Interferensi afiksasi bahasa Madura dalam bahasa Indonesia pada karangan narasi siswa kelas VII SMP Kecamatan Pagelaran Kabupaten Malang / Syairul Hasan

Hasan, Syairul (2018) Interferensi afiksasi bahasa Madura dalam bahasa Indonesia pada karangan narasi siswa kelas VII SMP Kecamatan Pagelaran Kabupaten Malang / Syairul Hasan. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Hasan Syairul. 2018. Interferensi Afiksasi Bahasa Madura dalam Bahasa Indonesia pada Karangan Narasi Siswa Kelas VII SMP Kecamatan Pagelaran Kabupaten Malang. Tesis Jurusan Pendidikan Bahasa Indonesia Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Sunaryo H.S. S.H. M.Hum Pembimbing (2) Dr. Nurchasanah M. Pd. Kata Kunci interferensi afiksasi bahasa Madura bahasa Indonesia karangan narasi Indonesia adalah negara dengan masyarakat multilingual. Pada umumnya masyarakat Indonesia menguasai bahasa daerah dan bahasa Indonesia. Bahasa daerah digunakan dalam kegiatan yang bersifat informal sedangkanbahasa Indonesia digunakan dalam kegiatan yang bersifat formal.Hal yang serupa juga terjadi pada siswa SMP Al-Azhar Pagelaran Kecamatan Pagelaran Kabupaten Malang. Masyarakat Pagelaran pada umumnya menggunakan bahasa Madura dalam kegiatan berkomunikasi sehari-hari. Namun pada saat tertentu mereka juga menggunakan bahasa Indonesia untuk berkomunikasi. Hal tersebut dapat menyebabkan terjadinya interferensi yang merupakan gangguan dalam proses belajar bahasa kedua.Gangguan disebabkan proactiveinhibition atau hambatan proaktif berupa transfer negatif. Tujuan penelitian ini ialah (1) mendeskripsikan bentuk interferensi afiksasi bahasa Madura dalam bahasa Indonesia pada karangan siswa SMP Kecamatan Pagelaran dan (2) mendeskripsikan jenis interferensi afiksasi bahasa Madura dalam bahasa Indonesia pada karangan siswa SMP Kecamatan Pagelaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Kehadiran peneliti dalam penelitian ini sebagai instrumen kunci. Data penelitian ini dikelompokkan menjadi dua. Pertama data bentuk interferensi afiksasi. Kedua data jenis interferensi afiksasi bahasa Madura dalam bahasa Indonesia pada karangan narasi siswa SMP Kecamatan Pagelaran Kabupaten Malang. Hasil penelitian memaparkan bentuk interferensi afiksasiyang muncul terdapat tiga macam yaitu (1) interferensi afiksasi bentuk awalan (prefiks) (2) interferensi afiksasi bentuk akhiran (sufiks) (3) interferensi afiksasi bentuk kombinasi afiks (konfiks) dan (4) interferensi afiksasi pada morfem bebas. Sementara itu Jenis interferensi morfologis BM ke dalam BI yang terdapatpada karangan siswa ialah (1) pelesapan prefiks ber- (2) pelesapan prefiks meN - (3) pelesapan prefiks ter- (4) pelesapan prefiks se- (5) prefiks a- sebagai pengganti ber- (6) prefik meN- sebagai pengganti ber- (7)prefik N- pengganti meN- (8) pelesapan konfiks per-an (9) pelesapan sufiks kan (10) penambahan sufik -kan (11) penambahan sufiks an (12)sufiks -nya pengganti (13) sufiks -nya pengganti ber- (14) sufiks an/-en pengganti ber- (15) pelesapan kombinasi men- dan -kan (16) pelesapan kombinasi meN- dan -i (17)kombinasi meN- dan -i pengganti meN- dan -kan (18)kombinasi di- dan -in pengganti di- dan -kan (19) penggunaan morfem BM.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Jurusan Sastra Indonesia (IND) > S2 Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 31 Aug 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/58235

Actions (login required)

View Item View Item