Text und leseverstehen: kontribusi komponen teks terhadap membaca pemahaman bahasa Jerman generasi Z / Ryan Nuansa Dirga - Repositori Universitas Negeri Malang

Text und leseverstehen: kontribusi komponen teks terhadap membaca pemahaman bahasa Jerman generasi Z / Ryan Nuansa Dirga

Dirga, Ryan Nuansa (2017) Text und leseverstehen: kontribusi komponen teks terhadap membaca pemahaman bahasa Jerman generasi Z / Ryan Nuansa Dirga. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Dirga Ryan Nuansa. 2017. Text und Leseverstehen Kontribusi Komponen Teks terhadap Membaca Pemahaman Bahasa Jerman Generasi Z. Tesis Program Studi Magister Keguruan Bahasa Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Primardiana H. W. M.Pd. (II) Dr. Rizman Usman M.Pd. Kata Kunci teks pemahaman membaca bahasa Jerman generasi Z Penelitian kuantitatif ini bertujuan untuk mengkaji komponen-komponen teks yang berkontribusi serta besar kontribusi masing-masing komponen teks terhadap pemahaman membaca bahasa Jerman. Sumber data pada penelitian ini adalah mahasiswa bahasa Jerman angkatan 2014 di Jurusan Sastra Jerman Universitas Negeri Malang. Data penelitian ini diperoleh menggunakan instrumen pengukuran kemampuan membaca dan wawancara. Instrumen pengukuran kemampuan membaca digunakan untuk memperoleh data tentang penguasaan jenis teks struktur teks topik kosakata tata bahasa serta pemahaman membaca bahasa Jerman sementara wawancara digunakan untuk memperoleh informasi tentang karakteristik kegiatan membaca pembelajar bahasa Jerman generasi Z untuk memperkaya temuan penelitian. Data kuantitatif dianalisis dengan analisis regresi linear berganda sedangkan data kualitatif dianalisis dengan analisis Miles dan Huberman yang dipadukan dengan analisis Spradley. Hasil analisis menunjukkan bahwa kosakata secara parsial memberikan kontribusi signifikan yang paling besar terhadap pemahaman membaca bahasa Jerman. Kemudian secara simultan kelima komponen teks yang diteliti terbukti secara signifikan berkontribusi terhadap pemahaman membaca bahasa Jerman. Besar kontribusi masing-masing komponen teks secara berurutan adalah kosakata sebesar 28 5% struktur teks sebesar 7 6% tata bahasa sebesar 6% topik sebesar 4 9% dan jenis teks sebesar 4 5%. Teks secara keseluruhan memberikan kontribusi sebesar 31 1% terhadap pemahaman membaca bahasa Jerman sedangkan sisanya 68 9% dipengaruhi oleh faktor pembelajar. Pembelajar bahasa Jerman generasi Z memiliki karakteristik membaca yang terdiri dari dua hal yaitu preferensi teks dan kegiatan membaca. Teks yang disukai pembelajar adalah teks yang memiliki tampilan menarik dilengkapi gambar berwarna dan topik teks dekat dengan kehidupan mereka. Selanjutnya dalam kegiatan membaca pembelajar cenderung menyukai membaca secara daring (online) dan hanya membaca bagian-bagian tertentu teks seperti bagian yang penting dan menarik.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S2 Keguruan Bahasa
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 17 Mar 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/58263

Actions (login required)

View Item View Item