Relasi proposisi pada karangan mahasiswa BIPA / Ainul Mustaqim - Repositori Universitas Negeri Malang

Relasi proposisi pada karangan mahasiswa BIPA / Ainul Mustaqim

Mustaqim, Ainul (2018) Relasi proposisi pada karangan mahasiswa BIPA / Ainul Mustaqim. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i RINGKASAN Mustaqim Ainul. 2018. Relasi Proposisi pada Karangan Mahasiswa BIPA. Tesis. S2 Pendidikan Bahasa Indonesia Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Dr. Ah. Rofi uddin M.pd (II) Prof. Dr. Imam Suyitno M.Pd Kata Kunci proposisi karangan BIPA CLS Proposisi merupakan ide atau topik dalam sebuah wacana (karangan) yang terejawantahkan dalam klausa atau kalimat yang dapat dibuktikan kebenarannya dan memiliki makna yang utuh. Dalam sebuah wacana ide yang diusung bisa saja tidak hanaya satu tetapi banyak. Kehadiran proposisi yang banyak tersebut memerluka sebuah piranti untuk menyatukan hingga kumpulan proposisi tadi menjadi satu kesatuan yang utuh dan bermakna. Kesatuan tersebut dalam sudut pandang wacana dikenal dengan piranti kohesi. Penggunaan piranti inilah yang menjadi penanda hubungan kompleks antarproposisi. Dengan mengamati proposisi yang hadir sekaligus piranti kohesinya dapat digunakan sebagai tolok ukur capaian pembelajaran BIPA khusunya keterampilan menulis. Keterampilan menulis merupakan keterampilan berbahasa yang cukup rumit dibandingkan keterampilan berbicara karena menulis memerlukan penghadiran secara tekstual konteks-konteks yang jika pada komunikasi verbal dapat diindera dan dirujuk secaralangsung. Keterampilan berbahasa menulis juga merupakan hal yang bisa diamati untuk dapat menetapkan dan menyusun program pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan dan perkembangan mahasiswa BIPA. Penelitian ini dimaksudkan untuk mendeskripsikan penggunaan pemarkah kompleksitas proposisi unsur pembangun proposisi dan kelogisan hubungan antarunsur proposisi dalam karangan. Deskripsi yang dimaksud berkaitan dengan jenis piranti kohesi yang digunakan mahasiswa BIPA dalam merangkai proposisi kelengkapan unsur proposisi mengalami elipsis atau kelafaan dan kelogisan secara bentuk dan makna baik dari unsur utama pembangun proposisi maupun hubungan antarproposisi. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Data penelitian berupa proposisi dalam karangan mahasiswa BIPA program CLS tahun 2016. Sumber data penelitian ini adalah jurnal mingguan yang ditulis oleh mahasiswa BIPA program CLS. Pengumpulan data dilakukan dengan cara mengopi hasil pindaian setiap karangan mahasiswa yang dilakukan oleh penyelenggara program. Analisis data dimulai dari tahap mengumpulkan data mengidentifikasi data mengklasifikasi data dan menyimpulkan hasil penelitian. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh tiga simpulan (1) bentuk pemarkah kompleksitas proposisi yang digunakan dalam karangan mahasiswa BIPA program CLS adalah pemarkah koherensi berupa rujukan substitusi elipsis konjungsi dan pemarkah alfa. (2) unsur pembangun proposisi yang terdapat dalam karangan mahasiswa BIPA program CLS adalah argumentasi subjek-predikasi argumentasi-predikasi zero dan argumentasi zero-predikasi (3) kelogisan hubungan antarproposisi dalam karangan mahasiswa BIPA program CLS terdiri atas logis hubungan antarunsur dan logis hubungan antarproposisi. ii Berdasarkan temuan penelitian tersebut diharapkan praktisi BIPA dan tutor BIPA dapat mengembangkan materi pembelajaran ataupun media pembelajaran terkait penggunaan piranti kohesi secara tulis maupun lisan. Berdasarkan kesalahan yang ditemukan pengajar BIPA dapat menyusun materi pembelajaran yang dapat meminimalisasi kesalahan penggunaan piranti kohesi dalam merangkai proposisiproposisi dalam tulisan.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S2 Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 03 Sep 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/58236

Actions (login required)

View Item View Item