Pengembangan strategi pemodelan untuk menulis teks editorial / Anik Purwati - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan strategi pemodelan untuk menulis teks editorial / Anik Purwati

Purwati, Anik (2018) Pengembangan strategi pemodelan untuk menulis teks editorial / Anik Purwati. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i SUMMARY Purwati Anik.2018. Pengembangan Strategi Pemodelan untuk Menulis Teks Editorial. Tesis Pendidikan Bahasa Indonesia Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Dr. Djoko Saryono M.Pd. (2) Dr. Roekhan M.Pd. Kata Kunci Pengembangan Strategi Strategi Pemodelan Menulis Teks Editorial Penelitian pengembangan ini bertujuan menghasilkan strategi pemodelan untuk pembelajaran menulis teks editorial yang dikemas dalam bentuk buku panduan guru. Strategi pemodelan yang dihasilkan pada penelitian ini memiliki karakteristik yang khas jika dibandingkan dengan strategi yang lain yaitu pertama setiap langkah kegiatan dalam strategi ini terdapat proses pemerhatian dan peniruan terhadap model. Kedua strategi ini berlandaskan pada teori menulis dan teori pemodelan psikologi sosial kognitif. Dari pengembangan dua karakteristik tersebut strategi pemodelan menghasilkan beberapa tahap. yaitu tahap pramenulis menulis dan pascamenulis. Setiap tahap mempunyai beberapa langkah untuk mencapai indikator pembelajaran yang diharapkan. Langkah-langkah pada tahap pramenulis yaitu penentuan topik analisis teks dan penyusunan kerangka. Langkah-langkah pada tahap menulis yaitu pengembangan kerangka dan penyuntingan. Langkah-langkah pada tahap pascamenulis yaitu penilaian teman sejawat dan publikasi karya. Ketujuh langkah tersebut dikemas dalam bentuk buku panduan strategi pemodelan yang dapat digunakan oleh guru untuk pembelajaran menulis teks editorial. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model pengembangan R2D2 (Reflective Recursive Design and Development). Model R2D2 yang berciri siklis ini merupakan model konstruktivis-interpretatif kolaboratif dan nonlinier. Model ini tidak menguji keefektifan produk yang dikembangkan melainkan hanya menguji kelayakan atau akseptabilitas produk secara kualitatif. Kelayakan produk diketahui dari fokus penentuan desain dan pengembangan melalui uji produk terhadap tim partisipatif yakni tiga ahli strategi pembelajaran tiga ahli pembelajaran menulis teks empat guru bahasa Indonesia dan pelaksanaan diskusi kelompok terpadu. Hasil uji produk menginformasikan bahwa strategi pemodelan dapat diimplementasikan. Uji produk mengacu pada tujuh aspek kelayakan. Pertama aspek kelayakan konsep dasar pengembangan strategi pemodelan mendapatkan persentase sebesar 80%. Kedua aspek kelayakan relevansi strategi pemodelan dengan kurikulum mendapatkan persentase sebesar 83 3%. Ketiga aspek kelayakan relevansi strategi pemodelan dengan tujuan pembelajaran menulis teks editorial mendapatkan persentase sebesar 78%. Keempat aspek kelayakan relevansi strategi pemodelan dengan pelaksanaan pembelajaran menulis teks editorial mendapatkan persentase sebesar 81 6%. Kelima aspek kelayakan keefektifan strategi pemodelan dalam pembelajaran menulis teks editorial mendapatkan persentase sebesar 78 5%. Keenam aspek kelayakan ketepatan strategi pemodelan bagi peserta didik mendapatkan persentase sebesar 76 4%. Ketujuh aspek kelayakan strategi pemodelan bagi peserta didik mendapatkan persentase sebesar 78 8%. Berdasarkan perolehan persentase dari ketujuh aspek ii tersebut dapat diketahui bahwa strategi pemodelan layak diterapkan untuk pembelajaran menulis teks editorial. Berdasarkan hasil uji produk perhitungan secara statistik dan diskusi kelompok terpadu dapat disimpulkan bahwa strategi pemodelan tepat dan layak diterapkan dalam pembelajaran menulis teks editorial. Dengan demikian strategi pemodelan dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif strategi dalam pembelajaran menulis teks editorial. Melalui penerapan strategi ini diharapkan kualitas pembelajaran menulis teks editorial menjadi lebih baik sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai secara optimal.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S2 Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 04 Jun 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/58213

Actions (login required)

View Item View Item