Nilai pendidikan moral dan sosial Jepang dalam novel Dua Belas Pasang Mata (.......) karya Sakae Tsuboi / Nardiansyah Kamumu

Kamumu, Nardiansyah (2018) Nilai pendidikan moral dan sosial Jepang dalam novel Dua Belas Pasang Mata (.......) karya Sakae Tsuboi / Nardiansyah Kamumu. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Kamumu, Nardiansyah. 2018. NilaiPendidikan Moral danSosialJepangdalam Novel DuaBelasPasang Mata (二十四の瞳) Karya Sakae Tsuboi. Tesis, Program Studi S2 KeguruanBahasa, PascasarjanaUniversitasNegeri Malang. Pembimbing: (1) Prof. Dr. WahyudiSiswanto, M.Pd., (2) Dr. Rizman Usman, M.Pd. Kata kunci: nilaipendidikan moral,nilaipendidikansosial, novel. Novel merupakan salah satu bentuk karya sastra yang tertulis yang di dalamnya mengandung ide-ide, gagasan, pesan-pesan, ataupun ajaran-ajaran yang diungkapkan dalam bentuk cerita. Dari berbagai novel yang memiliki nilai pendidikan yang terkandung didalamnya, novel Dua Belas Pasang Mata karya Sakae Tsuboi merupakan satu diantaranya. Penentuan novel ÔÇ£Dua Belas Pasang MataÔÇØataudalambahasaJepangberjudulNijuushi No Hitomi (二十四の瞳)sebagai objek yang akan dikaji dalam penelitian ini karena novel tersebut menarik, bercerita tentang pendidikan di daerah terpencil di Jepang dan merupakan salah satu novel Jepang yang pernah menjadi novel best-seller. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan representasinilai pendidikan moral dansosialJepang,mendeskripsikan hubungan antara nilaipendidikanmoral dansosialJepangyang terkandungdalam novel DuaBelasPasang Mata (Nijuushi no Hitomi) karya Sakae TsuboidengankarakteristikbangsaJepang,serta mendeskripsikan representasiungkapan yang mengandungnilaipendidikan moral dansosialJepangdalam novel DuaBelasPasang Mata (Nijuushi no Hitomi) karya Sakae Tsuboi. Penelitian ini menggunakan metode penelitiankualitatif, sedangkanteknikpengumpulan data menggunakanteknikanalisisisi. Hasilpenelitianmenunjukkanbahwarepresentasinilaipendidikan moral Jepangdalam novel DuaBelasPasang Mata (Nijuushi no Hitomi) karya Sakae Tsuboiditunjukkanlewatbeberapaindikator yang menunjukkansikapdalambentukpesantentang orang dewasamemberikancontoh yang tidakbaikpadaanak-anak, tidakberbuatjahatkepada guru, sikapjahil, penilaiannegatifkepada guru, niattulus guru, prasangkaburukkepada orang lain, wujudsikaptidakbegituramah orang-orang desa, kasihsayangmuridkepada guru dansebaliknya, niat yang sungguh-sungguh, nasehat guru kepadamurid, persahabatan guru danmurid, kasihsayang orang tuakepadaanak, danteguran guru kepadamurid. Representasi nilai pendidikan sosial Jepang dalam novel Dua Belas Pasang Mata (Nijuushi no Hitomi) karya Sakae Tsuboiditunjukkanlewatbeberapaindikator yang menunjukkanfenomenabergosipataubergunjing, perasaantidakditerimaolehmasyarakat, tolong-menolongdalammasyarakat, rasa diterimadalammasyarakat, perubahansosialdalammasyarakat, fenomenadiskriminasi gender dalamkehidupansosialmasyarakatJepang, pandanganmasyarakatterhadappelacur, dananggapantidakpatriotikjikatidak membaktikan diri untuk perjuangan. Hubungan antara nilai pendidikan yang terkandung dalam novel Dua Belas Pasang Mata (Nijuushi no Hitomi) karya Sakae TsuboidengankarakteristikbangsaJepangditunjukkanmelaluikarakteristikJin (murahhati), Makoto-Shin (kejujurandanketulusan), Chugo (kesetiaanpadapimpinan), danTei(peduli). Representasiungkapan yang mengandungnilaipendidikan moral dansosialJepangdalam novel DuaBelasPasang Mata (Nijuushi no Hitomi) karya Sakae TsuboiditunjukkanmelaluiungkapanHanninmae (setengahmatang), Imojo (gadisnorakataugadiskentang), Shinmai (pemulaataumasihhijau), Ki woYurusanu (tidakmaumembukahati), danHichimutsukashii (susahdidekati).

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Jurusan Sastra Indonesia (IND) > S2 Keguruan Bahasa
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 19 Mar 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/58273

Actions (login required)

View Item View Item