Pengembangan bahan ajar bahasa Indonesia keilmuan berbasis teks (genre) untuk mengembangkan nilai kejujuran / Eka Mutiarazani - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan bahan ajar bahasa Indonesia keilmuan berbasis teks (genre) untuk mengembangkan nilai kejujuran / Eka Mutiarazani

Mutiarazani, Eka (2018) Pengembangan bahan ajar bahasa Indonesia keilmuan berbasis teks (genre) untuk mengembangkan nilai kejujuran / Eka Mutiarazani. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Mutiarazani Eka. 2018. Pengembangan Bahan Ajar Bahasa Indonesia Keilmuan Berbasis Teks (Genre) untuk Mengembangkan Nilai Kejujuran. Tesis Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Titik Harsiati M.Pd. (2) Dr. S.Ch. Hamidah M.Pd. Kata Kunci bahan ajar Bahasa Indonesia keilmuan pendekatan teks nilai kejujuran Kemampuan menulis karya ilmiah menjadi hal yang menarik untuk dikembangkan khususnya pada mata kuliah Bahasa Indonesia Keilmuan. Mata kuliah ini berfungsi untuk membangun kemampuan berbahasa lisan maupun tulis. Sebagian besar hasil akhir yang diharapkan dari mata kuliah ini berupa penyusunan karya ilmiah. Penyusunan karya ilmiah harus disesuikan dengan sistematika dan gaya selingkung universitas masing-masing. Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan oleh peneliti di Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya masih terdapat enam permasalahan yang ditemukan terkait materi penyusunan karya ilmiah. Pertama banyak terjadi plagiasi tinggi dilihat dari copy paste tugas penyusunan karya ilmiah. Kedua bahasa ejaan yang digunakan tidak sesuai dengan kaidah bahasa Indonesia. Ketiga banyak mahasiswa kurang mampu menyusun judul yang provokatif dan belum mencerminkan isi masalah. Keempat bahan ajar yang ada belum mampu menjaring plagiarisme. Kelima bahan ajar yang ada belum berbasis teks (genre). Keenam belum terlaksana penerapan nilai kejujuran dalam mengerjakan tugas Bahasa Indonesia Keilmuan sesuai dengan aturan kurikulum perguruan tinggi. Oleh sebab itu dibutuhkan sebuah bahan ajar BIK yang menggunakan pendekatan tertentu untuk meminimalisasi plagiasi. Pendekatan yang cocok diterapkan pada kegiatan menulis karya ilmiah ini adalah pendekatan berbasis teks (genre). Pendekatan ini memungkinkan mahasiswa untuk mempelajari hubungan antara tujuan dan bentuk genre tulisan tertentu seperti yang disusun pada tahap pramenulis penulisan draf dan pascamenulis. Penelitian ini berusaha memfasilitasi mahasiswa untuk mencapai tujuan pembelajaran dan memenuhi kebutuhan di lapangan dengan cara mengembangkan bahan ajar Bahasa Indonesia Keilmuan berbasis teks terintegrasi nilai kejujuran. Penelitian ini bertujuan (1) menghasilkan bahan ajar menulis karya ilmiah berbasis teks (genre) terintegrasi nilai kejujuran yang layak digunakan dari segi isi sistematika penggunaan bahasa dan tampilan serta (2) menguji keefektifan bahan ajar menulis karya ilmiah berbasis teks (genre) terintegrasi nilai kejujuran. Jenis penelitian yang dilakukan adalah pengembangan dengan model Dick and Carey. Model penelitian ini secara teoritis memiliki sepuluh tahapan utama yaitu (1) identifikasi tujuan atau analisis kebutuhan (2) analisis instruksional (3) analisis karakteristik peserta didik (4) merumuskan tujuan kinerja (5) pengembangan instrumen (6) pengembangan strategi pembelajaran (7) pengembangan dan pemilihan bahan pengajaran (8) evaluasi formatif (9) merancang perangkat pembelajaran dan (10) revisi pengajaran. Prosedur penelitian dan pengembangan yang digunakan merupakan hasil penyesuaian dengan kebutuhan penelitian. Untuk mencapai kemaksimalan uji produk perlu ketepatan dalam memilih desain uji coba subjek uji coba instrumen pengumpulan data dan teknik analisis data. Uji coba produk dilakukan terhadap (1) ahli materi (2) ahli bahan ajar (3) praktisi dan (4) mahasiswa. Uji coba dilakukan di Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya. Instrumen pengumpulan data yang digunakan berupa wawancara angket dan instrumen tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif dan kuantitatif. Teknik analisis data kualitatif dilakukan dengan cara mentranskrip hasil komentar kritik dan saran yang dituliskan oleh subjek pada lembar penilaian yang disediakan peneliti. Teknik analisis data kuantitatif dilakukan dengan cara uji normalitas dan uji beda. Produk yang dihasilkan dalam penelitian dan pengembangan ini berupa bahan ajar Bahasa Indonesia keilmuan untuk mahasiswa terintegrasi nilai kejujuran. Bahan ajar tersebut bersifat melengkapi buku BIK yang sudah tersedia. Bahan ajar yang disusun terdiri atas empat unit meliputi (1) Bahasa Indonesia sebagai cakrawala pengetahuan yang terintegrasi pada unit 1 (2) menulis artikel nonpenelitian dengan rangsang multiteks yang terintegrasi unit 2 (3) menulis laporan penelitian dengan rangsang kontekstual yang terintegrasi unit 3 dan (4) menulis artikel penelitian dengan rangsang kontekstual yang terintegrasi pada unit 4. Bahan ajar yang dihasilkan pada penelitian ini telah melalui dua tahap pengujian yaitu uji kelayakan dan keefektifan. Hasil uji kelayakan pada bahan ajar didasarkan pada empat aspek yakni kelayakan isi sistematika bahasa dan tampilan. Aspek kelayakan isi memperoleh rata-rata 89 7 (sangat layak) kelayakan sistematika penyajian memperoleh rata-rata 91 5 (sangat layak) kelayakan kebahasaan memperoleh rata-rata 92 5 (sangat layak) dan kelayakan tampilan memperoleh rata-rata 95 75 (sangat layak). Penilaian kelayakan tersebut didukung oleh saran penyempurnaan produk lebih lanjut. Saran penyempurnaan produk bahan ajar yang diperoleh meliputi (1) pemberian langkah-langkah yang operasional untuk mengembangkan kompetensi menulis karya ilmiah (2) penambahan integrasi nilai kejujuran (3) pemberian label pada kegiatan menulis terbimbing dan mandiri (4) penambahan prosedur pembelajaran yang mengarahkan mahasiswa untuk mencapai kejujuran (5) penonjolan karakter kejujuran pada rubrik penilaian afektif (6) penambahan tulisan unit pada daftar isi (7) penataan penomoran pada unit 2 (8) pembedaan font teks utama dengan contoh (9) pembahasan integrasi nilai kejujuran pada bagian pengantar penulis (10) pengubahan fungsi jenis instrumen evaluasi (11) penyingkatan deksripsi simbol (12) penyesuaian tanda baca dengan PUEBI (13) perincian petunjuk pada kegiatan menulis terbimbing (14) penggantian nama sitasi pada unit 1 (15) pengubahan kalimat petunjuk pada unit 2 (16) penghilangan blok warna pada tiap bagian halaman buku (17) penyeimbangan tata letak (18) penambahan ilsutrasi kejujuran pada cover. Semua saran sudah direvisi guna penyempurnaan produk lebih lanjut. Hasil uji efektivitas penggunaan bahan ajar BIK ini dalam pembelajaran dapat meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam menulis karya ilmiah. Hal itu dibuktikan dengan penghitungan nilai t 9 654 pada probabilitas sebesar 0 000 (p

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S2 Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 21 Jun 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/58221

Actions (login required)

View Item View Item