Pengembangan media blended learning terintegrasi pada pembelajaran menggambar ilustrasi untuk membangun pola pikir entrepreneurial di SMA / Cahyo Wahyu Darmawan - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media blended learning terintegrasi pada pembelajaran menggambar ilustrasi untuk membangun pola pikir entrepreneurial di SMA / Cahyo Wahyu Darmawan

Darmawan, Cahyo Wahyu (2017) Pengembangan media blended learning terintegrasi pada pembelajaran menggambar ilustrasi untuk membangun pola pikir entrepreneurial di SMA / Cahyo Wahyu Darmawan. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Darmawan Cahyo Wahyu. 2017. Pengembangan Media Blended Learning Terintegrasi Pada Pembelajaran Menggambar Ilustrasi untuk Membangun Pola Pikir Entrepreneurial Di SMA. Tesis Keguruan Seni Rupa Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Moeljadi Pranata M.Pd (II) Dr. Johannes A. Prayogo M.Pd. M.Ed Kata kunci Pengembangan blended learning pola pikir entrepreneurial menggambar ilustrasi Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa media blanded learning melalui aplikasi web terintegrasi pada pembelajaran menggambar ilustrasi untuk mengembangkan pola pikir entrepreneurial yang lebih kreatif inovatif dan produktif serta mampu mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan dan informasi. Pengembangan ini menghasilkan media blanded learning berupa aplikasi web yang dapat digunakan siswa secara tatap muka offline dan online sehingga kegiatan belajar mengajar menggambar ilustrasi tidak terbatas ruang dan waktu. Selain mengunakan media blanded learning siswa di ajak mengembangkan pola pikir entrepreneurial melalui menggambar ilustrasi yang produktif memiliki nilai tambah untuk memenuhi kebutuhan di masa depan. Rancangan penelitian ini menggunakan model pengembangan prosedural yang digunakan adalah model 5D dengan lima tahapan yaitu define data design develop dan disseminate. Data yang diperoleh bersumber dari data lapangan yang berasal dari hasil observasi dan wawancara dan data dokumentasi serta referensi. Produk final diuji kelayakannya oleh ahli media ahli materi dan uji coba kelompok kecil. Hasil penelitian ini adalah sebuah media pembelajaran yang telah divalidasi dengan hasil sebagai berikut (1) Data validasi media dari ahli media dan praktisi mencapai 96% dengan nilai reliabilitas 0.536 yang berarti masuk katagori valid dan reliable dan sangat layak untuk digunakan (2) Data validasi materi dari ahli meteri dan praktisi rerata 90.2 %.dari hasil uji validasi ahli media hasil uji validasi ahli materi rerata 93.75% (3) Data dari hasil uji cova terbatas mencapai 93.63 dengan reliabilitas 0.677 yang berarti masuk katagori valid dan reliable sangat layak untuk digunakan. Bertitik tolak dari penelitian ini beberapa saran yang diperkirakan dapat meningkatkan manfaat dan pengembangan produk yang akan datang diajukan adalah (1) guru hendaknya menggunakan media blanded learning dalam kegiatan belajar mengajar khususnya untuk menggambar ilustrasi (2) penggunaan media blanded learning melalui aplikasi web untuk memudahan siswa mendapatkan sumber-sumber materi gambar ilustrasi sehingga memudahkan siswa untuk belajar secara tatap muka offline dan online dengan tidak terbatas ruang dan waktu (3) agar produk digunakan secara luas guru pengajar mata pelajaran seni budaya baik tingkat SMP maupun SMA. ABSTRACT Darmawan Cahyo Wahyu. 2017. Blended Learning Media Development Integrated in Illustration Drawing Learning to Build Entrepreneurial Mindset in Senior High School. Thesis Teaching Study Program of fine Arts Postgraduate State University of Malang. Advisor (I) Dr. Moeljadi Pranata M.Pd (II) Dr. Johannes A. Prayogo M.Pd. M.Ed Key word Development blended learning entrepreneurial mindset drawing illustrations This research aims to produce a product of blended learning media through integrated web application on illustration drawing lesson to develop entrepreneurial mindset that is more creative innovative and productive and able to follow the development of science and information.This development produces blended learning media in the form of web applications that students can use face to face offline and online so that teaching and learning activities drawing illustrations is not limited space and time.In addition to using the media blanded learning students are invited to develop entrepreneurial mindset through drawing productive illustrations have added value to meet future needs. The design of this study using the procedural development model used is 5D model with five stages namely define data design develop and disseminate. The data obtained comes from field data derived from observations and interviews and documentation and reference data. The final product is tested for eligibility by media experts materials experts and small group trials. The results of this study is a learning media that has been validated with the following results (1) Media validation data from media experts and practitioners reached 96% with reliability value of 0.536 which means valid and reliable entry and very feasible to be used (2) Material validation data from materi experts and Validation of media expert 90.2% test results validation of material experts average 93.75% (3) Data from cova test results limited to 93.63 with reliability of 0.677 which means enter valid and reliable category very feasible to use. Based on this research some suggestions that are expected to improve the benefits and future product development are proposed (1) teachers should use blended learning media in teaching and learning activities especially for drawing illustrations (2) the use of blanded learning media through web applications to enable students to obtain illustrative illustrations sources so as to enable students to learn face-to-face offline and online with unlimited space and time (3) for products to be widely used teachers of art and cultural subjects both junior and senior high school.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S2 Keguruan Bahasa
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 15 Aug 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/58302

Actions (login required)

View Item View Item