Pengaruh penggunaan video laporan peristiwa terhadap kemampuan menulis teks eksplanasi siswa kelas XI SMK Islam 1 Blitar / Faizatul Hanafiyah

Hanafiyah, Faizatul (2019) Pengaruh penggunaan video laporan peristiwa terhadap kemampuan menulis teks eksplanasi siswa kelas XI SMK Islam 1 Blitar / Faizatul Hanafiyah. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

vi RINGKASAN Hanafiyah, Faizatul. 2018. Pengaruh Penggunaan Video Laporan Peristiwa terhadap Kemampuan Menulis Teks Eksplanasi Siswa Kelas XI SMK Islam 1 Blitar. Tesis, Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia, Pascasarjana, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Prof. Dr. Dawud, M.Pd., (II) Dr. Kusubakti Andajani, M.Pd. Kata kunci: video laporan peristiwa, kemampuan menulis, teks eksplanasi Media yang sesuai dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi sangat diperlukan dalam mencapai tujuan pembelajaran. Salah satu media pembelajaran yang sesuai dengan perkembangan zaman adalah video. Informasi tentang peristiwa yang terjadi dapat langsung diketahui dengan memanfaatkan laporan peristiwa atau berita di internet secara audiovisual. Laporan peristiwa berisi laporan tentang peristiwa yang terjadi secara objektif mengenai keadaan yang sebenarnya tanpa dipengaruhi oleh pendapat atau pandangan pribadi orang yang melaporkan. Jika dikaitkan dengan pembelajaran bahasa, video laporan dapat digunakan sebagai rangsangan siswa dalam menulis. Video laporan peristiwa memuat rangkaian peristiwa dari awal hingga akhir. Hal ini sejalan dengan konsep teks eksplanasi yang menjelaskan kejadian secara kronologis dan memuat hubungan kausalitas. Berdasarkan pengamatan yang dilakukan di SMK Islam 1 Blitar, siswa cenderung mengalami kesulitan dalam menulis teks eksplanasi. Oleh karena itu, dibutuhkan media pembelajaran yang dapat memudahkan siswa menuangkan gagasan dalam bentuk tulisan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan video laporan peristiwa terhadap kemampuan menulis teks eksplanasi siswa kelas XI SMK Islam 1 Blitar berdasarkan tiga indikator, yakni (1) kemampuan menjelaskan latar belakang peristiwa, (2) kemampuan merinci proses kejadian, dan (3) kemampuan menyusun tanggapan logis. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kuantitatif dan rancangan penelitian eksperimen semu atau quasi eksperimntal. Desain penelitian yang digunakan adalah desain pretest-posttest control group. Data penelitian ini berupa skor prates dan pascates pada kelas kontrol dan kelas eksperimen. Skor prates digunakan untuk mengetahui kemampuan awal pada kelas eksperimen dan kelas kontrol, sedangkan skor pascates digunakan untuk mengetahui skor akhir setelah diberi perlakuan pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI SMK Islam 1 Blitar semester ganjil tahun ajaran 2018/2019. Sampel yang digunakan penelitian ini adalah dua kelas dari 25 kelas, yaitu kelas XI TKJ 1 dan XI TKJ 2 SMK Islam 1 Blitar semester ganjil tahun ajaran 2018/2019. Adapun kelas yang menjadi kelas eksperimen adalah 34 siswa dari kelas XI TKJ 2 dan 34 siswa dari kelas kontrol adalah kelas XI TKJ 1. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini ada dua macam, yaitu instrumen perlakuan dan instrumen pengukuran. Instrumen perlakuan berupa rencana pelaksanaan pembelajaran dan video laporan peristiwa. Instrumen pengukuran berupa tes menulis teks eksplanasi dan rubrik penilaian menulis teks eksplanasi. Uji coba instrumen dilakukan dengan validitas dan reliabilitas. Teknik analisis vii data penelitian yang digunakan ada dua tahapan, yaitu (1) uji prasyarat analisis yang terdiri atas uji normalitas dan uji homogenitas, dan (2) uji hipotesis penelitian. Berdasarkan hasil analisis dapat diketahui bahwa penggunaan video laporan peristiwa berpengaruh secara signifikan terhadap kemampuan menulis teks eksplanasi siswa. Skor rata-rata siswa kelas eksperimen yang mendapat perlakuan berupa video laporan peristiwa lebih tinggi dibandingkan dengan siswa kelas kontrol yang tidak mendapat perlakuan berupa video laporan peristiwa. Penggunaan video laporan peristiwa juga berpengaruh secara signifikan terhadap kemampuan menulis teks eksperimen pada tiga indikator kemampuan menulis teks eksplanasi, yaitu (1) kemampuan menjelaskan latar belakang peristiwa, (2) kemampuan merinci proses peristiwa, dan (3) kemampuan menyusun tanggapan logis. Implikasi penelitian ini adalah kemampuan menulis teks eksplanasi siswa dapat meningkat dengan menggunakan media berupa video laporan peristiwa. Video laporan peristiwa memuat rangkaian kejadian tentang fenomena tertentu yang disajikan secara audiovisual dapat merangsang pemahaman siswa untuk menulis teks eksplanasi dengan memenuhi struktur dan kaidah kebahasaan. Berdasarkan hasil penelitian, disarankan kepada guru dan peneliti lain. Bagi guru, sebaiknya guru dapat menerapkan penggunakan video laporan peristiwa agar pembelajaran menulis teks eksplanasi lebih optimal. Media video laporan peristiwa dapat diterapkan dengan mengolaborasikan model pembelajaran sesuai dengan kebutuhan belajar siswa. Bagi peneliti lanjutan, hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai acuan mengembangkan media berupa video laporan peristiwa dengan menerapkan model pembelajaran yang relevan. Peneliti lain dapat menerapkan penggunaan video laporan peristiwa pada beberapa sekolah agar mendapatkan data yang lebih valid.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Jurusan Sastra Indonesia (IND) > S2 Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 03 Jan 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/58239

Actions (login required)

View Item View Item