Developing a prototype syllabus for BIPA (Indonesian for Foreign Llearners) for Udonthani Vocational College, Thailand / Mustika Nur Amalia

Amalia, Mustika Nur (2018) Developing a prototype syllabus for BIPA (Indonesian for Foreign Llearners) for Udonthani Vocational College, Thailand / Mustika Nur Amalia. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

v ABSTRAK Amalia, Mustika Nur. 2017. Pengembangan Prototipe Silabus untuk BIPA (Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing) di Udonthani Vocational College, Thailand. Tesis, Jurusan Keguruan Bahasa. Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Prof. Dr. Gunadi Harry Sulistyo, M.A., (II) Dr. Furaidah, M.A. Kata kunci:pengembangan silabus, pembelajaran BIPA, pembelajaran Bahasa Asing Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan prototipe silabus BIPA (Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing) untuk Udonthani Vocational College, Thailand. Tujuan dari dikembangkannya prototipe silabus BIPA agar praktisi mampu melaksanakan pembelajaran BIPA yang terlaksana dengan baik di institusi tersebut. Pengembangan silabus dirancang khusus untuk mata kuliah Bahasa Indonesia untuk Komunikasi 1 pada tingkatcertificate(setara SMK) dan diploma di Udonthani Vocational College, Thailand. Silabus dirancang berdasarkan karakter siswa, kebutuhan guru, usia siswa, dan tujuan pembelajaran. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian R dan D yang dikembangkan oleh Borg and Gall. Langkah-langkah dalam mengembangkan silabus menggunakan 4 langkah utama yang meliputi studi pendahuluan, pengembangan produk, uji validasi ahli, dan uji lapangan untuk praktisi. Pada studi pendahuluan, data yang diperlukan adalah ketersediaan silabus yang sudah ada, identifikasi masalah pembelajaran BIPA di Udonthani Vocational College, kebutuhan guru, dan karakteristik siswa Thailand, serta kebutuhan institusi. Teknik pengumpulan data menggunakan berbagai macam teknik seperti studi pustaka, mengkaji dokumen laporan, observasi langsung, dan wawancara guru. Pada bagian pengembangan silabus, menggunakan model Yalden (1987) dan model dari Muliastuti (2017) untuk mengembangkan prinsip-prinsip pengembangan produk. Tahapan dalam mengembangkan silabus meliputi analisis kebutuhan yang sudah dilakukan dalam tahap studi pendahuluan, mendeskripsikan tujuan dari pembelajaran Bahasa Indonesia untuk komunikasi 1, pemilihan tipe silabus, penulisan protosilabus, serta penulisan matrik silabus. Uji validasi ahli dilakukan dengan cara memberikan kuisioner kepada dua validator. Kedua validator dipilih berdasarkan pada pengalaman mereka dalam bidang pembelajaran BIPA. Selanjutnya, uji lapangan hanya dilakukan kepada praktisi. Praktisi dipilih berdasarkan pada pengalaman mereka yang pernah mengajar di Thailand pada tingkat college. Hasil dari uji validasi adalah dalam bentuk verbal data. Simpulan dari verbal data adalah kedua validator setuju bahwa silabus sudah sesuai dan dapat digunakan. Namun, masil perlu dilakukan revisi di beberapa bagian yaitu pada bagian tujuan pembelajaran harus dituliskan tujuan pembelajaran secara keseluruhan. Selain itu, dalam aktivitas pembelajaran, pilihan kata yang berpusat pada guru harus berpusat pada siswa untuk menunjukkan adanya pendekatan komunikatif yang menuntut siswa aktif berpatisipasi di dalam kegiatan pembelajaran. Hasil uji lapangan untuk praktisi dapat disimpulkan bahwa silabus sudah sesuai untuk mereka. Kedua praktisi setuju tidak mempunyai kesulitanvi dalam mengembangkan RPP berdasarkan silabus. Silabus sudah lengkap dan dapat digunakan untuk siswa tingkat college di Thailand.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Jurusan Sastra Indonesia (IND) > S2 Keguruan Bahasa
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 22 Jan 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/58271

Actions (login required)

View Item View Item