Developing an English speaking course syllabus for the non-English teachers of Pamerdi Christian School Malang / Mutiara Via Dolorosa - Repositori Universitas Negeri Malang

Developing an English speaking course syllabus for the non-English teachers of Pamerdi Christian School Malang / Mutiara Via Dolorosa

Dolorosa, Mutiara Via (2016) Developing an English speaking course syllabus for the non-English teachers of Pamerdi Christian School Malang / Mutiara Via Dolorosa. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Dolorosa Mutiara Via. 2015. Pengembangan Silabus Kelas Speaking Bahasa Inggris untuk Guru Non-Bahasa Inggris di Sekolah Kristen Pamerdi Malang. Tesis. Program Pascasarjana Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris. Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Johannes A. Prayogo M.Pd. M.Ed. (II) Dr. Arwijati Wahjudi Dip. TESL M.Pd. Kata kunci pengembangan kelas speaking silabus guru non-Bahasa Inggris Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan sebuah silabus bagi guru-guru non-Bahasa Inggris di Sekolah Kristen Pamerdi. Penelitian ini dilakukan untuk menyelesaikan permasalahan yang terjadi di Sekolah Kristen Pamerdi yaitu tidak-adanya silabus di kelas English Speaking Course. Penelitian ini menerapkan prosedur Penelitian dan Pengembangan. Model pengembangan silabus yang digunakan untuk melaksanakan penelitian ini adalah Pengembangan Program Bahasa oleh Yalden (1987). Model ini mencakup beberapa tahap yaitu (1) analisis kebutuhan (2) deskripsi tujuan (3) pemilihan pengembangan tipe silabus (4) pembuatan proto silabus (5) pembuatan silabus pedagogi dan (6) evaluasi yang mencakup validasi dari ahli dan tahap uji coba. Silabus dalam penelitian ini dikembangkan berdasarkan analisis kebutuhan yang dilaksanakan di Sekolah Kristen Pamerdi melibatkan para guru anggota English Speaking Course manajer sekolah para kepala sekolah bidang ahli serta tutor pengajar kelas tersebut. Hal ini dilakukan dengan tujuan untuk memenuhi kebutuhan para pembelajar (anggota kelas English Speaking Course). Silabus ini merupakan silabus fungsional-situasional yang dikembangkan dengan pertimbangan bahwa tipe silabus ini sesuai dengan kebutuhan para pembelajar. Dalam penelitian ini seorang ahli ditunjuk untuk membantu meningkatkan kualitas silabus. Silabus tersebut divalidasi dan diperbaiki kembali sehingga terjamin kualitasnya. Silabus ini memiliki beberapa detail yakni topik kompetensi dasar indikator materi aktivitas kelas alokasi waktu dan sistem penilaian yang dapat digunakan sebagai panduan bagi pengajar kelas dalam membuat rencana pembelajaran English Speaking Course. Silabus ini juga menawarkan sumber pembelajaran dan media untuk masing-masing topik. Silabus ini juga dilengkapi dengan contoh rencana pembelajaran. Tutor yang bersangkutan sangat disarankan menggunakan silabus ini sebagai panduan dalam proses mengajar kelas English Speaking Course. Silabus ini dapat diterapkan pula pada sekolah maupun institusi lain yang memberikan kelas speaking Bahasa Inggris bagi guru-gurunya. Untuk peneliti selanjutnya yang membuat silabus dalam studi mereka direkomendasikan untuk menggunakan tahap-tahap pengembangan silabus dari Yalden sebab langkah pengembangannya cukup sistematis dan efektif serta dapat menggunakan hasil penelitian sebagai bahan referensi.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S2 Keguruan Bahasa
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 12 Jan 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/58256

Actions (login required)

View Item View Item