Pengembangan novel abridged Salah Asuhan karya Abdul Muis dengan metode copy the master / Zahro Rokhmawati - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan novel abridged Salah Asuhan karya Abdul Muis dengan metode copy the master / Zahro Rokhmawati

Rokhmawati, Zahro (2018) Pengembangan novel abridged Salah Asuhan karya Abdul Muis dengan metode copy the master / Zahro Rokhmawati. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Rokhmawati Zahro. 2018. Pengembangan Novel Abridged Salah Asuhan Karya Abdul Muis dengan Metode Copy The Master. Tesis. Pendidikan Bahasa Indonesia Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Wahyudi Siswanto M.Pd (II) Dr. Nurhadi M.Pd. Kata Kunci novel abridged novel Salah Asuhan Copy The Master Penelitian pengembangan novel abridgedSalah Asuhan karya Abdul Muis dengan metode Copy the Master ini dilatar belakangi studi pendahuluan yang menunjukkan perlunya pelestarian novel sastra klasik Indonesia. Upayapelestarian novel sastra klasik Indonesia ini dengan penyederhanaan novel (abridged). Selain itu penyederhanaan novel klasik dapat mengenalkan novel kanon Indonesia pada siswa. Tujuan penelitian dan pengembangan ini adalah menghasilkan produk berupa novel abridged berdasarkan novel Salah Asuhan bagi siswa kelas VII SMP/Mts. Karya ini dikembangkan dengan berpedoman pada unsur isi sistematika kebahasaan dan tampilan yang layak untuk kegiatan literasi dan pembelajaran dan mendeskripsikan hasil uji produk. Penelitian ini menggunakan rancangan pengembangan novel abridged dari adaptasi dari model pengembangan 4D. Terdapat empat tahaan langkah model 4D (Thiagarajan dkk 1974) yaitu (1) penetapan (define) (2) perencanaan (design) (3) pengembangan (development) dan (4) penyebarluasan (disseminate). Uji produk novel abridged melibatkan (1) ahli materi cerita rakyat (2) ahli pembelajaran sastra dan literasi (3) praktisi atau guru Bahasa Indonesia dan (4) uji lapangan terbatas melibatkan siswa kelas VII SMP Negeri 14 Malang. Jenis data penelitian ini adalah data nonverbal dan verbal. Data nonverbal berupa skor terhadap uji produk novel abridged yang telah dituliskan oleh ahli praktisi. Data verbal berupa informasi yang disampaikan kelompok uji yaitu berupa catatan komentar dan saran. Pada penelitian pengembangan ini instrumen pengumpulan data berupa pedoman wawancara bebas dan angket. Analisis data dilakukan dengan cara (1) mengumpulkan data nonverbal yang diperoleh dari angket penilaian (2) mentranskrip data verbal (3) mengidentifikasi mengklarifikasi memaknai dan menyimpulkan data verbal berdasarkan kelompok uji dan (4) menganalisis data dan merumuskan simpulan analisis sebagai dasar untuk melakukan tindak lanjut terhadap produk. Penyajian data hasil uji produk mengenai isi novel abridged secara keseluruhan mendapatkan persentase 82 8 % berarti tergolong cukup valid dan dapat diimplementasikan. Penyajian data hasil uji produk mengenai sistematika novel abridged secara keseluruhan mendapatkan persentase 77 8% berarti tergolong cukup valid dan dapat diimplementasikan. Penyajian data hasil uji produk mengenai kebahasaan novel abridged secara keseluruhan mendapatkan persentase 79 9 % berarti tergolong cukup valid dan dapat diimplementasikan. Penyajian data hasil uji produk mengenai tampilan novel abridged secara keseluruhan mendapatkan persentase 85 1% berarti tergolong sangat valid dan dapat diimplementasikan. Simpulan penelitian pengembangan ini adalah novel abridged Asuhan dengan metode Copy The Master ini menunjukkan bahwa produk tergolong cukup valid dan siap diimplementasikan dalam pembelajaran dan kegiatan literasi siswa. Saran pemanfaatan produk hasil pengembangan ditujukan kepada guru siswa peneliti lain dan pengembang produk lebih lanjut. Novel abridged ini dapat dimanfaatkan bagi guru Bahasa Indonesia sebagai sumber bahan penunjang pembelajaran dan kegiatan literasi yang berkaitan dengan membaca karya sastra klasik dengan optimal sehingga kendala dalam pembelajaran dapat teratasi. Novel abridged ini dapat dimanfaatkan bagi siswa supaya siswa membaca setiap cerita dengan seksama sehingga dapat memahami isi cerita. Siswa disarankan agar terlibat secara aktif dalam pembelajaran dan kegiatan literasi membaca karya sastra klasik dengan menggunakan novel abridged. Novel abridged ini juga dapat dimanfaatkan bagi pengembang novel abridged lebih lanjut yaitu dengan mempelajari dan memanfaatkan novel abridged untuk mengembangkan isi materi sama maupun yang berbeda namun dibuat lebih mudah dan menarik dibaca sehingga memudahkan siswa dalam memahami isi.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S2 Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 21 Jun 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/58222

Actions (login required)

View Item View Item