Pengembangan grafik klip Wayang YMPP untuk pendidikan karakter di sekolah menengah pertama / Siswo - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan grafik klip Wayang YMPP untuk pendidikan karakter di sekolah menengah pertama / Siswo

Siswo (2017) Pengembangan grafik klip Wayang YMPP untuk pendidikan karakter di sekolah menengah pertama / Siswo. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Siswo 2017. Pengembangan Grafik Klip Wayang YMPP untuk Pendidikan Karakter di Sekolah Menengah Pertama. Program Studi Magister Keguruan Seni Rupa Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Moeljadi Pranata M.Pd (2) Dr. Ponimin M.Hum. Kata kunci pengembangan media grafik klip ympp pendidikan karakter wayang kreasi. Salah satu tujuan kurikulum yang sulit diimplementasikan ialah pembentukan karakter. Metode yang tepat dapat membuat pembelajaran lebih efektif. Tujuan penelitian ini ialah menghasilkan media pembelajaran wayang dengan teknik YMPP untuk pendidikan karakter. Teknik YMPP ialah cara membuat gambar digital game animasi dan multimedia 2D dan 3D dengan hanya memanfaatkan PowerPoint (Pranata 2017). Pengembangan produk dalam penelitian ini mengadaptasi metode Thiagarajan dkk. Kegiatan pada tahap define dilakukan untuk menetapkan dan mendefinisikan syarat-syarat pengembangan. Pada tahap design dipilih tipe media grafik klip dengan visualisasi yang berbasis pada teknik YMPP. Grafik klip adalah kumpulan (gambar foto musik dan sebagainya) yang berbasis PowerPoint. Grafik Klip tersebut dirangkai dalam tayangan pendek (sekitar 5 menit) yang bertema reflektif dan inspirasional (Pranata 2009). Media tersebut telah divalidasi oleh ahli media pembelajaran. Berdasarkan instrumen yang diisi oleh ahli media pembelajaran Produk ini memperoleh skor rerata 97 9% dengan kualifikasi sangat layak untuk diterapkan. Skor yang diberikan oleh ahli materi 88 5% dengan kualifikasi sangat layak untuk digunakan. Dari hasil uji coba perseorangan (N 2) diperoleh rerata skor 91% (sangat valid) uji coba kelompok kecil (N 4) diperoleh rerata skor 87 5% (sangat valid) dan uji coba kelompok besar (N 16) diperoleh rerata skor 91 9% (sangat valid). Spesifikasi produk yang dihasilkan adalah multimedia grafik klip berdurasi 5 menit untuk pendidikan karakter dengan pendekatan wayang kreasi yang menggunakan visualisasi menurut teknik YMPP. Tema wayang kreasi yang diangkat adalah Perang Kembang antara Arjuna dan Cakil. Penelitian pengembangan ini belum melalui uji keefektifan di lapangan. Disarankan agar dilakukan penelitian lanjutan untuk mengetahui keefektifannya pada sekolah menengah pertama atau sekolah yang setara di Indonesia. ABSTRAC Siswo 2017. Development of the Graphic Clip YMPP Puppet To Character Education in Junior High School. Master Teacher Training Course Of Fine Arts Graduate State University Of Malang. Supervisor (1) Dr. Moeljadi Pranata M. Pd (2) Dr. Ponimin M. Hum. Key words development graphic media clips ympp character education puppet creations. One of the goals of the curriculum that is difficult to implement is the formation of character. The precise method can make learning more effective. The purpose of this research is generating a media puppet technique learning YMPP for character education. YMPP technique is how to create digital images animation and multimedia games 2D and 3D by simply utilizing PowerPoint (Pranata 2017). Product development in this study adapts methods Thiagarajan dkk. Activities at the stage define conducted to establish and define the terms of development. At this stage of design selected chart type of media clips with visualization based on YMPP techniques. A graph is a set of clips (images photos music etc.) based PowerPoint. The Clips are stacked in the graph display short (about 5 minutes) that is reflective and inspirational themed (Pranata 2009). The media have been validated by expert instructional media. Based on instruments that can be filled by learning media expert this product gained 97.9% average score qualified very feasible to implement. The score given by the experts the material very qualified 88.5% worth to use. From the results of individual trials (N 2) obtained a mean score of 91% (very valid) test a small group (N 4) obtained a mean score of 87.5% (very valid) and test large groups (N 16) obtained the mean score 91.9% (very valid). The resulting product specifications is multimedia graphics clip lasts 5 minutes to approach to character education puppet creations that use visualization according to YMPP technique. The theme of puppet creations that was made was Perang kemvang between Arjuna and Cakil. Research development of this hasn t been through the test of effectiveness in the field. It is recommended that further research be done to know their effectiveness in junior high school or an equivalent school in Indonesia.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S2 Keguruan Bahasa
Depositing User: library UM
Date Deposited: 02 Aug 2017 04:29
Last Modified: 13 Jun 2025 02:10
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/58300

Actions (login required)

View Item View Item