Pengembangan buku panduan menggambar figuratif berbasis tangram untuk anak-anak sekolah dasar / Tutut Lispriana - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan buku panduan menggambar figuratif berbasis tangram untuk anak-anak sekolah dasar / Tutut Lispriana

Lispriana, Tutut (2017) Pengembangan buku panduan menggambar figuratif berbasis tangram untuk anak-anak sekolah dasar / Tutut Lispriana. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK lispriana Tutut. 2017. Pengembangan Buku Panduan Menggambar Figuratif Berbasis Tangram Untuk Anak Anak Sekolah Dasar. Tesis. Program Studi Keguruan Seni Rupa Pascasarjana Universitas Negeri Malang Pembimbing (I) Dr. Moeljadi Pranata M.Pd (II) Prof.Dr. Djoko Saryono M.Pd. Kata Kunci Buku Panduan Tangram Menggambar Figuratif Anak Sekolah Dasar Pembelajaran kompetensi menggambar figuratif pada siswa belum menunjukkan hasil yang maksimal. Berdasarkan observasi lapangan diperoleh data bahwa (1) waktu lama ketika siswa mencari ide dan gagasan menggambar figuratif (2) hasil gambar kurang optimal dan (3) sebanyak 86 8% siswa tidak dapat menghasilkan produk gambar kreatif. Penelitian ini mengembangkan Buku Panduan menggambar figuratif untuk anak sekolah dasar. Pendekatan yang digunakan adalah Research and Development (R D). Hal tersebut didasarkan atas tujuan utama dari penelitian yaitu untuk menghasilkan sebuah produk berupa Buku Panduan yang dapat dipertanggungjawabkan kevalidan kepraktisan kemenarikan dan keefektifannya. Prosedur penelitian yang digunakan adalah adaptasi dari model pengembangan (research and development) Borg dan Gall (1983 775) serta tahapan penelitian pengembangan yang dikembangkan oleh Sugiono (2012 409). Terdapat enam tahap penelitian yang telah dilakukan. Adapun keenam tahap tersebut adalah sebagai berikut. (1) Studi pendahuluan dengan melakukan pengamatan dan pengumpulan informasi di siswa SD Negeri lesanpuro 2 Malang (2) Perencanaan kegiatan penelitian dengan menyusun proposal menyeminarkan dan memperbaiki proposal berdasarkan hasil seminar (3) Pengembangan desain produk Buku Panduan kemudian melaksanakan uji validasi kepada ahli isi materi ahli pembelajaran dan ahli desain komunikasi (4) Melakukan uji coba lapangan terbatas kemudian melakukan revisi produk awal (5) Melakukan uji lapangan lalu melakukan revisi produk dan (6) Desiminasi produk. Hasil validasi produk oleh ahli isi materi diperoleh rata-rata sebesar 86 6% dan oleh ahli desain pesan diperoleh rata-rata sebesar 64 1%. Peneliti melakukan revisi produk berdasarkan saran dari ahli dan selanjutnya melakukan uji lapangan terbatas. Data hasil uji lapangan terbatas menunjukkan bahwa ahli isi materi sebesar 78 4%. Berdasarkan hasil uji coba lapangan terbatas dan saran dari siswa serta praktisi peneliti melakukan revisi produk dan selanjutnya dilakukan uji lapangan. Data hasil uji lapangan menunjukkan bahwa kemenarikan produk sebesar 81 9% dan validasi oleh praktisi sebesar 85%. Pengembangan buku ini mengacu pada peningkatan kreativitas dengan menggunakan Tangram sebagai aplikasi proses berpikir lateral. Hal itu seperti yang dikemukakan Bono (1941 14) bahwa pola berpikir lateral adalah cara untuk membangun dan menyususun kembali pola pola yang lama guna menghasilkan pola baru. Sehingga dalam buku ini dibelajarkan bagaimana cara menggunakan Tangram sebagai prasaran untuk menggambar figuratif selain sebagai cara untuk melatih ketrampilan berpikir kreatif. Adapun proses menggambar untuk menghasilkan gambar yang kreatif dengan menerapkan tahapan tahapan proses kreativitas Abraham Walls yaitu (1) persiapan (2) inkubasi (3) iluminasi dan (4) verivikasi. Tujuan dengan dilatihkannya cara cara menumbuhkan proses berpikir dan proses kreatif dalam buku ini akan mengahasilkan produk kreatif mengadopsi pendapat Besemer dan Treffirger dalam Pranata Moljadi (2011 5) bahwa kreteria produk kreatif meliputi (1) kebaruan (2) original dan (3) unik. Keunggulan produk ini adalah dapat digunakan secara mandiri maupun dengan panduan guru sesuai dengan kebutuhan. Isi Buku Panduan ini selain sebagai buku penunjang menggambar figuratif dapat juga sebagai buku untuk mengembangkan kreativitas yang digunakan untuk anak sekolah dasar siswa usia 7 sampai 11. Dengan adanya hal tersebut diharapkan dapat memaksimalkan kegiatan pembelajaran menggambar dengan sajian yang memotivasi anak untuk mempelajari buku panduan tersebut. ABSTRACT Lispriana Tutut. 2017. The development of Figurative Drawing-based Guidebook Tangram For elementary school children. Thesis. Teacher Training Courses On Fine Arts Universitas Negeri Malang Supervisor (I) Dr. Moeljadi Pranata M. Pd (II) Prof. Dr.Saryono Djoko M. Pd. Keywords Guide Books Tangram Figurative Drawing School Children Basic Learning competence of figurative drawing in students has not shown maximum results. Based on field observations obtained data that (1) a long time when students are looking for ideas and the idea of figurative drawing (2) the image less than optimal results and (3) as much as 86.8% of students are unable to produce creative pictures. This research developed a figurative drawing guide book for elementary school children. The approach used is a Research and Development (R D). It is based on themain objective of this research is to produce a product in the form of guide books that can be accounted for kevalidan practicality kemenarikan and their effectiveness. Research procedure used is an adaptation of the model development (research and development) Borg and Gall (1983 775) as well as the stages of development of research developed by Sugiono (2012 409). There are six stages of research that has been done. As for the sixth stage are as follows. (1) preliminary Studies by performing observation and collection of information on students of the country lesanpuro 2 Malang (2) Planning Research activities by drawing up proposals menyeminarkan and improve the proposal based on the results of the seminar (3) the development of product design Handbook and then carry out the validation test to the expert the contents materials expert learning and expert communication design (4) Conduct field trials is limited then do the initial product revision (5) conducting a field test and then do a revision of the product and (6) Desiminasi product. The results of the validation of the product by the contents of the material obtained an average of 86.6% and by design the message gained an average of 64.1%. Researchers did a revision of products based on the advice of experts and further field test is limited. Field test results of the limited data indicate that the expert content material of 78.4%. Based on limited field trial results and suggestions from students as well as practitioners researchers did a revision of the product and subsequent field test done. Results of the field test data indicate that kemenarikan products of 81.9% and validation by practitioners of 85%. The development of this book refers to the improvement of creativity using the Tangram as a lateral thinking process applications. It s like being propounded Bono (1941 14) that lateral thinking is a way to build and menyususun return the pattern a long pattern in order to generate a new pattern. So in this book dibelajarkan how do I use the Tangram as prasaran figurative drawing for other than as a way to train the creative thinking skills. As for the process of drawing to produce creative picturesby applying stages stages of process creativity Abraham Walls i.e. (1) preparation (2) incubation (3) illumination and (4) verify. The purpose with dilatihkannya way how to foster a process of thinking and the creative process in this book will mengahasilkan creative products adopt opinions Besemer and Treffirger in Pranata Moljadi(2011 5) kreteria creative products that include (1) novelty (2) original and (3) unique. Advantages of this product is can be used independently or with a guide teachers to suit your needs. The contents of this guide as well as ancillary figurative drawing book can also as book to develop the creativity used to children of elementary school students age 7 to 11. The existence of such things are expected to maximize the learning activities drawing with which to motivate the child to learn the guide book.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S2 Keguruan Bahasa
Depositing User: library UM
Date Deposited: 02 Aug 2017 04:29
Last Modified: 13 Jun 2025 02:13
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/58299

Actions (login required)

View Item View Item