Zainal, Annisa (2019) Pengembangan instrumen asesmen berbasis keterampilan berpikir tingkat tinggi dengan memanfaatkan kumpulan prosa Filosofi Kopi / Annisa Zainal. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
RINGKASAN Zainal Annisa. 2018. Pengembangan Instrumen Asesmen Berbasis Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi dengan Memanfaatkan Kumpulan Prosa Filosofi Kopi . Tesis Prodi Pendidikan Bahasa Indonesia Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Endah Tri Priyatni M.Pd. dan (II) Dr. Nita Widiati M.Pd. Kata Kunci instrumen asesmen keterampilan berpikir tingkat tinggi kumpulan prosa Perkembangan ilmu pengetahuan menuntut siswa lebih terampil kritis kreatif dan inovatif dalam berpikir. Keterampilan berpikir tingkat tinggi merupakan salah satu keterampilan berpikir yang perlu dimiliki oleh siswa untuk menjawab tantangan abad 21. Keterampilan berpikir tersebut perlu diterapkan oleh siswa sebagai dasar untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia yang sesuai dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Untuk mengetahui tingkat kompetensi siswa dibutuhkan instrumen asesmen. Berdasarkan wawancara dan angket siswa diperoleh informasi bahwa (1) asesmen membaca teks fiksi yang digunakan di sekolah masih mengacu pada asesmen yang diperoleh dari MGMP dan LKS (2) asesmen membaca teks fiksi di LKS masih terbatas pada pertanyaan unsur instrinsik (3) asesmen yang digunakan di sekolah belum mengakomodasi keterampilan siswa dalam membaca teks fiksi secara utuh dan (4) soal-soal berbasis HOTS yang terdapat pada buku pengayaan dan LKS masih tergolong kurang. Oleh karena itu pengembangan instrumen asesmen berbasis keterampilan berpikir tingkat tinggi dengan memanfaatkan teks fiksi perlu dilakukan. Penelitian dan pengembangan ini memiliki dua tujuan. Dua tujuan tersebut yaitu (1) menghasilkan buku instrumen asesmen berbasis keterampilan berpikir tingkat tinggi dengan memanfaatkan kumpulan prosa Filosofi Kopi untuk siswa yang valid reliabel dan memiliki tingkat keterbacaan dan kepraktisan yang layak dan dapat diimplementasikan dan (2) buku panduan penggunaan instrumen asesmen berbasis keterampilan berpikir tingkat tinggi dengan memanfaatkan kumpulan prosa Filosofi Kopi untuk guru yang valid reliabel dan memiliki tingkat keterbacaan dan kepraktisan yang layak dan dapat diimplementasikan. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model pengembangan asesmen O Malley Pierce. Prosedur penelitian dan pengembangan yang dilakukan meliputi (1) penentuan tujuan asesmen (2) penyusunan spesifikasi produk (3) pengembangan asesmen (4) pengumpulan contoh asesmen (5) pengujicobaan asesmen dan (6) peninjauan kembali asesmen atau dalam hal ini yang dilakukan peneliti adalah perbaikan asesmen. Uji produk ini melibatkan empat subjek uji yaitu (1) ahli ketermapilan membaca sastra (2) ahli instrumen asesmen pembelajaran sastra (3) praktisi dan (4) siswa. Uji produk dilakukan untuk mengetahui tingkat validitas reliabilitas dan keterbacaan dan kepraktisan produk. Data hasil uji produk terdiri atas dua jenis data yaitu data nonverbal dan verbal. Data nonverbal berupa skor yang didapatkan dari kegiatan uji validitas reliabilitas dan keterbacaan dan kepraktisan produk. Data verbal berupa catatan yang berupa komentar dan saran dari uji kelompok ahli dan siswa. Teknik analisis data dilakukan dengan analisis data kualitatif dan kuantitatif. Teknik analisis data kualitatif digunakan untuk menganalisis data verbal yang diperoleh saat wawancara dan catatan yang berupa komentar dan saran yang ditulis saat uji produk. Teknik analisis data kuantitatif digunakan untuk menganalisis data nonverbal berupa skor yang diperoleh dari angket uji produk. Produk yang dikembangkan dalam penelitian dan pengembangan ini berupa instrumen asesmen yang berbentuk buku cetak. Produk instrumen asesmen tersebut dilengkapi dengan buku panduan untuk guru. Isi produk ini dikembangkan dengan memperhatikan konsep HOTS (Higher Order Thinking Skill) atau keterampilan berpikir tingkat tinggi untuk mengukur keterampilan membaca siswa dalam bidang sastra khususnya cerpen. Penyusunan soal tersebut didasarkan pada level kompetensi yang sesuai dengan konsep taksonomi berpikir tingkat tinggi. Isi produk instrumen asesmen ini terdiri atas empat unit yaitu (1) Filosofi Kopi (2) Salju Gurun (3) Lara Lana dan (4) Jembatan Zaman. Nama setiap unit tersebut disesuaikan dengan judul cerpen yang dipilih sebagai bahan bacaan dari kumpulan prosa Filosofi Kopi karya Dewi Lestari. Keempat judul tersebut dipilih sesuai dengan kriteria yang sudah ditentukan sebelumnya. Berdasarkan hasil uji pada ahli membaca bidang sastra didapatkan hasil bahwa penilaian untuk buku siswa adalah 84 37% (valid) dan untuk buku guru adalah 83 33% (valid). Hasil uji dari ahli instrumen asesmen pembelajaran sastra untuk buku siswa adalah 93 58% (sangat valid) dan untuk guru adalah 86 67% (sangat valid). Hasil uji dari praktisi untuk buku panduan adalah 95 83% (sangat valid). Hasil uji dari siswa untuk produk instrumen asesmen adalah 79 6% (valid). Uji reliabilitas dilakukan dengan menggunakan Cronbach s Alpha pada program SPSS 20. Dasar pengambilan keputusan adalah apabila koefisien reliabilitas yang diperoleh lebih besar dari 0 600 ( 0 600) dapat dikatakan bahwa produk instrumen asesmen sudah reliabel. Berdasarkan hasil uji reliabilitas instrumen asesmen unit 1 mendapatkan koefisien reliabilitas 0 931 (reliabel) unit 2 mendapatkan koefisien reliabilitas 0 978 (reliabel) unit 3 mendapatkan koefisien reliabilitas 0 992 (reliabel) dan unit 4 mendapatkan koefisien reliabilitas 0 959 (reliabel). Simpulan penelitian dan pengembangan ini dibedakan menjadi dua. Pertama berdasarkan hasil uji validitas disimpulkan bahwa produk instrumen asesmen berbasis HOTS beserta buku panduan tersebut sangat valid dan dapat diimplementasikan dalam pembelajaran membaca sastra atau kegiatan literasi membaca teks fiksi. Kedua berdasarkan hasil uji reliabilitas dapat disimpulkan bahwa produk instrumen asesmen berbasis HOTS tersebut dikatakan reliabel dan dapat diimplementasikan pada pembelajaran membaca sastra atau kegiatan literasi membaca teks fiksi. Saran pemanfaatan produk ditujukan kepada guru siswa dan peneliti selanjutnya. Guru dapat memanfaatkan produk ini sebagai bahan tambahan materi pada pembelajaran membaca sastra maupun kegiatan literasi membaca. Produk ini juga dapat dimanfaatkan sebagai buku model untuk mengembangkan soal HOTS serupa. Siswa dapat memanfaatkan produk instrumen asesmen ini sebagai buku latihan agar lebih terlatih dan terampil berpikir kritis dan kreatif dalam mengerjakan soal. Peneliti selanjutnya dapat memanfaatkan produk ini sebagai bahan tambahan rujukan atau bandingan untuk mengembangkan produk instrumen asesmen serupa yang lebih menarik dan inovatif serta dapat melatih siswa untuk lebih dapat berpikir kritis dan kreatif.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S2 Pendidikan Bahasa Indonesia |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 07 Jan 2019 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2019 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/58240 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |