Implikatur percakapan dalam wacana iklan bisnis e-commerce / Bambang Prastio - Repositori Universitas Negeri Malang

Implikatur percakapan dalam wacana iklan bisnis e-commerce / Bambang Prastio

Prastio, Bambang (2019) Implikatur percakapan dalam wacana iklan bisnis e-commerce / Bambang Prastio. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

vi ABSTRAK Prastio Bambang. 2019. Implikatur Percakapan dalam Wacana Iklan Bsnis E-commerce. Tesis. Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Abd. Syukur Ibrahim (II) Dr. Gatut Susanto M.M. M.Pd. Kata kunci implikatur percakapan iklan e-commerce. Penelitian ini mengkaji implikatur percakapan dalam wacana iklan bisnis e-commerce. Tujuan penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan wujud verbal implikatur percakapan dalam wacana iklan bisnis e-commerce (2) mendeskripsikan fungsi wujud verbal dalam wacana iklan bisnis e-commerce (3) mendeskripsikan strategi penyampaian wujud verbal dan fungsi wujud verbal dalam wacana iklan bisnis e-commerce. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Data dalam penelitian berupa tuturan yang mengandung implikatur percakapan yang diunduh melalui youtube. Kemudian data ditranskrip dalam bentuk tulisan beserta konteksnya dilihat dari wujud verbal fungsi wujud verbal dan strategi penyampaian wujud dan fungsi wujud verbal. Peneliti dipandu pedoman instrumen pengambilan data dan pedoman instrumen analisis data untuk menjaga keabsahan data. Sumber data data dalam penelitian diproleh dari tuturan yang terdapat dalam wacana iklan bisnis e-commerce. Hasil penelitian ini menemukan empat puluh lima data yang terdiri dari tiga subfokus yang unity. Pertama wujud verbal dalam wacana iklan bisnis memiliki tiga wujud dengan pola tertentu (1) wujud verbal deklaratif ditemukan dua puluh enam data yang terdiri dari pola pertentangan penjelasan dan sebab (2) wujud verbal interogatif ditemukan ada enam belas data yang terdiri dari pola pemberian dua alternatif jawaban menggunakan konjungsi tetapi menanyakan keberadaan dan alasan dan (3) wujud verbal imperatif ditemukan tiga data yang masing-masing terdiri dari pola keterangan sebab tuturan berkarakter dan aktivitas. Kedua fungsi wujud verbal deklaratif interogatif dan imperatif ditemukan dalam penelittian ini yang memiliki pola (1) fungsi wujud verbal deklaratif yang terdiri dari dua puluh enam data dan berpola mengajak menyuruh meminta menolak melarang dan menginformasikan fakta (2) fungsi wujud verbal interogatif yang terdiri dari enam belas data dan berpola menyuruh meminta melarang menolak dan menyarankan dan (3) fungsi wujud verbal imperatif yang terdiri dari tiga data dan berpola menyuruh dan menolak. Ketiga strategi penyampaian wujud dan fungsi wujud verbal deklaratif interogatif dan imperatif ditemukan dalam penelitian ini yang terdiri dari (1) strategi penyampaian wujud dan fungsi wujud verbal deklaratif ada dua puluh enam data yang terdiri dari pola mengubah raut wajah menyampaikan kondisi menyampaikan keunggulan menyampaikan alasan membuat janji dan mengeluh (2) strategi penyampaian wujud dan fungsi wujud verbal interogatif ada enam belas data yang terdiri dari pola meminta konfirmasi bertanya berulang-ulang mengajak berpikir dan menanyakan barang (3) strategi penyampaian wujud dan fungsi wujud verbal imperatif ada tiga data yang terdiri dari pola menyampaikan resiko menyampaikan masukan dan menyampaikan janji. Implikatur percakapan dalam wacana iklan bisnis e-commerce bersifat persuasif atau mempengaruhi lawan bicara agar tertarik untuk menggunakan jasa mereka.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S2 Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 09 May 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/58246

Actions (login required)

View Item View Item