Pengembangan materi kepenyiaran radio untuk pembelajaran public speaking / Arya Pramuditta Wardhana - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan materi kepenyiaran radio untuk pembelajaran public speaking / Arya Pramuditta Wardhana

Wardhana, Arya Pramuditta (2017) Pengembangan materi kepenyiaran radio untuk pembelajaran public speaking / Arya Pramuditta Wardhana. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Wardhana Arya Pramuditta. 2017. Pengembangan Materi Kepenyiaran Radio Untuk Pembelajaran Public Speaking. Tesis. Jurusan Keguruan Bahasa Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Dr. Wahyudi Siswanto M. Pd. (2) Prof. Dr. Nurul Murtadho M. Pd. Kata Kunci pengembangan berbicara penyiar radio public speaking Saat ini public speaking sudah tidak asing lagi dikalangan masyarakat Indonesia banyak institusi baik formal maupun non-formal yang mulai mengajarkan bagaimana berbicara di depan banyak orang. Hal ini menunjukkan bahwa masyarakat Indonesia pada khususnya sudah sadar akan pentingnya mempelajari public speaking. Pembelajaran public speaking adalah sama persis dengan proses pembelajaran bidang lain. Oleh karena itu setiap orang mempunyai kesempatan yang sama untuk menjadi seorang public speaker dan hal ini juga dapat menjadi salah satu variasi pembelajaran untuk kemampuan berbicara. Salah satu pembelajaran public speaking adalah melalui materi kepenyiaran radio. Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan produk pengembangan materi kepenyiaran radio untuk pembelajaran Public Speaking serta mendeskripsikan kesesuaian isi bahasa dan penyajian dari produk buku materi kepenyerian radio untuk pembelajaran public speaking. Penelitian ini menggunakan rancangann penelitian dan pengembangan dengan model penelitian yang diadaptasi dari prosedur penelitian Research and Development (R D) oleh Borg dan Gall. Narasumber dalam penelitian ini adalah para penyiar radio di Kota Malang yang telah menekuni bidang kepenyiaran radio selama lebih dari dua tahun. Subjek uji ahli dan uji lapangan dalam penelitian ini adalah ahli materi kepenyiaran radio ahli pembelajaran public speaking dan mahasiswa yang telah menempuh mata kuliah public speaking. Penelitian ini menghasilkan sebuah produk yang berupa buku pembelajaran public speaking melalui penyiar radio. Buku yang dikembangkan terdiri dari lima bab yang masing-masing bab terdapat latihan soal sehingga pebelajar dapat langsung mempelajarinya. Produk tersebut tidak langsung digunakan melainkan melalui validasi ahli terlebih dahulu kemudian uji lapangan serta melalui tahap revisi beberapa aspek aspek tersebut meliputi kelayakan isi materi dan kelayakan bahasa dan penyajian. Buku yang telah dikembangkan dapat dimanfaatkan oleh pebelajar sebagai sarana untuk memudahkan mempelajari public speaking. Hasil pengembangan buku ini dapat dimanfaatkan oleh semua pihak baik pada lingkup formal informal maupun nonformal. Penggunaan buku ini dapat dilakukan secara mandiri tidak hanya dapat dilakukan dalam kegiatan pembelajaran. Bagi masyarakat umum pun dapat menggunakannya sebagai tempat berlatih untuk menjadi seorang penyiar radio atau public speaker. Adanya buku ini diharapkan mampu meningkatkan wawasan mengenai dunia kepenyiaran radio pada khususnya dan dunia broadcasting pada umumnya.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S2 Keguruan Bahasa
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 04 Dec 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/58269

Actions (login required)

View Item View Item