Pengembangan bahan ajar keterampilan menulis-berbicara syair dengan performansi madihin kreatif / Yunita Noorfitriana - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan bahan ajar keterampilan menulis-berbicara syair dengan performansi madihin kreatif / Yunita Noorfitriana

Noorfitriana, Yunita (2018) Pengembangan bahan ajar keterampilan menulis-berbicara syair dengan performansi madihin kreatif / Yunita Noorfitriana. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Noorfitriana Yunita. 2018. Pengembangan Bahan Ajar Keterampilan Menulis-Berbicara Syair dengan Perfromansi Madihin Kreatif. Tesis Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Dr. Abdus Syukur Ghazali M. Pd. (2) Dr. Muakibatul Hasanah M. Pd. Kata Kunci bahan ajar menulis-berbicara syair madihin kreatif Penggunaan sastra daerah sebagai materi dalam pembelajaran bahasa Indonesia menjadi hal menarik untuk dikembangkan. Penggunaan sastra daerah ini bertujuan untuk mengenalkan sekaligus sebagai sarana untuk melestarikan warisan budaya daerah yang hampir punah. Salah satu sastra daerah yang perlu dilestarikan yaitu sastra daerah madihin Banjar. Pembelajaran sastra madihin Banjar dilakukan dengan cara melatih siswa untuk menulis dan berbicara/bersyair madihin Banjar. Penelitian ini berusaha memfasilitasi siswa untuk mencapai tujuan pembelajaran dan memenuhi kebutuhan di lapangan dengan cara mengembangkan bahan ajar keterampilan menulis-berbicara syair dengan performansi madihin kreatif. Tujuan penelitian ini meliputi (1) mengembangkan bahan ajar keterampilan menulis-berbicara syair dengan metode performansi madihin kreatif serta (2) menguji keefektifan kevalidan sistematis kekomunikatifan bahasa dan kemenarikan bahan ajar keterampilan menulis-berbicara syair dengan metode performansi madihin kreatif. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan model 4D (four D model) yang terdiri atas empat tahapan utama yaitu define (penetapan) design (perancangan) development (pengembangan) dan diseminate (penyebaran). Prosedur penelitian dan pengembangan yang digunakan merupakan hasil penyesuaian dengan kebutuhan penelitian. Uji validasi produk dilakukan kepada (1) ahli bahan ajar (2) ahli materi menulis-berbicara (3) penggiat madihin (4) praktisi dan (5) siswa. Uji coba produk dilakukan di SMPN 2 Jorong Kalimantan Selatan. Instrumen pengumpulan data yang digunakan berupa wawancara angket dan instrumen tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif dengan cara mentranskrip hasil komentar kritik dan saran yang dituliskan oleh subjek pada lembar penilaian yang disediakan peneliti serta menganalisis temuan kreativitas dalam syair karya siswa berdasarkan topik peta konsep isi dan performansi sedangkan analisis data kuantitatif yang dilakukan dengan cara uji kelayakan produk dan uji keefektifan produk menggunakan one group pretest-postest design dengan probabilitas menunjukkan angka 0 000 (p

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S2 Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: library UM
Date Deposited: 07 Aug 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/58232

Actions (login required)

View Item View Item