Hubungan kemampuan bernalar dengan kemampuan menyimak kritis debat siswa kelas X SMK negeri 4 Batam / Firda Ariani

Ariani, Firda (2019) Hubungan kemampuan bernalar dengan kemampuan menyimak kritis debat siswa kelas X SMK negeri 4 Batam / Firda Ariani. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

v RINGKASAN Ariani, Firda. 2018. Hubungan Kemampuan Bernalar dengan Kemampuan Menyimak Kritis Debat Siswa Kelas X SMK Negeri 4 Batam. Tesis, Jurusan Pendidikan Bahasa Indonesia, Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Prof. Dr. Dawud, M.Pd., (2) Dr. Imam Agus Basuki, M.Pd. Kata kunci: kemampuan bernalar, kemampuan menyimak kritis, debat, siswa SMK Pada menyimak kritis debat, seorang penyimak diharuskan memiliki kemampuan untuk menginterpretasi, menganalisis, mengevaluasi, menginferensi, mengeksplanasi, dan meregulasi diri dari debat yang telah disimak. Kemampuan bernalar dapat menjadi faktor penentu kemampuan menyimak kritis debat karena dalam menyimak kritis debat dibutuhkan kemampuan bernalar yang baik untuk menarik simpulan debat. Penelitian hubungan kemampuan bernalar dengan kemampuan menyimak kritis perlu dilakukan. Hal ini dimaksudkan agar muncul variabel yang dapat mendukung kemampuan menyimak kritis, khususnya menyimak kritis debat pada siswa SMK. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X SMK Negeri 4 Batam yang masih aktif bersekolah tahun pelajaran 2018/2019. Jumlah keseluruhan siswa kelas X SMK Negeri 4 Batam adalah 437 siswa. Sampel penelitian adalah 30% dari populasi penelitian, yaitu 130 siswa. Secara umum, simpulan penelitian ini adalah terdapat hubungan positif yang signifikan antara kemampuan bernalar dan kemampuan menyimak kritis debat siswa kelas X SMK Negeri 4 Batam. Secara khusus, simpulan penelitian ini berkaitan dengan unsur-unsur kemampuan menyimak kritis debat siswa. Pertama, terdapat hubungan positif yang signifikan antara kemampuan bernalar dan kemampuan menginterpretasi debat yang telah disimak pada siswa kelas X SMK Negeri 4 Batam. Kedua, terdapat hubungan positif yang signifikan antara kemampuan bernalar dan kemampuan menganalisis debat yang telah disimak pada siswa kelas X SMK Negeri 4 Batam. Ketiga, terdapat hubungan positif yang tidak signifikan antara kemampuan bernalar dan kemampuan mengevaluasi debat yang telah disimak pada siswa kelas X SMK Negeri 4 Batam. Keempat, terdapat hubungan positif yang signifikan antara kemampuan bernalar dan kemampuan menginferensi debat yang telah disimak pada siswa kelas X SMK Negeri 4 Batam. Kelima, terdapat hubungan positif yang signifikan antara kemampuan bernalar dan kemampuan mengeksplanasi debat yang telah disimak pada siswa kelas X SMK Negeri 4 Batam. Keenam, terdapat hubungan positif yang tidak signifikan antara kemampuan bernalar dan kemampuan meregulasi diri dari debat yang telah disimak pada siswa kelas X SMK Negeri 4 Batam. Guru Bahasa Indonesia di SMK hendaknya melatih kemampuan bernalar siswa agar kemampuan menyimak kritis debat siswa secara menyeluruh menjadi baik. Siswa SMK juga perlu melakukan latihan diri dalam bernalar dan menyimak kritis debat, karena kedua hal tersebut tidak hanya berguna bagi pembelajaran di sekolah, vi namun juga untuk pengambilan keputusan persoalan di kehidupan sehari-hari. Peneliti lain dapat melaksanakan penelitian lanjutan yang berkaitan dengan faktor pendukung lain dalam menyimak kritis.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Jurusan Sastra Indonesia (IND) > S2 Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 25 Jan 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/58242

Actions (login required)

View Item View Item