Tathbiqu uslubi al-munaqosyah al-fuawiyah as-shughro wan-nudwati litarqiyati maharoti al-kalam lithullabati qismi al-adabi al-Arobiyyi fi Jami'ati Malang al-Hukumiyyah / Karmila Andriana - Repositori Universitas Negeri Malang

Tathbiqu uslubi al-munaqosyah al-fuawiyah as-shughro wan-nudwati litarqiyati maharoti al-kalam lithullabati qismi al-adabi al-Arobiyyi fi Jami'ati Malang al-Hukumiyyah / Karmila Andriana

Andriana, Karmila (2017) Tathbiqu uslubi al-munaqosyah al-fuawiyah as-shughro wan-nudwati litarqiyati maharoti al-kalam lithullabati qismi al-adabi al-Arobiyyi fi Jami'ati Malang al-Hukumiyyah / Karmila Andriana. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Andriana Karmila. 2017. Penerapan Metode Small Group Discussion dan Seminar Untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Mahasiswa Sastra Arab Universitas Negeri Malang. Tesis Jurusan Keguruan Bahasa Arab Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Dr. Imam Asrori M.Pd. dan (2) Dr. Hanik Mahliatussikah M. Hum. Kata kunci Penerapan Metode Small Group Discussion Seminar Keterampilan Berbicara. Berbicara merupakan salah satu dari empat keterampilan berbahasa dan termasuk keterampilan yang penting sebab merupakan keterampilan produksi dan sering digunakan untuk mengukur kesuksesan pengajaran dan pembelajaran bahasa asing yang termasuk di dalamnya bahasa Arab. Sedangkan peneliti menemukan beberapa permasalahan dalam pembelajaran keterampilan berbicara maka metode Small Group Discussion dan Seminar dianggap sebagai metode yang paling efektif untuk mengajarkan keterampilan berbicara dengan keunggulan pemberian lebih banyak waktu kepada mahasiswa untuk mengungkapkan pendapat mereka. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan prosedur dan tingkat efektifitas penerapan metode Small Group Discussion dan Seminar untuk meningkatkan keterampilan berbicara bagai mahasiswa sastra Arab Universitas Negeri Malang. Dan metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas yang pelaksanaanya terdiri dari 4 langkah yaitu perencanaan penerapan observasi dan refleksi.. Peneliti mengumpulkan data kualitatif dan kuantitatif menggunakan data observasi data wawancara soal tes dan angket serta menganalisis data yang dihasilkan dari proses pembelajaran dengan cara membandingkan data yang ada pada siklus 1 2. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan dan setiap pertemuan terdiri dari 90 menit. Kegiatan inti dilakukan dalam 5 tahap yaitu mengamati mempertanyakan mengeksplorasi mengasosiasi mengkomunikasikan. Pada pelaksanaan Pre-Test terdapat beberapa mahasiswa yang belum mencapai standar ketuntasan yang telah ditentukan. Rata-rata nilai mereka 45 dengan predikat cukup baik . Sedangkan pada siklus kedua semua mahasiswa lulus dalam pencapaian standar ketuntasan yang telah ditentukan dalam keterampilan berbicara. Nilai mahasiswa meningkat pada predikat baik sekali dengan rata-rata nilai 81 . Saran-saran Untuk pengajar bahasa Arab hendaknya menerapkan metode Small Group Discussion dan Seminar sebagai metode alternatif dalam pembelajaran bahasa Arab bagi pengajar maharatul kalam hendaknya memperhatikan pemberian waktu yang cukup bagi mahasiswa untuk berbicara bagi seluruh pengajar secara umum hendaknya memberikan motivasi dan menggunakan media pembelajaran dalam proses pembelajaran bagi Prodi Keguruan Bahasa Arab hendaknya mendirikan Self Acces Centre agar mahasiswa memiliki ruang untuk mengembangkan keterampilan berbicara bahasa Arab.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Arab (ARA) > S2 Keguruan Bahasa Arab
Depositing User: library UM
Date Deposited: 21 Feb 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/58262

Actions (login required)

View Item View Item