Tindak tutur guru dalam pembelajaran sentra bahan alam TK B Al Fajar Surabaya / Sri Wahyuningsih - Repositori Universitas Negeri Malang

Tindak tutur guru dalam pembelajaran sentra bahan alam TK B Al Fajar Surabaya / Sri Wahyuningsih

Wahyuningsih, Sri (2017) Tindak tutur guru dalam pembelajaran sentra bahan alam TK B Al Fajar Surabaya / Sri Wahyuningsih. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Wahyuningsih Sri. 2017. Tindak Tutur Guru dalam Pembelajaran Sentra Bahan Alam TK B Al Fajar Surabaya. Tesis Jurusan Keguruan Bahasa. Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Dr. Wahyudi Siswanto M.Pd. (2) Prof. Dr. Nurul Murtadho M.Pd. Kata Kunci Pendidikan TK Pembelajaran Bahasa Anak Bentuk Tindak Tutur Guru Fungsi Tindak Tutur Guru Pola Kalimat Dasar Tindak Tutur Guru. Pembelajaran bahasa penting dalam pembelajaran anak usia dini. Pembelajaran bahasa yang menjelaskan pada pendidikan Bahasa Indonesia di dalam pembelajaran anak usia dini. Bahasa Indonesia memiliki peran sebagai bahasa pertama untuk pemerolehan bahasa anak dalam pembelajaran di sekolah. Melalui bahasa seorang guru dapat mengajarkan tindak tutur yang baik dalam penyampaian materi pembelajaran di kelas. Fokus penelitian yang pada tindak tutur guru dalam pembelajaran sentra Bahan Alam siswa TK B. Tindak tutur guru yang baik dan dapat di pahami oleh siswa akan memberi pengaruh terhadap pembelajaran siswa di kelas. Siswa lebih terampil dalam menyelesaikan tugas yang diberikan oleh guru bila dilihat secara kognitif karena siswa paham dengan tindak tutur guru yang disampaikan. Hasil penelitian ini bertujuan menjelaskan (1) bentuk tuturan guru (2) fungsi tindak tutur guru (3) pola kalimat dasar tindak tutur guru dalam pembelajaran sentra Bahan Alam siswa TK B. Selain pembelajaran ilmu pengetahuan siswa juga belajar mengenai pembelajaran bahasa anak di lingkungan sekolah. Teori yang digunakan berupa kajian pragmatik sosiolinguistik pembelajaran di taman kanak-kanak dan pembelajaran pemerolehan bahasa anak melalui penelitian tindak tutur guru di dalam kelas TK B. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan ditinjau dari segi fenomena penggunaan bahasa yang diteliti penelitian ini termasuk penelitian sosiopragmatik dengan teori etnografi komunikasi dan teori tindak tutur. Sumber data penelitian terdiri dari tindak tutur guru TK B Al Fajar Surabaya. Data penelitian yaitu hasil observasi hasil perekaman dan hasil wawancara tindak tutur guru di dalam kelas. Penelitian ini menggunakan analisis data model alur berdasarkan teori Miles dan Huberman (2009 430) menjelaskan analisis data terdiri dari tiga tahap sebagai berikut reduksi penyajian dan kesimpulan atas data yang ditemukan. Hasil analisis data menunjukkan beberapa temuan penelitian yang meliputi tindak tutur guru dalam pembelajaran sentra Bahan Alam siswa TK B AL Fajar Surabaya. Hasil temuan pertama bentuk tindak tutur guru dalam pembelajaran sentra Bahan Alam siswa TK B Al Fajar Surabaya dianalisis melalui dua bentuk kajian teori tindak tutur. Dua bentuk kajian teori tindak tutur terdiri atas (1) kajian teori bentuk tindak tutur secara struktur dan (2) kajian teori bentuk tindak tutur secara makna. Kajian teori bentuk tindak tutur secara struktur terdiri atas deklaratif interogatif dan imperatif. Sedangkan secara makna bentuk tindak tutur guru terdiri atas lokusi ilokusi dan perlokusi. Dari paparan pembahasan temuan data terlihat bahwa bentuk tindak tutur guru secara makna tidak dapat dipisahkan penjelasannya. Maksudnya adalah dalam setiap tuturan guru terdiri dari bentuk lokusi ilokusi dan perlokusi. Semua itu menjadi satu kesatuan dalam pembahasan. Dari analisis data tampak jelas setiap tuturan guru memiliki bentuk yang berbeda sesuai dengan cara penyampaian pada saat tuturan. Kedua fungsi tindak tutur guru dalam pembelajaran sentra Bahan Alam siswa TK B Al Fajar Surabaya terdiri dari fungsi representatif atau asertif direktif ekspresif komisif dan deklarasi. Kelima fungsi teori tindak tutur digunakan dalam analisis data sebagai penjelas makna bentuk tuturan guru. Bentuk dan fungsi dalam tindak tutur guru menjadi satu kesatuan makna yang saling mendukung dalam tindak tutur guru. Ketiga pola kalimat dasar tindak tutur guru dalam pembelajaran sentra Bahan Alam siswa TK B Al Fajar Surabaya. Tindak tutur guru dalam pembelajaran sentra Bahan Alam telah menggunakan enam pola kalimat dasar dalam tuturan guru pada saat pembelajaran sentra Bahan Alam. enam pola kalimat dasar tindak tutur guru terdiri atas (1) S P (2) S P O (3) S P Pel (4) S P K (5) S P O Pel dan (6) S P O K (Alwi dalam Suhaebah Saptarini dan Hastuti 2003 12). Sesuai dengan temuan di atas disarankan kepada kepala sekolah dan guru TK untuk selalu up grade data guru dan profesional kerja terutama dalam bidang bahasa untuk pembelajaran siswa TK. Karena melalui pemerolehan bahasa anak yang baik siswa usia prasekolah lebih cepat memahami pelajaran yang disampaikan. Selain itu disarankan pada peneliti selanjutnya yang memiliki penelitian mengenai kajian pragmatik dan sosiolinguistik dapat menggunakan penelitian ini menjadi acuan tambahan wawasan. Dalam menentukan permasalahan sumber data dan pendekatan yang lebih akurat mengenai penelitian kajian teori pragmatik dan sosiolinguistik.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S2 Keguruan Bahasa
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 18 Aug 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/58264

Actions (login required)

View Item View Item