Motivasi belajar BIPA mahasiswa program in-country di Universitas Negeri Malang tahun 2017/2018 / Emy Rizta Kusuma - Repositori Universitas Negeri Malang

Motivasi belajar BIPA mahasiswa program in-country di Universitas Negeri Malang tahun 2017/2018 / Emy Rizta Kusuma

Kusuma, Emy Rizta (2018) Motivasi belajar BIPA mahasiswa program in-country di Universitas Negeri Malang tahun 2017/2018 / Emy Rizta Kusuma. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i ABSTRAK Kusuma Emy Rizta. 2018. Motivasi Belajar BIPA Mahasiswa Program In-Country di Universitas Negeri Malang Tahun 2017/2018. Tesis Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Suparno (II) Dr. Gatut Susanto M.M M.Pd Kata kunci motivasi belajar BIPA mahasiswa program In-Country. Penelitian tentang motivasi belajar BIPA mahasiswa program In-Country bertujuan untuk mendeskripsikan tiga hal penting yaitu (1) jenis (2) fungsi dan (3) ragam faktor pendorong motivasi belajar mahasiswa dalam mempelajari BIPA. Penelitian ini dilakukan karena BIPA merupakan salah satu wujud pembelajaran bahasa asing yang saat ini memiliki banyak peminat. Sebagai salah satu wujud bahasa asing motivasi belajar juga memiliki pengaruh penting dalam keberhasilan pembelajaran BIPA. Hal tersebut terjadi karena motivasi belajar dalam pembelajaran bahasa asing merupakan salah satu faktor yang berpengaruh penting dalam keberhasilan mahasiswa dalam mempelajari bahasa sasaran. Selain itu masih belum banyak orang yang meneliti tentang motivasi belajar mahasiswa asing dalam mempelajari BIPA. Oleh sebab itu penelitian ini perlu dilakukan untuk menambah pengetahuan serta informasi yang berkaitan dengan motivasi belajar mahasiswa dalam mempelajari BIPA. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Data penelitian ini berupa unit-unit verbal lisan mahasiswa dan kutipan catatan hasil pengamatan. Data tersebut bersumber dari (1) pernyataan mahasiswa dari transkrip data hasil wawancara dan (2) catatan hasil pengamatan di kelas. Pengumpulan data dilakukan dengan (1) teknik wawancara dan (2) teknik pengamatan lapangan. Data dalam penelitian ini dianalisis dengan pendekatan fungsional pembelajaran bahasa asing. Hasil penelitian ini mendeskripsikan tentang (1) jenis motivasi belajar BIPA (2) fungsi motivasi belajar BIPA dan (3) ragam faktor pendorong motivasi belajar BIPA mahasiswa program In-Country. Bahasan tersebut sesuai dengan fokus penelitian yang telah ditetapkan. Berikut paparan tentang hasil penelitian ini. ii Pertama jenis motivasi belajar BIPA mahasiswa program In-Country terdiri atas tiga jenis yaitu (1) motivasi instrumentalis (2) motivasi integratif dan (3) motivasi intrinsik. Tiga jenis motivasi belajar mahasiswa tersebut dilatarbelakngi oleh tujuan belajar yang dimiliki oleh setiap mahasiswa. Sebagian besar tujuan belajar mahasiswa didasari oleh kebutuhan hidupya seperti kebutuhan pekerjaan dan kebutuhan pendidikan. Kebutuhan tersebut merupakan dampak dari adanya perkembangan dunia global dan pasar bebas yang membuat orang asing tertarik mempelajari bahasa Indonesia untuk pemenuhan kebutuhan hidupnya. Kedua fungsi motivasi belajar BIPA mahasiswa program In-Country terdiri atas empat klasifikasi yaitu sebagai (1) penentu penguatan belajar (2) penjelas tujuan belajar (3) penentu ragam kendali terhadap rangsang dan (4) penentu ketekunan belajar. Secara garis besar motivasi belajar memiliki fungsi penting dalam keberhasilan pembelajaran bahasa. Motivasi belajar yang dimiliki mahasiswa dapat memberikan dorongan belajar pada mahasiswa agar giat dan tekun untuk mendukung alasan dan pencapaian tujuan belajarnya. Ketiga faktor pendorong motivasi belajar BIPA mahasiswa program In-Country terdiri atas tiga klasifikasi faktor. Faktor pendorong tersebut dapat menumbuhkan serta meningkatkan dorongan belajar mahasiswa dalam pencapaian tujuan belajarnya. Adapun faktor pendorong motivasi belajar BIPA mahasiswa program In-Country yaitu (1) peningkatan (2) tanggung jawab dan (3) self personal. Faktor prestasi dan faktor pengakuan terbukti tidak efektif dalam menumbuhkan motivasi belajar mahasiswa. Hal tersebut terjadi karena semangat belajar mahasiswa terdorong karena keinginannya untuk pandai dan lancar menggunakan bahasa Indonesia bukan karena adanya keinginan untuk mendapatkan nilai yang baik ataupun pengakuan dari orang lain. Berdasarkan temuan tersebut disimpulkan bahwa motivasi belajar BIPA mahasiswa program In-Country efektif meningkatkan kualitas belajar yang lebih baik. Hal tersebut dilatarbelakangi oleh tujuan belajar dan kebermanfaatan belajar yang nantinya akan diperoleh mahasiswa setelah mempelajari BIPA. Latar belakang tersebut akan membuat mahasiswa rajin dan tekun dalam mempelajari BIPA. Dengan demikian mahasiswa akan berhasil mendapatkan pengalaman belajar yang dinginkan secara maksimal.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S2 Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 28 May 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/58209

Actions (login required)

View Item View Item