Implementasi penilaian autentik pembelajaran bahasa Indonesia kelas X tahun ajaran 2017/2018 SMK Negeri 5 Jember / Prita Mahayoningrum - Repositori Universitas Negeri Malang

Implementasi penilaian autentik pembelajaran bahasa Indonesia kelas X tahun ajaran 2017/2018 SMK Negeri 5 Jember / Prita Mahayoningrum

Mahayoningrum, Prita (2018) Implementasi penilaian autentik pembelajaran bahasa Indonesia kelas X tahun ajaran 2017/2018 SMK Negeri 5 Jember / Prita Mahayoningrum. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Mahayoningrum Prita. 2015. Implementasi Penilaian Autentik Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas X Tahun Ajaran 2017/2018 SMKN 5 Jember. Tesis. Jurusan Pendidikan Indonesia Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Nurhadi M.Pd. (2) Kusubakti Andajani M.Pd. Kata kunci penilaian autentik kompetensi implementasi. Pembelajaran merupakan suatu kegiatan belajar yang melibatkan guru dan siswa dengan memanfaatkan beberapa sumber belajar yang ada. Kegiatan belajar tersebut dilakukan dengan mengomunikasikan hal-hal yang berkaitan dengan pembelajaran yang diawali dengan membangun kompetensi pengetahuan siswa hingga melakukan pengukuran terhadap kompetensi tersebut. Pengukuran terhadap kompetensi siswa ini merupakan salah satu hal yang penting dalam sebuah pembelajaran. Seiring berkembangnya kurikulum pembelajaran berkembang pula cara penilaian terhadap kemampuan siswa. Jika dahulu penilaian hanya dilakukan pada hasil kini penilaian juga dilakukan dalam proses pembelajaran. Hal ini dilakukan agar siswa dapat mengetahui apa yang sudah dipelajari selama kegiatan belajar mengajar berlangsung. Dengan diberlakukannya penilaian hasil dan proses pada pembelajaran ini perlu dilakukan berbagai teknik penilaian demi mengetahui perkembangan siswa. Berbagai teknik penilaian ini diharapkan mampu untuk mengukur kemampuan siswa sesuai dengan kompetensi yang akan dicapai. Penilaian yang menggunakan berbagai macam teknik tersebut dapat dikatakan sebagai penilaian autentik. Sedangkan aspek-aspek yang dinilai dalam penilaian autentik ini meliputi penilaian pengetahuan penilaian keterampilan dan sikap. Berdasarkan hal tersebut penelitian ini berfokus pada implementasi penilaian autentik yang bertujuan untuk menggambarkan implementasi penilaian autentik berdasarkan perencanaannya pelaksanaannya pengolahan skor penilaian serta kendala-kendala yang dialami oleh subjek penelitian. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologis. Penggunaan pendekatan fenomenologis sebab peneliti ingin mendeskripsikan fenomena yang terjadi di lapangan yaitu ingin mengetahui dan menggambarkan bagaimana implementasi penilaian autentik pembelajaran bahasa Indonesia di SMKN 5 Jember. Fenomena yang dimaksud adalah kegiatan perencanaan penilaian autentik pelaksanaan penilaian autentik kegiatan pengolahan hasil penilaian autentik serta kendala yang muncul dalam implementasi penilaian autentik. Penelitian ini juga dirancang menggunakan penelitian studi kasus dengan cara menyelidiki secara cermat suatu program peristiwa aktivitas proses atau sekelompok individu. Hasil penelitian menggambarkan bahwa guru bahasa Indonesia kelas X di SMKN 5 Jember telah melakukan penilaian autentik. Hal ini dibuktikan dengan penggunaan teknik penilaian yang bervariasi untuk mengukur kemampuan siswa sesuai kompetensi yang akan dicapai.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S2 Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: library UM
Date Deposited: 26 Jun 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/58224

Actions (login required)

View Item View Item