Suhud (2017) Pengembangan grafik klip sebagai media pendidikan karakter di SMP / Suhud. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Suhud 2017.Pengembangan Grafik Klip Sebagai Media Karakter di SMP. Program Studi S2 Keguruan Seni Rupa Pascasarjana Uninersitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Moeljadi Pranata MPd. (II) Prof. Dr. Djoko Saryono M.Pd. Kata kunci Pengembangan Media Pendidikan Karakter Grafik Klip. Untuk memajukan pendidikan di Indonesia akhir-akhir ini pemerintah menerapkan pendidikan yang tidak hanya terpaku kepada aspek pengetahuan saja namun pendidikan yang bisa membentuk keterampilan dan karakter siswa juga. Media pembelajaran disiapkan oleh guru akan sangat membantu bagi siswa dengan mudah didalam menerima pesan pengetahuan yang dijelaskan oleh guru. Karena selama ini permasalahan anak dan remaja yang terlepas dari kontrol sekolah dan masyarakat selalu menjadi pokok permasalahan disekolah sekolah. Grafik Klip sangat fleksibel menjadi suatu media yang berbasis multimedia power point dengan durasi tanyang 4-5 menit untuk memberi inspirasi yang mengarah ke perilaku dan berbudi pekerti yang luhur sesuai dengan cita-cita bangsa Indonesia. Khususnya disajikan untuk pendidikan karakter pada anak dan remaja di SMP. Model pengembangan yang dilakukan adalah 5D dengan langkah-langkah prosedur Define Data Design Develop Disseminate. Proses pengembangan produk dengan menyusun ide cerita dan langkah-langkah produksi grafik klip menentukan content dan durasinya membuat konsep dijabarkan dalam storyline storyboard dan sketsa /naskah dan visual (sketsa/gambar) untuk menguji kevalidan media dilakukan uji validasi produk yang dilakukan oleh ahli media ahli materi praktisi dan uji coba kelompok terbatas. Hasil penelitian ini adalah sebuah media pembelajaran untuk pendidikan karakter yang telah melalui proses validasi menunjukkan kevalidannya sangat layak untuk digunakan. sebagai media pendidikan karakter sangat layak untuk digunakan di SMP. Penelitian pengembangan ini menghasilkan produk berupa grafik klip sebagai media pendidikan karakter di SMP. Saran pemanfaatan produk dipaparkan sebagai berikut (1) Guru sebagai fasilitator perlu memiliki media grafik klip sebagai media pendidikan karakter agar menghasilkan pembelajaran yang bermakna (2) Peserta didik diharapkan dapat termotivasi dan terinpirasi tayangan grafik klip sehingga berefek pada perilaku siswa untuk berbudi pekerti yang luhur sesuai dengan cita-cita bangsa Indonesia (3) Bagi peneliti lanjutan disarankan untuk memanfaatkan penelitian ini sebagai pijakan teori untuk melakukan pengembangan lebih lanjut maupun melakukan uji keefektifan sehingga menghasilkan kajian keilmuan yang lebih bermanfaat. ABSTRACT Suhud 2017.Chrome Graph Development As Character Media in SMP. Master Program of Teacher Training Postgraduate Uninersitas Negeri Malang. Counselor (I) Dr. Moeljadi Pranata MPd. (II) Prof. Dr. Ir. Dr. Djoko Saryono M.Pd. Keywords Media Development Character Education Clip Graph In order to advance education in Indonesia the government has recently implemented an education that is not only glued to the knowledge aspect but the education that can shape the skills and character of the students as well. Learning media prepared by the teacher will be very helpful for students easily in receiving the message of knowledge described by the teacher. Because during this time the problems of children and adolescents who are detached from school and community control has always been the subject of school problems. Very flexible clip graphics into a multimedia-based media power point with a duration of 4-5 minutes to inspire leading to behavior and virtuous noble character in accordance with the ideals of the Indonesian nation. The development model is 5D with procedure steps Define Data Design Develop Disseminate. The process of developing the product by compiling the idea of the story and the steps of clip graphics production determine the content and duration making the concept described in the storyline storyboard and sketch / script and visual (sketch / drawing) to test the validity of the validation of the product done by the expert Media material experts practitioners and group trials. Character education issues in children and adolescents is very necessary because during this time the problems of children and adolescents who are detached from school and community control has always been the subject of school problems. Graphic Clip is very flexible to be a medium that is presented for character education in children and adolescents in junior high school. The development model is 5D with procedure steps Define Data Design Develop Disseminate. The validation process of the product developed using the questionnaire instrument is an open questionnaire questionnaire whose validation is performed by media experts materials experts practitioners and limited group trials. The results of this study is a learning media for character education that has been through the validation process shows the validity very feasible to use. As a media of character education is very suitable for use in junior high school. This development research produces the product in the form of clip graph as the character education media in junior high school. Suggestion of product utilization is described as follows (1) Teacher as facilitator need to have media of clip graph as media of character education in order to produce meaningful learning (2) Students are expected to be motivated and inspired clip graphic show so that effect on student behavior for virtuous character Sublime in accordance with the ideals of the Indonesian nation (3) For advanced researchers are advised to utilize this research as a foothold theory to conduct further development and test effectiveness so as to produce more useful scientific studies.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S2 Keguruan Bahasa |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 02 Aug 2017 04:29 |
Last Modified: | 13 Jun 2025 02:11 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/58298 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |