a fun learning atmosphere unique creative inspirational demontrative and ideal. The development of technology must be followed and the learning media must be in accordance with the development of the era. One of the competencies that must be possessed by students in the subject of art and culture is to know the richness of local culture. One of the local cultures is the wayang purwa and some wayang purwa figures are punakawan figures. This punakawan character consists of semar gareng petruk and bagong. In fact the students rarely know these punakawan characters. Name maybe they know but the figure let alone the character let alone the philosophical value behind the name of the punakawan figures very rarely know. To create ideal conditions that students must recognize the character of the punakawan needs to be created a fun learning media. Educational games in the form of puzzle games containing character recognition and drawing figures of punakawan figures is a means of the purpose of this research is developing learning media. The development of this instructional media is based on 5D development research method that adheres to the sequence of procedures define data design develope and deseminate. From the data collected authors hinted that indispensable game media that can be applied for learning. The results of this development research in the form of educative game media contains the introduction of characters punakawan character showed good results. The results of the assessment of media experts and material experts show that this educational game is suitable and well applied in learning for the introduction of figures of punakawan. Similarly the responses of the students showed the same good. It is recommended that lecturers of cultural art use this medium in their learning. And it is highly recommended that teachers have the spirit to research improve and develop the media that one of the media that has been the author developed this.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S2 Keguruan Bahasa
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 24 Oct 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/58308

Actions (login required)

View Item View Item