Pengembangan bahan ajar teknik YMPP untuk memudahkan siswa menggambar secara digital / Amar Ma'ruf Stya Bakti - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan bahan ajar teknik YMPP untuk memudahkan siswa menggambar secara digital / Amar Ma'ruf Stya Bakti

Bakti, Amar Ma'ruf Stya (2017) Pengembangan bahan ajar teknik YMPP untuk memudahkan siswa menggambar secara digital / Amar Ma'ruf Stya Bakti. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Stya Bakti Amar Ma ruf. 2017. Pengembangan Bahan Ajar Teknik YMPP untuk Memudahkan Siswa Menggambar secara Digital. Tesis Program Studi Keguruan Seni Rupa Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Moeljadi Pranata M.Pd (II) Prof. Dr. Wahyudi Siswanto M.Pd Kata Kunci pengembangan bahan ajar menggambar digital teknik ympp Bahan ajar merupakan suatu bahan belajar yang didalamnya dirancang secara sistematis dengan memperhatikan karakteristik dan kebutuhan peserta didik serta dibuat sesuai tujuan kompetensi yang akan dicapai dalam proses pembelajaran. Selain itu juga bahan ajar dimaksudkan agar dapat memudahkan siswa dalam belajar dan diharapkan dapat memperoleh hasil retensi dan transfer yang baik. Hasil dan kebermaknaan yang baik ditentukan oleh bahan maupun sumber-sumber serta teknik yang diterapkan dalam pembelajaran. Salah satunya yaitu pada kompetensi menggambar dengan teknik digital yang harus dikembangkan. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar khusunya menggambar secara digital dengan menggunakan teknik YMPP yaitu suatu teknik menggambar secara digital membuat game animasi 2D dan 3D dengan menggunakan software Microsoft PowerPoin. Teknik ini merupakan singkatan dari Yohanes Moeljadi Pranata Pictures. Dalam hal ini menggunakan PowerPoint versi 2010 dikarenakan terdapat tambahan fitur khusus dengan nama combineshape. Fitur ini hanya ada pada versi 2010 hingga sekarang. Produk yang dihasilkan berupa bahan ajar bergaya modern yang dilengkapi dengan CD tentang kumpulan latihan-latihan yang ada di dalam buku. Model penelitian dan pengembangan dalam penelitian ini merupakan model pengembangan prosedural yaitu model Five-D(define data design develop dan disseminate). Pada tahapan disseminate produk yang dibuat dilakukan dengan seminar lokakarya dan belum disebarluaskan dalam bentuk cetak ke sekolah-sekolah dikarenakan belum terdapat ISBN. Produk ini telah divalidasikan kepada ahli media ahli pembelajaran dan kelompok besar. Dari hasil validasi yang telah dilakukan bahan ajar ini dinyatakan valid atau layak digunakan sebagai bahan ajar di sekolah. Perhitungan statistik secara keseluruhan melalui validasi memperoleh skor antara lain ahli media 95 53% ahli pembelajaran 97 32% dan kelompok besar 85 25%. Revisi produk yang diperoleh diantaranya 1) perubahan pada halaman daftar isi setiap poin pembahasan ditambahkan pendahuluan dan nomor pada setiap poin 2) perubahan pada bagian II yaitu dari poin merubah bidang menjadi bentuk direvisi menjadi menggambar emoticons 3) perubahan tahapan menggambar dari yang termudah hingga tersulit. Perubahan tahapan ini dimulai dari menggambar emoticons menggambar benda geometris menggambar flora dan menggambar fauna. Dari hasil penelitian ini dapat disarankan agar (1) Pendidik dapat mengembangkan pembelajaran menggambar dengan teknik YMPP. (2) Peserta didik dapat mandiri dan semangat dalam belajar secara individu. (3) Peneliti dapat mengembangkan bahan ajar menjadi lebih baik lagi tepat guna dan tepat sasaran sehingga dapat dimanfaatkan sesuai dengan kebutuhan jaman. ABSTRACT Stya Bakti Amar Ma ruf. 2017. Developing an Instructional Materials with YMPP Technique to Ease Digital Drawing for Students. Thesis. Visual Art Education Study Program Graduate School. Universitas Negeri Malang. Consultants (I) Dr. Moeljadi Pranata M.Pd (II) Prof. Dr. Wahyudi Siswanto M.Pd Keywords development instructional materials digital drawing YMPP technique. Instructional materials are study materials which are designed systematically by considering students characteristics and needs based on learning objectives. Instructional materials are also designed to ease students and to result in good retention and transfer. Good results and meaningfulness is determined by materials resources and techniques applied in the teaching and learning process. One of them is on digital drawing competence which is needed to develop. The objective of this research was to produce instructional materials for digital drawing with YMPP technique which is a technique to draw digitally to make games to make 2D and 3D animations with Microsoft Power Point Software. The software used was Power Point 2010 because it provided combine shape feature. The final product resulted was modern materials with a CD of a set of exercises from books. Research Model and development of this research was procedural model that was model Five-D (define data design develop and disseminate). In disseminate step a workshop was conducted to introduce the product. The product was not widely disseminated to schools in printed form because there was no ISBN. The product was validated by media experts learning experts and large groups (group of students). Based on validation results the materials were valid and suitable for schools. Statistic calculation showed media experts of 95.53% learning experts of 97.32% and group of students of 85.25%. Revisions resulted were (1) on table of contents page introduction and number were needed for each point (2) in chapter II changing shape to form point became drawing emoticons (3) drawing steps were revised to be from the easiest step to the most difficult one. It was started with drawing emoticons drawing geometric shapes and forms drawing flora and fauna. Based on the results of this research it was suggested that (1) teachers can develop drawing learning process with YMPP technique (2) students can be independent and enthusiastic to learn individually (3) the researcher can develop instructional materials to be better effective and on-target so that they can be used and be adaptable to different times and situations.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S2 Keguruan Bahasa
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 26 Jul 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/58296

Actions (login required)

View Item View Item