Hudha, Rifqi Risnadyatul (2018) Pengembangan instrumen asesmen literasi membaca berbasis PISA dengan aplikasi pengolah soal / Rifqi Risnadyatul Hudha. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
i RINGKASAN Hudha Rifqi Risnadyatul. 2018. Pengembangan Instrumen Asesmen Literasi Membaca Berbasis PISA dengan Aplikasi Pengolah Soal. Tesis Program Studi S2 Pendidikan Bahasa Indonesia Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Suparno (II) Dr. Titik Harsiati M.Pd. Kata Kunci instrumen asesmen literasi membaca berbasis PISA dan aplikasi pengolah soal Programme for International Student Assessment (PISA) merupakan program evaluasi yang bertujuan untuk mengukur kemampuan dan pengetahuan siswa usia 15 tahun atau setara dengan siswa SMP/MTS. Kerangka kerja PISA berfungsi untuk menilai literasi membaca siswa menjelang akhir wajib belajar. Dengan PISA posisi prestasi negara pada bidang literasi membaca dapat diketahui. Hasil pengukuran literasi membaca PISA di Indonesia masih rendah. Hal tersebut dibuktikan dari hasil PISA tahun 2015 yang dirilis oleh OEDC pada Selasa 6 Desember 2016 yang menunjukkan bahwa Indonesia berada di peringkat 64 dari 70 negara. Berdasarkan hasil tersebut siswa Indonesia perlu alat evaluasi literasi membaca berbasis PISA 2018. Penelitian ini bertujuan menghasilkan instrumen asesmen literasi membaca berbasis PISA dengan aplikasi pengolah soal yang memiliki validitas keterbacaan dan kepraktisan serta reliabilitas yang baik. Selain itu penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan petunjuk penggunaan instrumen asesmen literasi membaca berbasis PISA dengan aplikasi pengolah soal yang memiliki keterbacaan dan kepraktisan yang baik. Landasan metodologis yang digunakan adalah model penelitian pengembangan O Malley dan Pierce. Melalui model ini akan dihasilkan produk yang layak serta sesuai dengan tujuan penelitian yang diharapkan. Data mengenai kalayakan produk diperoleh dari empat sumber data yaitu (1) ahli asesmen dan membaca (2) ahli teknologi pembelajaran (3) praktisi serta (4) siswa. Hasil pengambangan instrumen asesmen ini terdapat empat konstruk dimensi teks yaitu (1) sumber yang terdiri dari teks tunggal dan multiteks (2) organisasi dan navigasi yang terdiri dari statis dan dinamis (3) format teks yang terdiri dari teks lengkap penggalan dan campuran serta (4) tipe teks yang terdiri dari deskripsi narasi eksposisi argumen intruksi interaksi dan transaksi. Terdapat delapan konstruk tingkatan berpikir pada penelitian ini yaitu (1) memindai dan mencari informasi pada teks tunggal (2) memahami teks secara literal pada teks tunggal (3) memahami teks secara inferensi pada teks tunggal (4) menilai kualitas dan kredibilitas pada teks tunggal (5) merefleksi isi dan bentuk (6) mencari dan memilih teks yang relevan pada multiteks (7) memahami teks secara inferensi pada multiteks serta (8) menegaskan atau memecahkan masalah pada multiteks. Hal tersebut disesuaikan dengan kerangka kerja PISA 2018. Instrumen asesmen literasi membaca berbasis PISA dikemas dalam aplikasi pengolah soal. Aplikasi tersebut dapat dibuka melalui sistem adroid komputer atau laptop. Jika aplikasi tersebut dibuka melalui sistem android maka harus mengunduh aplikasi melalui play store. Jika aplikasi tersebut dibuka melalui ii komputer atau laptop maka harus dipastikan sudah mempunyai aplikasi tersebut di dalam komputer atau laptop. Jika belum mempunyai aplikasi tersebut maka harus salin tempel aplikasi. Aplikasi tersebut dapat dikerjakan jika tersambung dengan jaringan internet. Hal ini disesuaikan dengan kerangka PISA 2018. Hasil pengembangan ini memuat fitur aplikasi yang disesuaikan dengan kerangka kerja PISA 2018. Pada bagian depan fitur aplikasi pada instrumen asesmen literasi membaca berbasis PISA terdapat judul aplikasi petunjuk mengerjalan soal yang berupa video dan tombol mulai untuk masuk pada kolom identitas. Fitur bagian isi aplikasi literasi membaca berbasis PISA dilengkapi dengan durasi waktu mengerjakan. Pada bagian ini terdapat nama pengembang dan nama aplikasi yang tersemat di setiap halaman. Selain itu fitur bagian ini juga dilengkapi tombol pratayang untuk melihat soal pada layar sebelumnya dan tombol berikutnya untuk menuju layar selanjutnya. Pada fitur bagian ini terdapat nomor pertanyaan dan jumlah pertanyaan. Sumber teks pada aplikasi disajikan berupa pranala. Fitur bagian belakang aplikasi literasi membaca berbasis PISA terdapat hasil skor siswa. Instrumen asesmen literasi membaca berbasis PISA dengan aplikasi pengolah soal memiliki validitas isi dengan kualifikasi sangat layak dan memiliki validitas konstruk dengan kualifikasi layak. Instrumen asesmen ini juga memenuhi keterbacaan dan kepraktisan dengan kualifikasi sangat layak serta memenuhi reliabilitas yang baik. Selain itu aplikasi pengolah soal pada instrumen asesmen ini mempunyai kualifikasi kelayakan fitur perangkat lunak komunikasi visual yang sangat layak. Hasil pengembangan ini meliputi buku petunjuk guru dan siswa. Buku petunjuk penggunaan aplikasi instrumen asesmen literasi membaca standar PISA untuk guru terdiri dari sebelas isi yaitu (1) kata pengantar (2) daftar isi (3) kisi-kisi (4) fitur instrumen asesmen literasi membaca dengan standar PISA (5) pelaksanaan tes (6) fitur pada aplikasi (7) petunjuk membuka aplikasi (8) petunjuk mengoperasikan aplikasi (9) petunjuk membuka pranala (10) petunjuk memperbesar dan memperkecil gambar dan (11) petunjuk penggunaan rubrik penilaian. Isi buku petunjuk penggunaan aplikasi instrumen asesmen literasi membaca standar PISA untuk siswa mempunyai isi yang sama dengan petunjuk penggunaan untuk guru tetapi tidak terdapat kisi-kisi dan petunjuk penggunaan rubrik penilaian. Petunjuk penggunaan instrumen asesmen berbasis PISA dengan aplikasi pengolah soal mempunyai keterbacaan dan kepraktisan dengan kualifikasi sangat layak. Pada petunjuk penggunaan aplikasi instrumen asesmen ini menggunakan bahasa yang mudah dipahami sehingga pengguna mudah mengelola mendeskripsikan kemampuan siswa menilai jawaban siswa dengan spesifik. Jadi dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan petunjuk penggunaan ini aplikasi pengolah soal instrumen asesmen literasi membaca dapat digunakan secara efesien.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S2 Pendidikan Bahasa Indonesia |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 05 Jul 2018 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2018 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/58228 |
Actions (login required)
View Item |