Apersepsi guru dalam pembelajaran Bahasa Indonesia / Purbarani Jatining Panglipur - Repositori Universitas Negeri Malang

Apersepsi guru dalam pembelajaran Bahasa Indonesia / Purbarani Jatining Panglipur

Panglipur, Purbarani Jatining (2018) Apersepsi guru dalam pembelajaran Bahasa Indonesia / Purbarani Jatining Panglipur. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i ABSTRAK Panglipur Purbarani Jatining. 2018. Apersepsi Guru dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. Tesis Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Widodo H.S M.Pd (2) Dr. Roekhan M.Pd. Kata kunci apersepsi wujud apersepsi isi apersepsi pola apersepsi. Pembelajaran merupakan hal yang harus ditempuh untuk mencapai tujuan belajar. Pembelajaran terdiri dari awal inti dan penutup. Ada hal yang harus diperhatikan dalam awal pembelajaran yaitu apersepsi. Apersepsi merupakan penghubung antara pengetahuan siswa sebelumnya untuk mempelajari materi baru. Apersepsi merupakan sebuah stimulus khusus untuk menyiapkan siswa baik secara psikis maupun materi. Apersepi merupakan batu loncatan dari pengetahuan lama menuju ke pengetahuan baru. Apersepsi dapat diwujudkan dengan tujuh hal yaitu dengan cerita permainan analogi bernyanyi tanya jawab pemberian materi prasyarat dan gabungan wujud apersepsi. Berdasarkan apersepsi yang dilakukan guru terdapat tiga hal terkait isi apersepsi. Apersepsi yang dilakukan guru dalam pembelajaran berisi pemberian materi prasyarat penjelasan tujuan serta manfaat materi dan sikap terhadap materi. Apersepsi juga berpola karena urutan yang berbeda di setiap apersepsi yang dilakukan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif jenis penelitian lapangan. Sumber data dalam penelitian ini berupa rekaman video pembelajaran guru bahasa Indonesia. Data berupa data verbal tuturan dan tindakan yang telah ditranskripkan oleh peneliti. Pengambilan data dilakukan dengan proses perekaman. Instrumen berupa alat perekam dan instrumen analisis berupa panduan analisis wujud apersepsi isi apersepsi dan pola apersepsi. Analisis dilakukan dengan (1) reduksi data (2) penyajian data dan (3) kesimpulan. Pengecekan keabsahan temuan data dengan membaca berulang dengan cermat diskusi dengan teman sejawat dan diskusi dengan pakar atau pembimbing. Hasil penelitian berupa deskripsi tentang wujud isi dan pola apersepsi guru. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh tiga hal. Pertama wujud apersepsi guru dalam penelitian terdapat tujuh wujud yaitu cerita permainan analogi bernyanyi tanya jawab pemberian materi prasyarat dan gabungan wujud apersepsi. Wujud apersepsi yang paling banyak digunakan berupa analogi. Baik analogi dengan benda keadaan sekitar gambar maupun tayangan video. Kedua isi apersepsi guru dalam penelitian mencakup tiga hal yaitu pemberian materi prasyarat tujuan dan manfaat materi serta sikap terhadap materi. Isi apersepsi guru dalam pembelajaran bahasa Indonesia yang sering dan yang dominan ada pada apersepsi berisi tentang pemberian materi prasyarat dan penjelasan tujuan serta manfaat materi. Guru selalu memberikan materi prasyarat terlebih dahulu kepada siswa sebelum masuk ke materi. Ketiga pola apersepsi pada penelitian ini ada enam pola yaitu tanya jawab analogi-tanya jawab tanya jawab-permainan pemberian materi prasyarat tanya jawab-bernyanyi dan cerita analogi. Pola apersepsi yang sering digunakan guru adalah pola analogi-tanya jawab. Guru sering menganalogikan benda ataupun video untuk mengaitkan dan memahamkan dengan materi baru. ii Saran penelitian ditujukan kepada guru siswa dan peneliti berikutnya. Bagi guru disarankan untuk menggunakan apersepsi dalam pembelajaran. Apersepsi yang kreatif bukan hanya tanya jawab. Apersepsi dalam pembelajaran harus kreatif dan menyenangkan sesuai dengan karakter atau perkembangan siswa agar siswa senang dan nyaman dalam belajar. Bagi siswa disarankan untuk merespon apersepsi yang dilakukan guru aktif dalam segala bentuk apersepsi yang dilakukan guru agar apersepsi berjalan dengan baik. Siswa juga harus aktif saat ada pertanyaan dalam apersepsi sehingga menunjukkan bahwa siswa benar-benar siap belajar. Bagi peneliti lain disarankan untuk melakukan penelitian terkait dengan respon siswa saat apersepsi di dalam kelas. Peneliti lain juga disarankan untuk meneliti muatan pendidikan karakter dalam apersepsi yang dilakukan guru. iii ABSTRACT Panglipur Purbarani Jatining. 2018. Teachers Apperception in Indonesian Learning. Thesis Indonesian Language Education Graduate School Universitas Negeri Malang. Advisors (1) Dr. Widodo HS M.Pd (2) Dr. Roekhan M.Pd. Keywords apperception being apperception apperception content apperception pattern. Learning is something that must be taken to achieve the learning objectives. Learning consists of initial core and a cover. There are things that must be considered in early learning namely apperception. Recap is a link between students prior knowledge to learn new material. Recap is a special stimulus to prepare students both psychologically and materially. Apperception are stepping stones of the old knowledge leading to new knowledge. Apperception can be realized by seven ways namely with stories games analogies singing question and answer giving the material a prerequisite and the combined form of apperception. Based aapperception the teachers there are three things related to the contents of apperception. Recap conducted teacher in the provision of material containing preconditions explanation of the objectives and benefits of the material and the attitude toward the material. Apperception also patterned for a different order in each apperception done. This research is qualitative type of field research. Sources of data in this study a video recording of teacher learning Indonesian. Data is data verbal utterances and actions that have been transcribed by the researcher. Data collection was performed with the recording process. Instruments such as recorders and analytical instruments in the form of manual analysis apperception form content apperception and apperception pattern. The analysis was performed with the (1) data reduction (2) the presentation of the data and (3) conclusion. Checking the validity of the findings of the data with repeatable read carefully discussions with colleagues and discussions with experts or mentors. A result of the research is a description of the nature apperception teachers content teacher s apperception and apperception pattern teachers. Based on the results obtained by three things. First a form of apperception teachers in the study there were seven beings namely stories games analogies singing question and answer giving the material a prerequisite and the combined form of apperception. Being apperception the most widely used form of analogy. Good analogy with objects circumstances pictures and video impressions. Second the content apperception teachers in the study included three cases the provision of material preconditions objectives and benefit material as well as attitudes toward the material. Fill apperception teacher in the Indonesian frequently dominant and there is the provision of material apperception contains preconditions and an explanation of the purpose and benefits of the material. Teachers always give the material prerequisites prior to students prior to entry into the material. Third apersepsi pattern in this study there are six patterns the pattern of question and answer question and answer analogy pattern pattern-game debriefing giving the material prerequisites pattern the pattern of question and answer-singing and iv story patterns analogy. Apperception frequently used patterns are patterns analogy teacher-asked questions. Teachers often analogize objects or video to associate and hang up with new material. Research advice addressed to teachers students and subsequent researchers. For Teachers are encouraged to use apperception in learning. Recap the creative is not just questions and answers. Recap of learning to be creative and fun character or the development of students so that the students happy and comfortable in learning. For students to respond apperception suggested that teachers active in all forms of apperception that teachers do so apperception going well. Students should also be active when there is a question in apersepsi suggesting that students actually learn. Recommended for other researchers to conduct research related to the students responses when apperception in the classroom. Other researchers are also advised to examine cargo apperception character education in the teachers.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S2 Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: library UM
Date Deposited: 30 Jul 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/58230

Actions (login required)

View Item View Item