The effectiveness of stand-up comedy on college students' speaking achievement / Joko Adi Saputro - Repositori Universitas Negeri Malang

The effectiveness of stand-up comedy on college students' speaking achievement / Joko Adi Saputro

Saputro, Joko Adi (2016) The effectiveness of stand-up comedy on college students' speaking achievement / Joko Adi Saputro. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Saputro Joko Adi. 2015. The Effectiveness of Stand-up Comedy on College Students Speaking Achievement. Tesis S2. Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris Pasca Sarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Arwijati W. Murdibjono Dip.TESL M.Pd. (II) Prof. A. Effendi Kadarisman M.A. Ph.D. Kata kunci Stand-up Comedy Kemampuan berbicara mahasiswa Penelitian ini dilakukan guna menginvestigasi keefektifan stand-up comedy dalam meningkatkan kemampuan berbicara mahasiswa dalam pengajaran kelas public speaking pada mahasiswa semester empat jurusan Bahasa dan Sastra Inggris di Universitas Kanjuruhan Malang. Stand-up comedy ditawarkan untuk mengajar speaking khususnya untuk bisa berbicara di depan umum (Monolog) karena pada semester akhir mereka dituntut untuk mempresentasikan skripsi mereka. Pada akhirnya hasil dari penelitian ini diharapkan bisa menjawab rumusan masalah yaitu apakah mahasisiwa bisa mendapatkan kemampuan berbicara lebih bagus setelah diajar dengan menggunakan stand-up comedy. Penelitian ini menggunakan model pre-experimental research design dengan pra-tes dan pasca-tes. Subjek penelitian adalah kelas reguler semester empat jurusan Bahasa dan Sastra Inggris. Terdapat dua puluh siswa pada kelas ini. Ada dua instrumen yang digunakan dalam penelitian ini. Siswa diberikan perlakuan dengan melalui beberapa prosedur antara lain persiapan (menulis jokes) pra-pertunjukan (menerima umpan balik) pertunjukan (berpengalaman pertunjukan langsung). Instrumen yang pertama adalah pra-tes dan pasca-tes yang digunakan untuk mengukur kemampuan berbicara mahasiswa sebelum dan sesudah perlakuan dan instrumen yang kedua adalah kuesioner yang digunakan untuk mengetahui pendapat mahasiswa tentang stand-up comedy agar menguatkan penghitungan statistik. Data dianalisis dengan menggunakan paired-sample t-testyang terdapat pada aplikasi SPSS 16.00 untuk menolak Nul Hypothesis dan menggunakan aplikasi Microsoft Excel untuk menghitung prosentase persepsi mahasiswa terhadap stand-up comedy. Hasil temuan menunjukkan bahwa kemampuan berbicara mahasiswa lebih bagus setelah diajar selama delapan pertemuan dengan stand-up comedy. Rata-rata dari nilai pra-tes adalah 49.91 sedangkan rata-rata dari pasca test adalah 64.35. Ini menunjukkan bahwa nilai dari pasca tes lebih tinggi dari pada nilai pra-tes. Hasil dari paired-sample t-test adalah -16.281. Ini berarti bahwa di bawah 0.05 (95%) yang berarti terdapat perbedaan significan antara nilai pra-tes dan pasca-tes. Selanjutnya Prosentase kesuksesan berdasarkan kuesioner adalah 92%. Ini berarti bahwa mahasiswa senang menggunakan stand-up comedy dalam meningkatkan kemampuan berbicara mereka. Kesimpulannya adalah stand-up comedy efektif untuk mengajar kemampuan berbicara mahasiswa. Terakhir penelitian ini bermanfaat untuk guru atau dosen dan peneliti berikutnya. Namun untuk membuat stand-up comedy lebih memungkinkan dalam pelaksanaannya ada beberapa saran yang disediakan. Untuk guru atau dosen siapkan seluruh materi dengan hati-hati termasuk topik video dan materi untuk membuat lawakan pastikan bahwa anda mengerti setiap langkah-langkah dalam mengajar speaking dan motivasi mahasiswa untuk aktif dalam kegiatan. Untuk peneliti berikutnya disarankan untuk menggunakan desain quasi-experiemental reserach untuk membandingkan stand-up comedy dengan teknik lainnya. Peneliti berikutnya juga bisa memberi tambahan variabel dalam penelitian mereka karena mahasiswa memiliki karakter yang berbeda-beda yang mungkin mempengaruhi kemampuan berbicara mereka.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S2 Keguruan Bahasa
Depositing User: library UM
Date Deposited: 12 Jan 2016 04:29
Last Modified: 13 Jun 2025 02:18
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/58254

Actions (login required)

View Item View Item