Pengembangan multimedia interaktif untuk pembelajaran teks cerita biografi bagi siswa SMP / Khoiriyah - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan multimedia interaktif untuk pembelajaran teks cerita biografi bagi siswa SMP / Khoiriyah

Khoiriyah (2017) Pengembangan multimedia interaktif untuk pembelajaran teks cerita biografi bagi siswa SMP / Khoiriyah. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Khoiriyah. 2017. Pengembangan Multimedia Interaktif untuk Pembelajaran Teks Cerita Biografi Bagi Kelas VIII Tesis. Jurusan Keguruan Bahasa Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Wahyudi Siswanto M.Pd. (II) Dr. Sunaryo H.S. S.H. M.Hum. Kata Kunci pengembangan multimedia interaktif pembelajaran teks cerita biografi Penelitian dan pengembangan ini didasari atas masih berlakunya pembelajaran konvensional pada bidang studi bahasa Indonesia. Sehingga berdampak tidak tercapainya tujuan belajar secara optimal. Alternatif yang dapat dilakukan untuk mengatasi hal tersebut dengan memanfaatkan teknologi sebagai penunjang pembelajaran. Salah satunya dengan mengembangkan multimedia pembelajaran. Tujuan umum penelitian dan pengembangan ini adalah menghasilkan produk multimedia interaktif untuk pembelajaran teks cerita biografi bagi siswa SMP yang dilengkapi dengan buku petunjuk penggunaan. Adapun tujuan khusus penelitian dan pengembangan ini adalah menghasilkan produk multimedia interaktif untuk pembelajaran teks cerita biografi bagi siswa SMP kelas VIII dan menguji kelayakan produk. Penelitian dan pengembangan ini menggunakan rancangan penelitian research and development (R D). Adapun model R D yang digunakan berdasarkan model prosedural Borg and Gall 1983. Dan model pengembangan Multimedia Development Life Cycle (MDLC) yang dikembangkan oleh Luther (1994). Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian dan pengembangan ini adalah teknik analisis data kualitatif dan teknik analisis kuantitatif. Penelitian dan pengembangan multimedia interaktif pembelajaran ini menggunakan angket sebagai instrumen pengumpulan data. Dari angket tersebut peneliti dapat meyimpulkan tingkat kelayakan produk yang dikembangkan. Penelitian dan pengembangan multimedia interaktif untuk pembelajaran teks cerita biografi bagi siswa SMP ini diperoleh hasil bahwa secara keseluruhan produk multimedia interaktif pembelajaran ini telah layak diimplementasikan setelah dilakukan beberapa perbaikan.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S2 Keguruan Bahasa
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 18 Aug 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/58265

Actions (login required)

View Item View Item