Ariani, Firda (2019) Hubungan kemampuan bernalar dengan kemampuan menyimak kritis debat siswa kelas X SMK negeri 4 Batam / Firda Ariani. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
v RINGKASAN Ariani Firda. 2018. Hubungan Kemampuan Bernalar dengan Kemampuan Menyimak Kritis Debat Siswa Kelas X SMK Negeri 4 Batam. Tesis Jurusan Pendidikan Bahasa Indonesia Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Dr. Dawud M.Pd. (2) Dr. Imam Agus Basuki M.Pd. Kata kunci kemampuan bernalar kemampuan menyimak kritis debat siswa SMK Pada menyimak kritis debat seorang penyimak diharuskan memiliki kemampuan untuk menginterpretasi menganalisis mengevaluasi menginferensi mengeksplanasi dan meregulasi diri dari debat yang telah disimak. Kemampuan bernalar dapat menjadi faktor penentu kemampuan menyimak kritis debat karena dalam menyimak kritis debat dibutuhkan kemampuan bernalar yang baik untuk menarik simpulan debat. Penelitian hubungan kemampuan bernalar dengan kemampuan menyimak kritis perlu dilakukan. Hal ini dimaksudkan agar muncul variabel yang dapat mendukung kemampuan menyimak kritis khususnya menyimak kritis debat pada siswa SMK. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X SMK Negeri 4 Batam yang masih aktif bersekolah tahun pelajaran 2018/2019. Jumlah keseluruhan siswa kelas X SMK Negeri 4 Batam adalah 437 siswa. Sampel penelitian adalah 30% dari populasi penelitian yaitu 130 siswa. Secara umum simpulan penelitian ini adalah terdapat hubungan positif yang signifikan antara kemampuan bernalar dan kemampuan menyimak kritis debat siswa kelas X SMK Negeri 4 Batam. Secara khusus simpulan penelitian ini berkaitan dengan unsur-unsur kemampuan menyimak kritis debat siswa. Pertama terdapat hubungan positif yang signifikan antara kemampuan bernalar dan kemampuan menginterpretasi debat yang telah disimak pada siswa kelas X SMK Negeri 4 Batam. Kedua terdapat hubungan positif yang signifikan antara kemampuan bernalar dan kemampuan menganalisis debat yang telah disimak pada siswa kelas X SMK Negeri 4 Batam. Ketiga terdapat hubungan positif yang tidak signifikan antara kemampuan bernalar dan kemampuan mengevaluasi debat yang telah disimak pada siswa kelas X SMK Negeri 4 Batam. Keempat terdapat hubungan positif yang signifikan antara kemampuan bernalar dan kemampuan menginferensi debat yang telah disimak pada siswa kelas X SMK Negeri 4 Batam. Kelima terdapat hubungan positif yang signifikan antara kemampuan bernalar dan kemampuan mengeksplanasi debat yang telah disimak pada siswa kelas X SMK Negeri 4 Batam. Keenam terdapat hubungan positif yang tidak signifikan antara kemampuan bernalar dan kemampuan meregulasi diri dari debat yang telah disimak pada siswa kelas X SMK Negeri 4 Batam. Guru Bahasa Indonesia di SMK hendaknya melatih kemampuan bernalar siswa agar kemampuan menyimak kritis debat siswa secara menyeluruh menjadi baik. Siswa SMK juga perlu melakukan latihan diri dalam bernalar dan menyimak kritis debat karena kedua hal tersebut tidak hanya berguna bagi pembelajaran di sekolah vi namun juga untuk pengambilan keputusan persoalan di kehidupan sehari-hari. Peneliti lain dapat melaksanakan penelitian lanjutan yang berkaitan dengan faktor pendukung lain dalam menyimak kritis.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S2 Pendidikan Bahasa Indonesia |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 25 Jan 2019 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2019 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/58242 |
Actions (login required)
View Item |