Pengembangan bahan ajar teks cerpen bermuatan multikultural untuk siswa kelas XI SMA / Rusmiatun Fitriah

Fitriah, Rusmiatun (2018) Pengembangan bahan ajar teks cerpen bermuatan multikultural untuk siswa kelas XI SMA / Rusmiatun Fitriah. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i RINGKASAN Fitriah, Rusmiatun. 2018: Pengembangan Bahan Ajar Teks Cerpen Bermuatan Multikultural untuk Siswa XI SMA. Tesis. Pendidikan Bahasa Indonesia Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Prof. Maryaeni, M.Pd., dan (2) Prof. Dr. Heri Suwignyo, M.Pd. Kata Kunci: bahan ajar, teks cerpen, multikultural Buku penunjang teks cerpen bermuatan multikultural diperlukan sebagai sarana belajar siswa. Melalui buku ini, guru dapat mengenalkan keanekaragaman budaya yang ada di Indonesia. Berdasarkan hasil wawancara guru dan angket siswa diperoleh informasi bahwa (1) bahan ajar yang digunakan tidak sepenuhnya menggunakan buku teks yang diterbitkan dari pemerintah, (2) cerpen yang digunakan diambil dari majalah, koran dan kumpulan cerpen, (3) guru membebaskan siswa mencari dan menulis cerpen sesuai keinginan mereka, (4) siswa sulit memahami teks cerpen hikayat, dan (5) ketersedian buku teks cerpen masih kurang. Oleh karena itu, diperlukan buku teks cerpen yang dapat membantu siswa untuk memahami unsur-unsur pembangun cerpen dan menyunting cerpen sesuai dengan tahapan menulis cerpen. Selain itu, siswa juga dapat menanamkan nilai-nilai multikultural yang terkandung di dalam cerita. Nilai-nilai multikultural ini mengajarkan siswa untuk saling menghargai keragaman budaya seperti adat istiadat, bahasa, agama, gender, ciri fisik dan etnis. Tujuan penelitian dan pengembangan ini adalah untuk (1) menghasilkan produk bahan ajar teks cerpen bermuatan multikultural yang dikembangkan sesuai dengan unsur wujud isi, sistematika, kebahasaan, dan teampilan yang layak untuk pembelajaran serta sesuai dengan Kurikulum 2013 revisi dan (2) mendeskripsikan hasil uji produk. Penelitian ini menggunakan rancangan pengembangan bahan ajar yang dimodifikasi dari model pengembangan adaptasi dari model pengembangan 4D (four D Model). Thiagarajan dkk. (1974) menjelaskan bahwa model ini terdiri atas empat tahap, yaitu Define (penetapan), Design (perancangan), Develop (pengembangan), dan Dissemination (penyebarluasan). Uji produk yang dilakukan melibatkan (1) ahli materi teks cerpen, (2) ahli desain pembelajaran teks cerpen, (3) praktisi atau guru bahasa Inonesia, dan (4) siswa SMA Kristen Setia Budi dan Kertanegara. Jenis data penelitian ini berupa data verbal dan data berupa angka (numerik). Data verbal berupa informasi yang disampaikan oleh kelompok uji yaitu berupa catatan, saran dan komentar. Data numerik berupa skor yang dituliskan oleh ahli, praktisi dan serta penilaian siswa terhadap uji produk bahan ajar. Instrumen pengumpulan data penelitian ini ialah (1) angket dan (2) pedoman wawancara. Analisis data dilakukan dengan cara: (1) mengumpulkan data numerik yang diperoleh dari angket penilaian,(2) mentranskrip data verbal, (3) mengidentifikasi, mengklarifikasi, memaknai, dan menyimpulkan data verbal berdasarkan kelompok uji, dan (4) menganalisis data dan merumuskan simpulan analisis sebagai dasar untuk melakukan tindak lanjut terhadap produk. Hasil penelitian didapat dari hasil uji kelayakan dari validator, praktisi dan siswa. berdasarkan hasil uji kelayakan diperoleh hasil bahwa (1) hasil uji produk mengenai isi bahan ajar secara keseluruhan memperoleh persentase 80,3% ii tergolong dalam kualifikasi layak dan dapat diimplementasikan, (2) hasil uji produk mengenai sistematika bahan ajar secara keseluruhan memperoleh persentase 79,4% tergolong dalam kualifikasi layak dan dapat diimplementasikan., (3) hasil uji produk mengenai kebahasaan bahan ajar secara keseluruhan memperoleh persentase 79,5% tergolong dalam kualifikasi layak dan dapat diimplementasikan, dan (4) hasil uji produk mengenai tampilan bahan ajar secara keseluruhan memperoleh persentase 78,5% tergolong dalam kualifikasi layak dan dapat diimplementasikan. Simpulan penelitian dan pengembangan ini bahan adalah bahan ajar teks cerpen bermuatan multikultural yang berjudul Bahasa dalam Ragam Budaya Nusantara menunjukan bahwa bahan ajar ini cukup valid dapat diimplementasikan dalam pembelajaran. Saran pemanfataan bahan ajar ditujukan kepada guru, siswa, dan peneliti lanjut. Guru dapat memanfaatkan bahan ajar ini sebagai sumber bahan penunjang pembelajaran. Siswa dapat memanfaatkan bahan ajar ini sebagai buku penunjang belajar untuk mempelajari materi, dan latihan-latihan teks cerpen dan penanaman nilai-nilai multikultural. Peneliti lanjut dapat memanfaatkan bahan ajar ini sebagai bahan dasar untuk mengembangkan isi materi yang lebih menarik dan inovatif sehingga memudah siswa dalam memahami isi.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Jurusan Sastra Indonesia (IND) > S2 Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 04 Jun 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/58212

Actions (login required)

View Item View Item