Nilai pendidikan moral dan sosial Jepang dalam novel Dua Belas Pasang Mata (.......) karya Sakae Tsuboi / Nardiansyah Kamumu - Repositori Universitas Negeri Malang

Nilai pendidikan moral dan sosial Jepang dalam novel Dua Belas Pasang Mata (.......) karya Sakae Tsuboi / Nardiansyah Kamumu

Kamumu, Nardiansyah (2018) Nilai pendidikan moral dan sosial Jepang dalam novel Dua Belas Pasang Mata (.......) karya Sakae Tsuboi / Nardiansyah Kamumu. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Kamumu Nardiansyah. 2018. NilaiPendidikan Moral danSosialJepangdalam Novel DuaBelasPasang Mata ( 20108 21313 22235 12398 30643 ) Karya Sakae Tsuboi. Tesis Program Studi S2 KeguruanBahasa PascasarjanaUniversitasNegeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Dr. WahyudiSiswanto M.Pd. (2) Dr. Rizman Usman M.Pd. Kata kunci nilaipendidikan moral nilaipendidikansosial novel. Novel merupakan salah satu bentuk karya sastra yang tertulis yang di dalamnya mengandung ide-ide gagasan pesan-pesan ataupun ajaran-ajaran yang diungkapkan dalam bentuk cerita. Dari berbagai novel yang memiliki nilai pendidikan yang terkandung didalamnya novel Dua Belas Pasang Mata karya Sakae Tsuboi merupakan satu diantaranya. Penentuan novel Dua Belas Pasang Mata ataudalambahasaJepangberjudulNijuushi No Hitomi ( 20108 21313 22235 12398 30643 )sebagai objek yang akan dikaji dalam penelitian ini karena novel tersebut menarik bercerita tentang pendidikan di daerah terpencil di Jepang dan merupakan salah satu novel Jepang yang pernah menjadi novel best-seller. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan representasinilai pendidikan moral dansosialJepang mendeskripsikan hubungan antara nilaipendidikanmoral dansosialJepangyang terkandungdalam novel DuaBelasPasang Mata (Nijuushi no Hitomi) karya Sakae TsuboidengankarakteristikbangsaJepang serta mendeskripsikan representasiungkapan yang mengandungnilaipendidikan moral dansosialJepangdalam novel DuaBelasPasang Mata (Nijuushi no Hitomi) karya Sakae Tsuboi. Penelitian ini menggunakan metode penelitiankualitatif sedangkanteknikpengumpulan data menggunakanteknikanalisisisi. Hasilpenelitianmenunjukkanbahwarepresentasinilaipendidikan moral Jepangdalam novel DuaBelasPasang Mata (Nijuushi no Hitomi) karya Sakae Tsuboiditunjukkanlewatbeberapaindikator yang menunjukkansikapdalambentukpesantentang orang dewasamemberikancontoh yang tidakbaikpadaanak-anak tidakberbuatjahatkepada guru sikapjahil penilaiannegatifkepada guru niattulus guru prasangkaburukkepada orang lain wujudsikaptidakbegituramah orang-orang desa kasihsayangmuridkepada guru dansebaliknya niat yang sungguh-sungguh nasehat guru kepadamurid persahabatan guru danmurid kasihsayang orang tuakepadaanak danteguran guru kepadamurid. Representasi nilai pendidikan sosial Jepang dalam novel Dua Belas Pasang Mata (Nijuushi no Hitomi) karya Sakae Tsuboiditunjukkanlewatbeberapaindikator yang menunjukkanfenomenabergosipataubergunjing perasaantidakditerimaolehmasyarakat tolong-menolongdalammasyarakat rasa diterimadalammasyarakat perubahansosialdalammasyarakat fenomenadiskriminasi gender dalamkehidupansosialmasyarakatJepang pandanganmasyarakatterhadappelacur dananggapantidakpatriotikjikatidak membaktikan diri untuk perjuangan. Hubungan antara nilai pendidikan yang terkandung dalam novel Dua Belas Pasang Mata (Nijuushi no Hitomi) karya Sakae TsuboidengankarakteristikbangsaJepangditunjukkanmelaluikarakteristikJin (murahhati) Makoto-Shin (kejujurandanketulusan) Chugo (kesetiaanpadapimpinan) danTei(peduli). Representasiungkapan yang mengandungnilaipendidikan moral dansosialJepangdalam novel DuaBelasPasang Mata (Nijuushi no Hitomi) karya Sakae TsuboiditunjukkanmelaluiungkapanHanninmae (setengahmatang) Imojo (gadisnorakataugadiskentang) Shinmai (pemulaataumasihhijau) Ki woYurusanu (tidakmaumembukahati) danHichimutsukashii (susahdidekati).

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S2 Keguruan Bahasa
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 19 Mar 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/58273

Actions (login required)

View Item View Item