Pengembangan bahan ajar teknik batik dengan pewarna remasol untuk pembelajaran seni rupa berbasis pendekatan entrepreneurial di SMA / Regreat Suasmiati - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan bahan ajar teknik batik dengan pewarna remasol untuk pembelajaran seni rupa berbasis pendekatan entrepreneurial di SMA / Regreat Suasmiati

Suasmiati, Regreat (2017) Pengembangan bahan ajar teknik batik dengan pewarna remasol untuk pembelajaran seni rupa berbasis pendekatan entrepreneurial di SMA / Regreat Suasmiati. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Suasmiati Regreat. 2016. Pengembangan Bahan Ajar Teknik Batik dengan Pewarna Remasol untuk Pembelajaran Seni Rupa Berbasis Pendekatan Entrepreneurial di SMA. Tesis. Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Moeljadi Pranata M.Pd. (II) Dr. Johannes Ananto Prayogo M. Pd M. Ed. Kata Kunci bahan ajar teknik batik pewarna remasol pembelajaran entrepreneurial. Kegiatan belajar mengajar di sekolah secara keseluruhan melibatkan guru sebagai sumber belajar dan peserta didik sebagai pebelajar. Proses kegiatan belajar mengajar yang inovatif dan kreatif merupakan kunci dasar pembinaan dan pengembangan pembelajaran seni rupa di sekolah. Dalam belajar seni rupa perlu adanya sumber belajar yang memadai agar bagi peserta didik dapat meningkatkan kualitas berpikir yang inovatif kreatif dan memiliki ketrampilan serta terjadi perubahan perilaku khususnya bagi siswa kelas XI SMAN 1 Garum. Tujuan dari penelitian dan pengembangan produk ini adalah untuk menghasilkan bahan ajar teknik batik dengan pewarna remasol bagi siswa kelas XI. Kelayakan dan kevalidan bahan ajar yang dikembangkan berdasarkan validasi dan uji coba lapangan. Penelitian dan pengembangan menggunakan metode penelitian Borg Gall yang diadaptasi oleh Sugiyono (2011 298). Dari sepuluh langkah peng-gunaan metode Research and Development menjadi enam langkah yaitu (1) analisis kebutuhan (2) menentukan desain produk bahan ajar yang akan di-kembangkan (3) validasi dan produk (4) uji coba lapangan terbatas dan revisi (5) uji coba lapangan lebih luas dan (6) finalisasi. Jenis data yang digunakan dalam penelitian yaitu data kualitatif dan deskriptif prosentase. Kedua data diperoleh dari angket hasil uji coba dari para ahli yang dirubah dalam bentuk angka prosentase yang kemudian dijelaskan dengan kriteria kevalidan atau kelayakan. Setelah produk bahan ajar di-kembangkan yaitu berupa buku siswa selanjutnya dilakukan proses uji validasi ahli media pembelajaran ahli materi guru sebagai pembelajar (pengguna) uji coba lapangan terbatas dan uji coba lapangan lebih luas.Buku siswa yang di-hasilkan dinyatakan sangat valid dan sangat layak digunakan hasil validasi ahli materi 89% ahli media pembelajaran 94% tingkat validitas oleh guru 88% uji coba lapangan terbatas 90% dan uji coba lapangan lebih luas yaitu 91%. Produk ini dapat dimanfaatkan untuk kalangan lebih luas yaitu untuk siswa SMA/MA dan SMK/MAK terutama penyesuaian bagi pebelajar guna meningkatkan inovasi kreativitas dan potensi serta lebih tertantang untuk memiliki jiwa entrepreneur guna perolehan hasil dalam berkarya batik serta memacu keingintahuan pebelajar untuk mempelajarinya lebih lanjut.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S2 Keguruan Bahasa
Depositing User: library UM
Date Deposited: 18 Jan 2017 04:29
Last Modified: 13 Jun 2025 02:10
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/58292

Actions (login required)

View Item View Item