Tuturan motivatif guru dalam pembelajaran bahasa Indonesia di kelas X SMA Katolik Diponegoro Blitar / Fransisca Dike Desintya Dipta Sasmaya - Repositori Universitas Negeri Malang

Tuturan motivatif guru dalam pembelajaran bahasa Indonesia di kelas X SMA Katolik Diponegoro Blitar / Fransisca Dike Desintya Dipta Sasmaya

Sasmaya, Fransisca Dike Desintya Dipta (2019) Tuturan motivatif guru dalam pembelajaran bahasa Indonesia di kelas X SMA Katolik Diponegoro Blitar / Fransisca Dike Desintya Dipta Sasmaya. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Sasmaya Fransisca Dike Desintya Dipta. 2019. Tuturan Motivatif Guru dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di Kelas X SMA Katolik Diponegoro Blitar. Tesis. Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Dr. Imam Suyitno M.Pd. (2) Dr. Sunoto M.Pd. Kata kunci tuturan guru motivasi bentuk tuturan strategi tuturan fungsi tuturan. Komunikasi dengan menggunakan bahasa memungkinkan manusia untuk saling berhubungan saling belajar dan saling mengungkapkan segala sesuatu yang ingin dikemukakannya. Ketika berkomunikasi dan berinteraksi dengan orang lain manusia tidak akan pernah lepas dari penggunaan tiga komponen penting dalam pertuturan yakni pihak yang berkomunikasi (penutur dan mitra tutur) informasi yang dikemukakan (pesan) dan alat komunikasi (bahasa) dengan maksud dan tujuan tertentu. Salah satu peristiwa berbahasa yang menarik dikaji adalah peristiwa berbahasa guru kepada peserta didik dalam pembelajaran di kelas. Guru sangat berperan dalam membantu perkembangan peserta didik untuk mewujudkan tujuan hidupnya secara optimal. Dalam pembelajaran guru tidak semata-mata hanya menugasi peserta didik untuk mendalami materi pembelajaran saja melainkan guru juga harus memberikan motivasi kepada peserta didik pada saat pembelajaran berlangsung untuk mendorong semangat belajar dan mencapai prestasi belajarnya. Tuturan motivatif guru dalam penelitian ini akan dianalisis berdasarkan bentuk strategi dan fungsinya. SMA Katolik Diponegoro Blitar ditetapkan sebagai objek penelitian ini karena berdasarkan hasil observasi awal telah ditemukan beberapa guru yang secara aktif memberikan tuturan motivasi kepada peserta didik dalam proses pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian lapangan. Sumber data dalam penelitian ini berupa wacana kelas yang merujuk pada guru bahasa Indonesia yang diambil dalam bentuk rekaman video. Data berupa verbal tuturan yang telah ditranskripkan oleh peneliti. Pengambilan data dilakukan dengan teknik observasi dan wawancara. Teknik observasi dilakukan bersamaan dengan proses perekaman. Analisis dilakukan dengan (1) reduksi data (2) penyajian data dan (3) kesimpulan. Pengecekan keabsahan temuan data dilakukan dengan cara meningkatkan ketekunan dan ketelitian dalam pengamatan yang diawali dengan membaca referensi-referensi buku maupun hasil penelitian/dokumentasi yang terkait dengan temuan yang diteliti kemudian dilanjutkan dengan melakukan pengamatan dan ketelitian secara mendalam terhadap data yang telah ditemukan. Hasil penelitian ini berupa deskripsi tentang bentuk strategi dan fungsi tuturan motivatif guru dalam pembelajaran bahasa Indonesia di kelas X SMA Katolik Diponegoro Blitar. Berdasarkan hasil penelitian tersebut diperoleh tiga hal. Pertama bentuk tuturan motivatif guru dalam pembelajaran bahasa Indonesia di kelas X SMA Katolik Diponegoro Blitar diklasifikasikan menjadi 5 tuturan dengan masing-masing kategori bentuknya yaitu (1) tuturan representatif/asertif dengan motivasi berbentuk pernyataan tuntutan dan penjelasan (2) tuturan komisif dengan motivasi berbentuk ancaman (3) tuturan direktif dengan motivasi berbentuk perintah ajakan dan saran (4) tuturan ekspresif dengan motivasi berbentuk pujian dan (5) tuturan deklaratif dengan motivasi berbentuk larangan. Kedua strategi tuturan motivatif guru dalam pembelajaran bahasa Indonesia di kelas X SMA Katolik Diponegoro Blitar terbagi menjadi 2 yakni strategi tuturan langsung dan strategi tuturan tidak langsung dengan masing-masing kategorinya. Strategi tuturan langsung terdiri atas strategi tuturan motivasi langsung dengan modus memerintah memuji melarang menuntut memberikan contoh cerita inspiratif mengajak memberikan solusi memberikan nasihat menyarankan dan mengancam sedangkan strategi tuturan tidak langsung terdiri atas strategi tuturan motivasi tidak langsung dengan modus memberikan penjelasan memberikan dukungan memberikan contoh bertanya dan mengancam. Ketiga fungsi tuturan motivatif guru dalam pembelajaran bahasa Indonesia di kelas X SMA Katolik Diponegoro Blitar terbagi menjadi 3 yakni (1) fungsi tukar-menukar informasi faktual (2) fungsi tukar-menukar emosi (3) fungsi meyakinkan atau memengaruhi. Saran penelitian ini ditujukan kepada guru peserta didik dan peneliti lain. Pertama guru disarankan untuk selalu memberikan motivasi kepada peserta didik khususnya dalam hal belajar lebih agar lebih ditekankan kembali. Hal ini berguna untuk menunjang baik nilai maupun sikap peserta didik dalam mengikuti pembelajaran di sekolah. Tidak hanya di sekolah saja guru dapat memberikan motivasi dalam lingkup sosial yang diharapkan dapat menjadikan peserta didik seseorang yang memiliki pemikiran dewasa memiliki tingkat kemandirian yang baik dan memiliki wawasan luas untuk meraih kesuksesan. Kedua peserta didik disarankan untuk dapat mengambil mencermati dan memahami setiap tuturan yang dituturkan oleh guru baik pada saat pembelajaran berlangsung maupun di luar jam belajar (masih di area sekolah). Selain itu peserta didik juga harus bisa mengambil dan meresapi makna atau maksud dari tuturan guru tersebut. Peserta didik juga harus bisa memilah dan memilih maksud tuturan guru yang bagaimana yang akan ia lakukan demi meningkatkan kualitas pribadinya. Dengan begitu peserta didik akan terbiasa dan terlatih/termotivasi untuk menjadi pribadi yang lebih baik di kemudian hari. Ketiga peneliti lain disarankan untuk melakukan penelitian lanjutan terkait dengan respon peserta didik saat guru memberikan motivasi pada saat pembelajaran di kelas. Selain itu peneliti lain juga dapat lebih mengembangkan topik-topik secara lebih rinci dengan menguraikan sifat-sifat tuturan motivatif guru dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S2 Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: library UM
Date Deposited: 08 Mar 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/58243

Actions (login required)

View Item View Item