Pengembangan Bahan Ajar Manajemen Produksi Pementasan Drama untuk Mahasiswa Jurusan Sastra Indonesia / Ratih Cahyaning Tyastuti - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan Bahan Ajar Manajemen Produksi Pementasan Drama untuk Mahasiswa Jurusan Sastra Indonesia / Ratih Cahyaning Tyastuti

Tyastuti, Ratih Cahyaning (2018) Pengembangan Bahan Ajar Manajemen Produksi Pementasan Drama untuk Mahasiswa Jurusan Sastra Indonesia / Ratih Cahyaning Tyastuti. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Tyastuti Ratih Cahyaning. 2018. Pengembangan Bahan Ajar Manajemen Produksi Pementasan Drama untuk Mahasiswa Jurusan Sastra Indonesia. Tesis Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Djoko Saryono M.Pd. dan (II) Dr. Roekhan M.Pd. Kata Kunci bahan ajar manajemen produksi pementasan drama Manajemen Produksi Pementasan Drama merupakan salah satu matakuliah yang wajib ditempuh oleh mahasiswa jurusan Sastra Indonesia program pilihan drama. Hal ini sesuai dengan amanat yang tertuang dalam Peraturan Dekan Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang Nomor 4 Tahun 2013 tentang standar kompetensi lulusan dan kurikulum program studi pada jurusan Sastra Indonesia. Berdasarkan studi awal yang dilakukan penulis kepada dosen dan mahasiswa diperoleh hasil bahwa mata kuliah manajemen pementasan drama di Universitas Negeri Malang belum memiliki bahan ajar modul maupun buku referensi utama. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar matakuliah tersebut yang berisi materi dasar-dasar manajemen teater proses praproduksi proses produksi dan pascaproduksi pementasan teater dengan mempertimbangkan isi penyajian bahasa dan kegrafikaan yang layak serta efektif untuk pembelajaran. Penelitian ini menggunakan model penelitian dan pengembangan yang dikemukakan Borg dan Gall. Dasar utama pemilihan model penelitian Borg dan Gall karena model ini sangat cocok digunakan untuk pengembangan produk bidang pendidikan. Prosedur yang digunakan dalam penelitian ini diadaptasi dari sepuluh langkah penelitian menjadi lima yaitu (1) penelitian dan pengumpulan informasi (2) perencanaan (3) pengembangan draf produk (4) uji produk kepada ahli (5) revisi produk akhir. Subjek uji produk adalah ahli materi manajemen produksi pementasan drama ahli desain pembelajaran ahli pementasan teater dan ahli desain grafis. Data dalam penelitian ini dibagi menjadi dua yaitu verbal dan numerikal.Instrumen pengumpulan data penelitian ini dibagi menjadi dua yaitu (1) instrumen data prapengembangan dan (2) instrumen data uji produk.Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teknik statistik deskriptif yang disajikan dalam bentuk persentase. Penelitian dan pengembangan ini menghasilkan produk berupa bahan ajar yang berjudul Manajemen Teater-Pengelolaan Produksi Pementasan. Bahan ajar teks berupa buku yang dicetak dalam ukuran B5 (17 6 cm x 25 cm).Penyusunan bahan ajar Manajemen Teater-Pengelolaan Produksi Pementasan ini disesuaikan dengan urutan produksi pementasan teater.Selain itu ditambahkan pula materi tentang dasar-dasar manajemen teater sehingga terdapat empat bab materi yang terdapat dalam buku tersebut yaitu (1) bab I dasar-dasar manajemen teater (2) bab II praproduksi pementasan (3) bab III produksi pementasan dan (4) bab IV pascaproduksi pementasan. Selain itu di setiap akhir bab terdapat tugas yang harus dikerjakan mahasiswa agar pengajar mengetahui capaian kompetensi yang dikuasai mahasiswa. Hasil uji produk bahan ajar terhadap ahli materi manajemen pementasan seni pertunjukan (teater) mendapatkan rata-rata skor 93% dengan tindak lanjut implementasi. Revisi aspek bahasa diberikan oleh ahli materi yaitu pembenahanpenulisan kata pra-produksiyang disesuaikan dengan EYD ditulis digabung menjadi praproduksi. Reisi kedua yaitu pengubahan kata sapaan kamu pada buku teks menjadi kataAnda.Hasil uji produk bahan ajar terhadap ahli desain pembelajaran mendapatkan rata-rata skor 93 5% dengan tindak lanjut implementasi. Revisi berdasarkan saran ahli desain pembelajaran yaitu penambahan petunjuk penggunaan buku pada buku ajar. Hasil uji produk bahan ajar terhadap ahli pementasan teater mendapatkan rata-rata skor 94%dengan tindak lanjut implementasi. Revisi yang dilakukan berdasarkan saran ahli pementasan teater yaitu penambahan ulasan pengalaman penulis sebagai praktisi teater ke dalam materi maupun contoh dalam buku ajar.Hasil uji produk bahan ajar terhadap ahli desain buku mendapatkan rata-rata skor 92% dengan tindak lanjut implementasi.Revisi aspek kegrafikan dilakukan berdasarkan ahli desain grafis yang pertama mengenai ketepatan penulisan butir rincian masih ada beberapa rincian yang tertulis tidak sesuai urutan. Revisi kedua yaitu perbaikan lembar bagian belakang subbab yang sebaiknya dijadikan lembar kosong atau diberi sedikit gambar tidak langsung berisi tulisan seperti pada buku yang sudah tercetak.Berdasarkan rata-rata penilaian yang telah dipaparkan dapat dikatakan bahwa bahwa bahan ajar dapat diimplementasikan. Penyebarluasan bahan ajar atau deseminasi produk dapat dilakukan oleh dosen maupun mahasiswa. Penyebaran dapat dilakukan dengan cara meminjamkan bahan ajar dari mahasiswa ke mahasiswa ataupun dari dosen ke dosen. Forum akademik seperti seminar dan workshop bahasa atau sastra juga dapat digunakan untuk menyebarluaskan bahan ajar. Perkembangan teknologi juga dapat dimanfaatkan sebagai sarana diseminasi produk yaitu melalui jurnal pengembangan. Penyebaran melalui jurnal pengembangan tersebut bertujuan untuk memberikan informasi kepada akademisi-akademisi dan instansi pendidikan lainnya tentang produk.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S2 Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 09 Aug 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/58233

Actions (login required)

View Item View Item