Pengembangan bahan ajar morfologi bahasa Mandarin berbasis sigil / Erfan Mokhamad Wijaya - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan bahan ajar morfologi bahasa Mandarin berbasis sigil / Erfan Mokhamad Wijaya

Wijaya, Erfan Mokhamad (2017) Pengembangan bahan ajar morfologi bahasa Mandarin berbasis sigil / Erfan Mokhamad Wijaya. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Wijaya Erfan Mokhamad. 2017. Pengembangan Bahan Ajar Morfologi Bahasa Mandarin Berbasis Sigil. Keguruan Bahasa. Pascasarjana. Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Roekhan M.Pd. (II) Dr. Sunaryo H. S. S.H. M.Hum. Kata kunci Bahan Ajar Morfologi Mandarin Sigil. Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan bahan ajar morfologi bahasa Mandarin berbasis sigil. Produk yang dikembangkan adalah bahan ajar bersifat offline. Bersifat offline karena bahan ajar ini gratis tanpa harus membayar ataupun menggunakan kuota internet. Bahan ajar morfologi bahasa Mandarin berbasis sigil dibuat dengan isi berupa beberapa materi yang dipelajari dalam matakuliah morfologi bahasa Mandarin yang terdiri dari lima bab yaitu (1) 35821 32032 (Morfem) (2) 35789 26500 36896 30340 26041 24335 (Proses Morfologis) (3) 38468 21152 27861 (Afiksasi) (4) 31616 31216 (Abreviasi) dan (5) 35789 31867 (Kelas Kata). Selain berupa teks di dalam bahan ajar ini juga dilengkapi audio untuk mempermudah mahasiswa dalam memahami materi. Pengembangan bahan ajar dalam penelitian ini menggunakan sigil dalam pembuatannya. Sigil adalah software yang dapat berjalan di multiplatform. Penelitian yang dilakukan peneliti adalah reserach and development (R D). Dalam penelitian ini peneliti menggunakan metode penelitian pengembangan dan model pengembangan produk. Pada metode penelitian pengembangan peneliti mengadaptasi teori Borg Gall (1983) sedangkan model pengembangan produk peneliti mengadaptasi teori milik Lee Owen (2004). Subjek penelitian adalah mahasiswa S1 pendidikan bahasa Mandarin Universitas Negeri Malang angkatan 2015 yang sedang menempuh matakuliah morfologi bahasa Mandarin. Berdasarkan observasi dan analisis kebutuhan menunjukkan bahwa mahasiswa S1 pendidikan bahasa Mandarin membutuhkan bahan ajar pada matakuliah morfologi bahasa Mandarin. hal tersebut adalah dasar untuk pengembangan produk. Setelah dikembangkan dilakukan penilaian produk dengan validasi. Hasil validasi menunjukkan persentase 86% untuk aspek isi 84% untuk aspek bahasa 85% untuk aspek tampilan yang dikategorikan valid dan dapat digunakan tanpa revisi. Untuk uji lapangan dari 20 mahasiswa menunjukkan respon positif yaitu produk ini sangat bermanfaat dan praktis digunakan dalam pembelajaran morfologi bahasa Mandarin. Hal tersebut ditunjukkan dengan persentase 80% untuk aspek isi 80% untuk aspek bahasa 83% untuk aspek tampilan yang dikategorikan sangat tinggi. Jadi dapat disimpulkan bahwa bahan ajar morfologi bahasa Mandarin berbasis sigil dinilai valid dan sesuai sebagai bahan ajar untuk mahasiswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S2 Keguruan Bahasa
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 23 Aug 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/58266

Actions (login required)

View Item View Item