Lestari, Nurul Dwi (2018) Pengembangan bahan ajar menulis teks deskripsi berbasis pengalaman belajar autentik untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis-kreatif siswa SMP / Nurul Dwi Lestari. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Lestari N.D. 2018. Pengembangan Bahan Ajar Menulis Teks Deskripsi Berbasis Pengalaman Belajar Autentik untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis-Kreatif Siswa SMP. Tesis Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Endah Tri Priyatni M.Pd. (II) Dr. Nurchasanah M.Pd. Kata Kunci bahan ajar menulis teks deskripsi autentik berpikir kritis-kreatif Menulis merupakan salah satu keterampilan produktif yang masih perlu diperhatikan dalam pembelajaran khususnya keterampilan menulis teks deskripsi. Kepekaan siswa dalam menuliskan kesan/penilaian tentang objek peristiwa hingga suasana perlu ditingkatkan agar teks yang dihasilkan memenuhi kaidah yang baik dan benar serta detil sesuai yang tertangkap oleh pancaindera. Dalam pembelajara tersebut dibutuhkan bahan ajar yang dapat menuntun siswa untuk mengeksplor lebih mendalam mengenai objek/hal/peristiwa yang dideskripsikan. Agar dapat mewujudkannya bahan ajar yang dikembangkan haruslah dilakukan perancangan untuk melatih mereka berpikir secara kritis dan kreatif. Salah satunya melalui pengalaman belajar autentik. Tujuan penelitian dan pengembangan ini adalah (1) menghasilkan bahan ajar menulis teks deskripsi berbasis pengalaman belajar autentik untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis-kreatif siswa SMP yang layak digunakan berdasarkan kriteria isi yang valid sistematika penyajian yang runtut penggunaan bahasa yang sesuai dengan kaidah dan komunikatif dan tampilan yang menarik (2) menguji keefektifan bahan ajar yang dikembangkan. Penelitian ini menggunakan perpaduan dua metode (mix-methods) yaitu model 4-D untuk mengembangkan produk dan uji efektivitas berupa uji t pre-post test untuk mengetahui persentase peningkatan berpikir kritis-kreatif siswa dalam menulis teks deskripsi. Pengembangan produk denganmodel 4-D oleh Thiagarajan meliputi(1) tahap pendefinisian (2) tahap perancangan (3) tahap pengembangan dan (4) tahap penyebaran.Data yang dihasilkan dari penelitian ini adalah data kualitatif berupa kritik dan saran dari ahli bahan ajar ahli pembelajaran praktisi dan siswa. Data kuantitatif dihasilkan dari uji kelayakan bahan ajar dengan rentang skor 4 3 2 dan 1 pada tiap pertanyaannya serta uji keefektifan bahan ajar dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis-kreatif siswa dengan rentang skor 4 3 2 dan 1 yang menunjukkan tingkat kemampuan berpikir kritis-kreatif siswa. Instrumen penelitian yang digunakan adalah pedoman wawancara angket dan rubrik penilaian berpikir kritis-kreatif. Bahan ajar yang dikembangkan mencakup spesifikasi sebagai berikut. Pertama isi bahan ajar mencakup kompetensi dasar menulis teks deskripsi. Kedua sistematika penyajian mencakup bagian awal bahan ajar yang berisi sampul kata pengantar petunjuk penggunaan peta konsep dan daftar isi bagian inti berisi contoh materi dan latihan menulis teks deskripsi yang berorientasi pada berpikir kritis-kreatif dan bagian akhir penutup bahan ajar yang berisi daftar rujukan glosarium dan profil penulis. Ketiga bahasa yang digunakan sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik kekomunikatifan dan menggunakan ejaan dan tanda baca sesuai PUEBI. Keempat kegrafikaan menggunakan pilihan warna cerah sesuai tingkatan SMP ilustrasi dan gambar disesuaian setiap tema menulis dan menggunakan huruf calibri dengan ukuran 11-24 pt. Berdasarkan hasil uji validasi kepada ahli bahan ajar ahli pembelajaran dan praktisi diperoleh hasil sebagai berikut. Hasil uji produk dari aspek kelayakan isi rata-rata diperoleh persentase 83 75% aspek kelayakan penyajian rata-rata diperoleh persentase 82% aspek bahasa diperoleh persentase rata-rata 83% dan aspek kegrafikaan diperoleh persentase 89%. Keseluruhan hasil uji validasi kepada ahli dan praktisi menunjukkan bahan ajar yang dihasilkan memenuhi kriteria valid dan dapat diimplementasikan. Hasil uji coba lapangan kepada siswa diperoleh kemenarikan isi dengan persentase 87% keruntutan penyajian dengan persentase 88% kejelasan bahasa dengan persentase 80% dan kemenarikan tampilan dengan persentase 92%. Hasil uji coba menunjukkan bahan ajar memiliki kriteria layak dan dapat diimplementasikan. Dari hasil uji banding hasil pretes dan postes menulis teks deskripsi dengan menggunakan Independent Sample t Test diperoleh mean skor postes kemampuan berpikir kritis dalam menulis teks deskripsi adalah 10 25 lebih tinggi dari mean skor pretes yaitu 6 75. Dari analisis statistik kemampuan berpikir kreatif diperoleh mean skor postes kemampuan berpikir kreatif dalam menulis teks deskripsi adalah 9 12 lebih tinggi dari mean skor pretes yaitu 5 88. Dari peningkatan skor antara pretes dan postes dapat disimpulkan bahwa produk yang dikembangkan dapat dikatakan efektif untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis-kreatif menulis teks deskripsi. Dari hasil penelitian dan pengembangan yang telah dilakukan disarankan agar dilakukan pengembangan bahan ajar untuk materi menulis teks deskripsi atau materi-materi lainnya yang dapat mengajak siswa untuk aktif mengamati objek sehingga diperoleh pengalaman belajar autentik yang dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam berpikir kritis dan kreatif. Bahan ajar ini juga sekaligus dapat menjadi insiprasi bagi para pengembang bahan ajar menulis yang ingin mengembangkan produk sejenis dengan memperhatikan kelemahan yang sudah ada.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S2 Pendidikan Bahasa Indonesia |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 07 Jun 2018 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2018 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/58217 |
Actions (login required)
View Item |