Pemetaan penelitian tentang novel Indonesia / Ummi Habibah

Habibah, Ummi (2018) Pemetaan penelitian tentang novel Indonesia / Ummi Habibah. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i ABSTRAK Habibah, Ummi. 2018. Pemetaan Penelitian tentang Novel Indonesia. Tesis, Jurusan Pendidikan Bahasa Indonesia, Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Nurhadi, M.Pd., (II) Dr. Nurchasanah, M.Pd. Kata Kunci: pemetaan, penelitian, novel Penelitian tentang novel Indonesia telah banyak dilakukan di perguruan tinggi. Penelitian novel Indonesia selama ini hanya dikumpulkan di perpustakaan. Penelitian tersebut belum dimanfaatkan secara maksimal di bidang pendidikan. Berkaitan dengan banyaknya penelitian tentang novel Indonesia, pemetaan diperlukan agar diperoleh gambaran tentang jenis penelitian, pendekatan yang digunakan, serta unsur novel apa saja yang telah diteliti selama ini. Dengan demikian, akan lebih mudah bagi peneliti selanjutnya untuk meneliti novel lain dengan menggunakan jenis, pendekatan, unsur, serta judul novel yang berbeda sehingga tidak terjadi tumpang tindih antara penelitian satu dengan penelitian yang lain. Pemetaan ini juga dapat digunakan Kemendikbud sebagai salah satu referensi dalam menentukan daftar bacaan sastra wajib seperti di sejumlah negara maju. Pemetaan penelitian perlu dilakukan karena hasil-hasil penelitian yang berkaitan dengan pencapaian gelar akademik tertentu berupa skripsi, tesis, dan disertasi maupun hasil-hasil penelitian lepas yang didanai oleh direktorat jenderal pendidikan tinggi maupun sponsor lain selama ini belum tersimpan rapi dalam database. Hal ini terjadi pada hampir semua perguruan tinggi sehingga sulit ditelusuri apakah suatu topik telah diteliti di suatu lembaga pendidikan tertentu atau belum. Akibatnya, mudah sekali bagi seseorang untuk membuat plagiat bagi karya orang lain. Berdasarkan latar belakang yang telah dikemukakan di atas, secara umum masalah dari penelitian ini adalah memetakan penelitian tentang novel Indonesia. Secara khusus, rumusan masalah dari penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan dan memetakan jenis penelitian novel Indonesia yang diteliti, (2) mendeskripsikan dan memetakan pendekatan penelitian novel Indonesia yang diteliti, dan (3) mendeskripsikan dan memetakan unsur novel Indonesia yang diteliti. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kajian pustaka atau penelitian kepustakaan. Penelitian ini merupakan serangkaian kegiatan yang berkenaan dengan metode pengumpulan data pustaka, membaca dan mencatat, serta mengolah bahan penelitian. Penelitian kajian pustaka tidak hanya merupakan kumpulan teori dari beberapa sumber, tetapi juga menghasilkan gagasan baru hasil analisis dan sintesis yang memberikan kontribusi terhadap perkembangan ilmu. Data pada penelitian ini berupa hasil interpretasi atas jenis penelitian, pendekatan penelitian, dan unsur yang diteliti pada skripsi dan tesis tentang novel Indonesia. Sumber data pada penelitian ini adalah laporan penelitian berupa skripsi dan tesis yang meneliti novel Indonesia. Skripsi dan tesis tersebut diperoleh dari perpustakaan Universitas Negeri Malang baik berupa dokumen tercetak maupun dokumen elektronik. Akan tetapi, sumber data dibatasi mulai tahun 2012 karena keterbatasan peneliti dan ketersediaan sumber data di perpustakaan UM. ii ii Berdasarkan analisis data, jumlah skripsi yang secara literal menyebutkan penggunaan jenis penelitian kualitatif adalah 39 skripsi, kajian pustaka 2 skripsi, dan kajian teks 4 skripsi. Skripsi kajian pustaka dan kajian teks merupakan skripsi yang dapat digolongkan sebagai penelitian kualitatif. Dengan demikian, seluruh skripsi tersebut menggunakan jenis penelitian kualitatif. Berdasarkan hasil analisis data, terdapat 5 skripsi yang menyebutkan secara literal penggunaan pendekatan struktural, 4 skripsi menggunakan pendekatan sosiologi sastra, 6 skripsi menggunakan pendekatan psikologi sastra, 2 skripsi menggunakan pendekatan pragmatik, 1 skripsi menggunakan pendekatan stilistika, 1 skripsi menggunakan pendekatan feminisme, 1 skripsi menggunakan pendekatan hermeneutika sastra, 5 skripsi menggunakan pendekatan moral, dan 21 skripsi tidak menyebutkan pendekatan yang digunakan. Adapun 21 skripsi yang tidak menyebutkan pendekatan yang digunakan telah dianalisis sesuai dengan indikator. Setelah digabungkan, dari 45 judul skripsi ditemukan 1 skripsi menggunakan pendekatan mimetik, 11 skripsi menggunakan pendekatan objektif, 8 skripsi menggunakan pendekatan psikologi sastra, 5 skripsi menggunakan pendekatan sosiologi sastra, 19 skripsi menggunakan pendekatan pendidikan sastra, 1 skripsi menggunakan pendekatan sastra feminis. Berdasarkan analisis data, terdapat 2 judul skripsi yang meneliti setting, 4 skripsi meneliti gaya bahasa, 12 skripsi meneliti tokoh dan penokohan, 21 skripsi meneliti nilai yang terkait dengan tokoh dan penokohan, 2 skripsi meneliti nilai budaya, 1 skripsi meneliti alur dan tokoh penokohan, 1 skripsi meneliti tema, alur, setting, serta tokoh dan penokohan. 2 skripsi meneliti unsur yang tidak dapat dimasukkan ke dalam unsur intrinsik maupun ekstrinsik, yaitu, 1 skripsi meneliti citraan pada novel, dan 1 skripsi meneliti piranti kohesi. Berdasarkan hasil penelitian, terdapat sejumlah simpulan sebagai berikut. Pertama, jenis penelitian tentang novel selama ini masih didominasi oleh penelitian kualitatif. Hal ini menunjukkan kurangnya keberagaman jenis penelitian tentang novel Indonesia. Kedua, pendekatan penelitian yang selama ini banyak digunakan adalah pendekatan interdisipliner sastra, yaitu pendekatan pendidikan sastra. Pendekatan ini digunakan untuk meneliti kandungan nilai pada suatu novel. Ketiga, unsur novel yang paling banyak diteliti adalah nilai.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Jurusan Sastra Indonesia (IND) > S2 Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 06 Jun 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/58214

Actions (login required)

View Item View Item