Pengembangan bahan ajar menulis cerpen bermuatan nilai-nilai kenabian dengan strategi pembelajaran berbasis teks dan proyek untuk siswa MTs kelas VII / Rahma Anugraheny

Anugraheny, Rahma (2019) Pengembangan bahan ajar menulis cerpen bermuatan nilai-nilai kenabian dengan strategi pembelajaran berbasis teks dan proyek untuk siswa MTs kelas VII / Rahma Anugraheny. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Anugraheny, Rahma. 2018. Pengembangan Bahan Ajar Menulis Cerpen Bermuatan Nilai-nilai Kenabian dengan Strategi Pembelajaran Berbasis Teks dan Proyek untuk Siswa Mts Kelas VII. Tesis, Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia, Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Dr.Muakibatul Hasanah,. M.Pd., (2) Prof. Dr. Wahyudi Siswanto,. M.Pd. Kata Kunci: Bahan ajar, cerpen, nilai-nilai kenabian, pembelajaran berbasis teks, pembelajaran berbasis proyek Bahan ajar menulis merupakan alat bantu yang sangat digunakan guru dan peserta didik dalam pembelajaran. Menulis merupakan pembelajaran yang menuntut kreativitas tinggi. Menulis tidak hanya sekadar menuangkan ide dan pengalaman ke dalam bentuk tulisan, tetapi yang terpenting ialah bagaimana tulisan itu dapat dipahami dan bermakna bagi pembaca. Bermakna bukan hanya pada keberhasilan pencapaian kompetensi yang ingin dikuasai, tetapi juga terdapat pada perubahan sikap peserta didik. Nilai-nilai kenabian dapat diintegrasikan dalam pembelajaran menulis cerpen diharapkan dapat menjadi dorongan perubahan karakter yang bisa diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari. Berdasarkan hal tersebut, penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk bahan ajar dan menguji validitas, sistematika, kekomunikatifan, dan kemenarikan bahan ajar menulis cerpen bermuatan nilai-nilai kenabian melalui pembelajaran berbasis teks dan proyek. Penelitian ini dilakukan dengan mengadaptasi model pengembangan Borg dan Gall yang terdiri dari sepuluh menjadi tujuh langkah, yaitu (1) penelitian dan pengumpulan informasi, (2) perencanaan penelitian, (3) pengem bangan produk awal (prototipe), (4) uji coba lapangan awal, (5) revisi produk awal, (6) uji coba lapangan, (7) revisi produk akhir. Teknik analisis data yang digunakan ialah paired sampled t-test, sedangkan normalitas data dilakukan menggunakan uji statistik one-simple kolmogorof-smirnov test. Data didapat dari uji coba lapangan dengan menggunakan desain praeksperimen One-Group Pretest-Postest Design. Produk yang dikembangkan berupa bahan ajar menulis cerpen. Pengembangan ini menghasilkan dua buku, yaitu buku siswa dan guru. Bahan ajar menulis cerpen bermuatan nilai-nilai kenabian ini disusun atas dua bab, yaitu bab I mengenal teladan nabi melalui cerita pendek yang terdiri atas (1) mengenali sikap teladan nabi, (2) mengidentifikasi unsur-unsur instrinsik dan ciri kebahasaan cerpen, (3) menemukan nilai-nilai kenabian dalam teks cerpen, dan (4) menyusun cerita, sedangkan bab II menulis kreatif cerpen nilai-nilai kenabian yang terdiri atas (1) menemukan ide menulis cerpen, dan (2) mengembangkan unsur-unsur pembangun cerpen. Pada setiap bab tersusun atas empat bagian, yaitu (1) apersepsi, (2) inti pembelajaran, (3) rangkuman, dan (4) refleksi. Bahan ajar yang dikembangkan telah melalui uji kelayakan, uji keterbacaan, dan uji keefektifan. Pertama, hasil uji kelayakan produk diperoleh dari ahli bahan ajar sebesar 78,84%, ahli pembelajaran menulis sebesar 75,97%, ahli bidang agama sebesar 85,71%, dan praktisi sebesar 100%. Berdasarkan hasil tersebut, nilai rata- rata yang diperoleh untuk uji kelayakan produk adalah sebesar 85,13%. Dengan demikian, bahan ajar yang dikembangkan layak diimplementasikan. Kedua, hasil uji keterbacaan diperoleh nilai rata-rata 63,63% yang diperoleh dari tiga jenis cerpen yang berbeda. Dengan demikian, nilai tersebut termasuk bacaan yang berkategori intruksional atau sedang. Ketiga, hasil uji keefektifan diketahui bahwa nilai t = 7,191 dengan probabilitas 0,000 yang berarti <0,05. Rata-rata (mean) postest didapat 81,0800 dengan SD 6,36344 lebih tinggi daripada nilai rata-rata pretest 71,2000 dengan SD 3,84057. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan pada kemampuan menulis cerpen sebelum dan sesudah menggunakan bahan ajar. Oleh karena itu, bahan ajar yang dikembangkan efektif untuk diimplementasikan. Bahan ajar yang dikembangkan dapat digunakan oleh peserta didik dan guru sebagai buku pendamping dari buku pokok yang telah tersedia di sekolah. Bahan ajar berguna untuk membantu peserta didik menulis cerpen dengan mudah dan dapat belajar mandiri, sedangkan guru dapat menggunakannya sebagai referensi tambahan dalam pembelajaran cerpen (materi, contoh, dan latihan), serta membantu mengarahkan aktivitas dalam pembelajaran. Bahan ajar yang dikembangkan ini dapat dimanfaatkan oleh pendidik dan peserta didik agar dapat diaplikasikan, diimplementasikan, dan dikembangkan. Oleh karena itu, perlu adanya (1) pemanfaatan produk, (2) diseminasi produk, dan (3) pengembangan produk lebih lanjut.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Jurusan Sastra Indonesia (IND) > S2 Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 09 Jan 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/58241

Actions (login required)

View Item View Item