Pengembangan bahan ajar menulis Puisi bertema wisata daerah untuk siswa kelas VIII SMP / Galang Prasetyo Aji

Aji, Galang Prasetyo (2018) Pengembangan bahan ajar menulis Puisi bertema wisata daerah untuk siswa kelas VIII SMP / Galang Prasetyo Aji. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

v ABSTRAK Aji, Galang Prasetyo. 2018. Pengembangan Bahan Ajar Menulis Puisi Bertema Wisata Daerah untuk Siswa Kelas VIII SMP. Tesis. Jurusan Pendidikan Bahasa Indonesia, Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Yuni Pratiwi, M.Pd., (II) Dr. Nita Widiarti, M.Pd. Kata Kunci: bahan ajar, menulis puisi, wisata daerah, siswa smp Bahan ajar disusun secara sistematis dan berperan sebagai sarana utama untuk mengembangkan kompetensi siswa dalam kelas. Bahan ajar juga berfungsi sebagai sarana untuk membimbing siswa memahami materi yang harus dikuasai. Pembelajaran menulis puisi memerlukan bahan ajar yang dikembangkan sesuai dengan kompetensi dasar dan dapat dikembangkan dengan tema wisata daerah. Wisata daerah merupakan tema yang menarik dan dapat menjadi sarana penanaman wawasan tentang georafi wilayah yang potensial untuk wawasan, kebudayaan, sejarah, dan nilai-nilai yang menyertainya. Berdasarkan kebutuhan kompetensi capaian yang diharapkan, maka perlu dipaparkan tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian dan pengembangan ini. Tujuan utama dilakukannya penelitian ini, yaitu (1) menghasilkan bahan ajar menulis puisi bertema wisata daerah untuk siswa kelas VIII, dan (2) memaparkan hasil kelayakan produk bahan ajar menulis puisi bertema wisata daerah berdasarkan pendeskripsian isi, sistematika, kekomunikatifan, dan kemenarikan. Kedua tujuan tersebut dicapai sesuai dengan prosedur penelitian pengembangan yang telah dipilih. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian dan pengembangan model Research and Development (R&D) yang diadaptasi dari pendapat Borg and Gall. Penelitian ini melibatkan ahli menulis puisi, ahli bahan ajar, dan praktisi (guru). Data dalam penelitian ini terdiri dari dua, yaitu data kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif tersebut berupa catatan yang berisi komentar dan saran dari ahli maupun praktisi. Data kualitatif diperoleh dari subjek penelitian selama proses uji coba produk yang berupa wawancara tidak terstruktur yang dilakukan dengan ahli menulis puisi dan wawancara terstruktur dengan praktisi. Untuk data kuantitatif berupa penjumlahan skor validasi yang dilakukan dengan ahli menulis puisi, ahli bahan ajar, dan praktisi. Data kuantitatif diperoleh dari angket penilaian yang dilakukan dengan subjek penelitian yang berupa skor dari instrumen angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahan ajar dapat diimplementasikan dalam kelas. Bahan ajar sudah disesuaikan dengan kompetensi dasar pada keempat unitnya. Keempat unit dalam bahan ajar terbagi dari dua kompetensi pengetahuan dan dua kompetensi keterampilan, yaitu unit 1 kompetensi dasar tentang pengetahuan unsur-unsur fisik puisi melalui wisata alam. Unit 2 kompetensi dasar yang digunakan adalah keterampilan untuk mengetahui unsurvi unsur batin dalam menulis puisi melalui tema religi. Unit 3 kompetensi dasar yang digunakan adalah pengetahuan tentang unsur-unsur pembangun dan makna puisi melalui tema budaya. Unit 4 kompetensi dasar yang digunakan adalah keterampilan untuk menulis puisi dengan memperhatikan keseluruhan tema yang sudah dipelajari. Dilihat dari sistematika penyajian, bahan ajar ini sudah mengandung kriteria penyajian mulai dari kegiatan penyajian kompetensi dasar hingga tujuan pembelajaran yang akan dicapai nantinya. Kegiatan awal, yang berisi pendahuluan tentang gambaran umum bahan ajar. Kegiatan inti berisi materi, latihan-latihan, contoh-contoh materi setiap unit. Kegiatan akhir atau penutup berisi refleksi dan rangkuman setiap unitnya. Dilihat dari ragam bahasa yang digunakan dalam bahan ajar ini sudah sesuai dengan kategori penilaiannya. Bahasa yang digunakan bersifat komunikatif, artinya dapat dijadikan sarana komunikasi dengan pembacanya. Bahasa yang digunakan juga bersifat logis atau berterima, artinya bahasa yang digunakan dalam bahan ajar dapat berterima untuk digunakan pada siswa jenjang SMP, khususnya kelas VIII. Dilihat dari kategori tampilan, bahan ajar menggunakan jenis huruf Minion Pro dengan ukuran huruf yang disesuaikan setiap bagiannya. Judul materi menggunakan ukuran huruf 16, subjudul menggunakan ukuran huruf 14, dan ukuran huruf untuk materi, latihan, dan bagian pembahasan yang lain ukuran 12. Dominasi warna dalam bahan ajar adalah biru, karena sesuai dengan salah satu tema yang diangkat, yakni alam. Hal ini karena siswa cenderung memilih objek alam yang paling digemari. Pilihan warna yang lain disesuaikan dengan tema setiap unitnya, yakni silver untuk tema religi dan cokelat untuk budaya, namun dominasi warna biru tetap yang paling banyak. Sampul depan bahan ajar ini memuat judul yang mencakup keseluruhan materi dalam bahan ajar dan ilustrasi gambar di dalamnya. Sampul belakang berisi gambaran umum bahan ajar melalui deskripsi. Bagian belakang bahan ajar berisi daftar rujukan yang digunakan sebagai acuan penulisan bahan dan profil atau biodata penulis bahan ajar. Saran pemanfaatan produk bahan ajar ditujukan kepada pihak-pihak atau instansi terkait bahan ajar, misalnya guru SMP dan pengembang lain. Guru diharapkan mampu menghasilkan bahan ajar serupa atau memanfaatkan bahan ajar yang sudah ada sebagai penunjang dan pendamping buku pelajaran yang dari pemerintah. Bagi peneliti dan pengembang bahan ajar lain yang akan mengembangkan bahan ajar serupa dapat menjadikan bahan ajar ini sebagai pedoman atau acuan pengembangan yang lebih baik lagi. Tema yang diangkat dalam bahan ajar ini dapat dijadikan pedoman melaksanakan pengembangan dengan tema yang berbeda.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Jurusan Sastra Indonesia (IND) > S2 Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 07 Jun 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/58218

Actions (login required)

View Item View Item